OKR adalah

Manfaat Menggunakan OKR (Objective Key Result) di Perusahaan

OKR biasa digunakan untuk melihat performa bisnis suatu perusahaan atau juga dapat digunakan untuk membuat dan menetapkan strategis pencapaian tujuan.

Berikut LinovHR rangkum apa saja yang perlu Anda ketahui tentang objective key result dan apa manfaatnya bagi perusahaan Anda!

 

Pengertian OKR

Sebelum mengenal OKR lebih jauh, Anda perlu mengetahui apa itu objective key result terlebih dahulu. 

Objective key result diartikan sebagai metode penetapan tujuan dan strategis dari suatu tim maupun individu sekaligus strategis untuk mencapai tujuan tersebut dengan hasil yang terukur. Objective key result ini akan membantu untuk melacak adanya kemajuan juga evaluasi secara berkala penerapan rencana yang ada. 

OKR ini sering disebut juga dengan tujuan yang optimis dan ambisius, namun tetap terukur. Oleh karena itu, dalam penggunaan OKR, evaluasi dilakukan secara berkala juga untuk mengukur bagaimana pengaruh strategi yang diterapkan untuk pencapaian tujuan.

Sederhananya objective dan key results merupakan kata kunci dalam hal ini. OKR sebenarnya diterapkan untuk menjawab 2 pertanyaan.

  1. Kemana tujuan Anda kemudian kita sebut objectives?
  2. Lalu apa tolak ukur dan rencana terhadap tujuan Anda?  

 

Objective key results ini seringkali disamakan dengan key performance indicator. Namun jika diperhatikan lebih baik, key performance indicator atau KPI ini hanyalah bagian key results dari OKR yaitu tolak ukur tujuan, sehingga keduanya merupakan hal yang berbeda. 

 

Baca Juga: Perbedaan OKR dan KPI, Apa Saja?

 

Contoh OKR di Dunia Kerja

OKR awalnya diperkenalkan oleh perusahaan prosesor terbesar saat itu yaitu Intel. Namun, yang mempopulerkannya adalah Google, dimana Google mengadaptasi kerangka tersebut. Dapat dikatakan bahwa Google salah satu dari contoh keberhasilan penerapan OKR dalam dunia kerja. 

Sebelum membuat OKR pada perusahaan, Anda harus memperhatikan hal-hal seperti menentukan tools yang digunakan, merancang OKR untuk kebutuhan perusahaan, tim dan individu, serta struktur tim untuk perencanaan OKR.

Contoh: penerapan objective key results case study pada Digital Advertising Agency. 

 

Tahap 1: Buat OKR untuk perusahaan. 

Objective untuk perusahaan: meningkatkan engagement dan reputasi perusahaan di tingkat nasional. 

Key results:

  • Bekerja sama dengan 15 brand lokal Indonesia dalam setahun. 
  • Mendapatkan 100 klien baru dalam setahun. 
  • Meningkatkan kepuasan klien sebesar 25%.
  • Mendapatkan revenue perusahaan sebesar 1 miliar rupiah. 
  • Membuka 1 cabang kantor baru di pusat perkotaan. 

 

Tahap 2: Poin-poin key results diturunkan per divisi.

Objective divisi Graphic Design: meningkatkan kepuasan klien sebesar 25%. 

Key result: 

  • Komunikasi desain dengan klien hingga mencapai hasil yang diinginkan. 
  • Melakukan pitching dengan 1 calon klien per minggu. 

Objective divisi marketing: membangun kerja sama dengan 15 brand lokal dari Indonesia 

Key result:

  • Melakukan research mendalam untuk mencari potensi brand lokal
  • Melakukan perencanaan kerja sama dan pitching setiap brand.
  • Membentuk tim khusus research potensi brand lokal. 

 

Tahap 3: Buat OKR individu yang disesuaikan dengan job description yang dimiliki.

performance review

 

Manfaat OKR (Objective Key Result)

Setelah mengetahui contoh penerapan dari OKR, kira-kira apa saja manfaatnya?

Berikut manfaat yang sekiranya akan Anda dapatkan jika menerapkan metode OKR pada perusahaan. 

John Doerr dalam bukunya Measure What Matters selalu menjelaskan manfaat atau benefit dari menggunakan objective key results dengan FACTS (Focus, Alignment, Commitment, Tracking, dan Stretching)

Berikut penjelasan manfaat OKR untuk Anda: 

 

Berfokus Kepada Tujuan

Fokus dalam FACTS ini menjelaskan bahwa dengan penggunaan OKR pada perusahaan akan membuat tim lebih fokus. Fokus mereka akan tertuju pada prioritas juga tujuan yang akan mereka capai. 

 

Penyelarasan Goals dan Strategis 

Alignment atau penyelarasan juga merupakan salah satu manfaat dari penggunaan OKR. Penggunaan OKR ini menyelaraskan seluruh perusahaan atau organisasi. Tujuan per masing-masing divisi, kemudian prioritas yang harus dicapai semuanya selaras dengan tujuan akhir yang ingin dicapai. 

 

Lebih Berkomitmen 

Masing-masing divisi dan tim tentu telah diberikan ‘tugas’ masing-masing yang harus dijalankan untuk mencapai tujuan. Adanya key result yang harus dilakukan juga objectives tujuan akan membuat karyawan lebih berkomitmen menjalankan tugas untuk mencapai tujuannya. 

 

Evaluasi dan Pelacakan Lebih Mudah

Penggunaan OKR ini memungkinkan melakukan evaluasi lebih sering, selain itu tim dapat lebih mudah melacak kemajuan dari strategi yang telah diterapkan. Anda juga dapat memantau jalannya perencanaan, kapan harus evaluasi dan apakah diperlukan perubahan-perubahan taktik. 

 

Baca Juga: 5 Cara Menerapkan Performance Measurement dalam Perusahaan

 

Menyatukan Perusahaan 

Karyawan akan lebih termotivasi dalam bekerja karena jelas ada prioritas tujuan yang harus dicapai. Selain itu adanya koordinasi dan hubungan antar divisi untuk mencapai tujuan utama yang jelas akan dapat menyatukan perusahaan dan mencapai tujuan bersama dengan lebih baik. 

Perkara memantau kinerja karyawan untuk mencapai tujuan bersama dari suatu perusahaan memang bukan perkara mudah. Adanya target yang harus dicapai, kemudian review serta pelaporan kinerja tentunya pekerjaan yang tidak sedikit. Untuk membuatnya lebih mudah, ada modul Performance Management dari HR Software LinovHR. 

Modul Performance Management ini terdiri dari performance appraisal atau review, goal management dan feedback. Masing-masing fitur tersebut membantu mengelola kinerja karyawan dengan lebih mudah. 

Review kerja seluruh karyawan yang dapat dibagi berbagai macam tipe review, melacak sejauh mana kemajuan perusahaan untuk mencapai tujuan, kinerja divisi dan karyawan bahkan feedback dapat dengan mudah dilakukan melalui software ini. 

Berkat bantuan sistem dari LinovHR, evaluasi kinerja menggunakan berbagai metode termasuk objective key result akan lebih praktis dan mudah dilakukan.

 

Untuk info lengkap mengenai modul Performance Management dari LinovHR, ketuk tautan berikut ini

 

Referensi: 

https://www.whatmatters.com/faqs/okr-meaning-definition-example/