karyawan terbaik

HR Harus Tahu: Kiat Mempertahankan Karyawan Terbaik!

Karyawan terbaik pastinya akan sangat memudahkan perusahaan dalam mencapai sebuah tujuan dan melancarkan kegiatan bisnis.  Karyawan terbaik adalah mereka yang memiliki perilaku yang baik dan dapat memberikan kontribusi untuk kemajuan perusahaan. Tentu perusahaan harus bisa mempertahankan karyawan seperti itu. 

 

performance review

Tahukah Anda apa saja kriteria karyawan terbaik? Secara umum, berikut ciri karyawan yang masuk kriteria terbaik: 

  1. Mudah Beradaptasi
  2. Jujur
  3. Memiliki Kinerja Unggul Dibandingkan Rekan yang lain
  4. Dapat Bertanggung Jawab
  5. Professional 
  6. Memiliki Sense of Belonging
  7. Inisiatif Tinggi

 

Kenapa Karyawan Terbaik Harus Dipertahankan?

Karyawan merupakan salah satu bagian terpenting dari perusahaan. Semua hasil dan operasional perusahaan dipengaruhi oleh karyawan. Kenapa perusahaan harus mempertahankan karyawan terbaiknya?

 

1. Menjadi Contoh Bagi Karyawan Lain

Karyawan terbaik akan menjadi contoh bagi karyawan lain untuk meniru kebiasaan yang dilakukannya. Kebiasaan baik yang tertular kepada seluruh karyawan akan meningkatkan produktivitas kerja. Sehingga target dan tujuan perusahaan bisa tercapai dengan cepat.

 

2. Dapat Diandalkan Perusahaan

Karyawan merupakan aset terpenting dalam perusahaan. Terlebih lagi jika karyawan terbaik yang selalu memberikan dampak positif kepada perusahaan. Jika Anda memiliki karyawan yang seperti itu, perusahaan pastinya memiliki karyawan andalan untuk mengerjakan berbagai proyek kerja yang akan mewakili perusahaan.

 

Baca Juga:  5 Alasan Mutasi Karyawan dalam Perusahaan

 

3. Melancarkan Proses Bisnis Perusahaan

Selain menjadi contoh dan andalan bagi perusahaan, karyawan tersebut pastinya akan membantu perusahaan dalam melancarkan proses bisnis. Dengan melakukan pekerjaan secara maksimal serta produktifitas yang tinggi, perusahaan akan sangat terbantu dalam menjalankan bisnis dan mencapai target kerja.

 

Alasan Karyawan Terbaik Memutuskan Resign

Memiliki karyawan terbaik pastinya menjadi sebuah kesempatan baik untuk perusahaan mengembangkan bisnisnya. Namun tidak jarang perusahaan tersebut ditinggalkan oleh para karyawan terbaiknya.

 

Apa saja alasan karyawan terbaik memutuskan untuk resign?

  1. Beban kerja terlalu berlebihan
  2. Kurang mendapatkan tantangan
  3. Karyawan merasa tertahan
  4. Menerima kompensasi yang kurang
  5. Lingkungan kerja yang negatif

 

Kiat Perusahaan Mempertahankan Karyawan Terbaik

Agar perusahaan bisa mempertahankan karyawan terbaiknya, berikut ini terdapat tips yang bisa Anda terapkan di kantor. Simak tips di bawah ini!

 

Bentuk Lingkungan Kerja yang Nyaman

Kenyamanan dalam lingkungan kerja tidak hanya membuat karyawan terbaik loyal, tetapi seluruh karyawan pasti akan meningkatkan loyalitasnya kepada perusahaan.

Cara yang bisa Anda lakukan adalah mengurangi kompetisi antar karyawan dengan selalu membangun kerja sama dalam mencapai tujuan. Tips ini akan membuat karyawan untuk saling membantu karyawan lain dan menyeimbangkan skill mereka.

 

Jaga Transparansi 

Setiap kondisi yang dialami perusahaan harus diketahui oleh seluruh pihak yang terlibat, termasuk juga karyawan. Karena jika terdapat hal yang ditutup-tutupi, akan menurunkan tingkat kepercayaan karyawan kepada perusahaan.

Karyawan pun harus mengetahui peningkatan kinerja mereka sendiri dengan selalu mengadakan evaluasi kerja. Jika evaluasi kerja tidak transparan, karyawan akan merasa dirinya tidak ada perkembangan atau bahkan merasa ada kecurangan dalam perusahaan.

 

Sediakan Fasilitas yang Mendukung

Agar proses kerja bisa berlangsung secara nyaman, perusahaan juga perlu untuk menyediakan fasilitas-fasilitas yang mendukung kegiatan bekerja.  Penyediaan fasilitas ini akan meningkatkan produktivitas karyawan dalam bekerja.

Fasilitas yang bisa diberikan antara lain koneksi internet/ WiFi yang stabil, menyediakan area untuk beristirahat, menyediakan peralatan seperti meja dan kursi, memberikan pinjaman perangkat seperti laptop dan handphone, dan sebagainya.

 

Berikan Kesempatan untuk Berkembang

Perusahaan bisa memberikan kesempatan pada setiap karyawan untuk berkembang dengan cara memperbolehkan setiap karyawan untuk menyalurkan ide atau gagasan, memberikan pelatihan kerja, hingga memberikan tantangan baru pada setiap tugas.

Jika perusahaan memberikan ruang bagi karyawan untuk berkembangan, mereka akan menemukan bakat-bakat baru yang terpendam. Hal ini akan meningkatkan kinerja serta produktivitas karyawan.

 

Tawarkan Gaji yang Sesuai

Gaji merupakan hak yang harus diterima bagi setiap karyawan. Selain itu gaji merupakan bentuk penghargaan perusahaan karena telah membantu dalam menyelesaikan pekerjaan.

 

Baca Juga: Hitung Gaji Karyawan Otomatis Menggunakan Sistem Penggajian LinovHR

 

Maka dari itu, berikanlah gaji yang sesuai dengan kinerja setiap karyawan. Dalam perusahaan pastinya setiap karyawan memiliki tingkat kesulitannya masing-masing. Selain memberikan gaji yang sesuai, perusahaan juga tidak boleh melupakan pemberian bonus kepada karyawan terbaik.

 

Tingkatkan Potensi Kinerja Karyawan Bersama LinovHR!

Setiap perusahaan tentu saja harus mempunyai kiat-kiat tersendiri dalam membentuk dan mempertahankan karyawan terbaik. Agar hal tersebut bisa lebih mudah tercapai, pemanfaatan software HRD seperti halnya LinovHR merupakan solusi paling tepat.

Software HR LinovHR memiliki beberapa fitur yang akan memudahkan perusahaan dalam mengelola sdm untuk meningkatkan kualitas kinerja. LinovHR menerapkan Human Resource Information System (HRIS) yang akan bekerja secara baik, efektif dan efisien dalam pengelolaan administrasi karyawan.

Kemudahan yang ditawarkan LinovHR untuk melahirkan para karyawan terbaik perusahaan antara lain:

  1. Penilaian dan evaluasi kerja dengan fitur Performance Management
  2. Mengefektifkan jadwal kerja dengan fitur Time Management
  3. Membuat perencanaan suksesi perusahaan melalui fitur Succession Management
  4. Menyiapkan program pelatihan yang sesuai dengan fitur Learning and Development.
  5. Menyusun struktur penggajian karyawan dengan fitur Payroll

 

Mempertahankan karyawan terbaik perusahaan tentu saja tidak bisa dilakukan secara instan. Maka dari itu, perusahaan khususnya divisi HR harus menerapkan sistem pengelolaan SDM yang efektif dan efisien. Ingin tahu lebih banyak mengenai kemudahan Software HRD dari LinovHR? Yuk, jadwalkan demo bersama tim kami! 

LinovHR.COM/Contact/