kriteria staff hrd

Mau Tahu Apa Saja Kriteria Jadi Staff HRD Dari Kacamata Manajemen?

Staff HRD merupakan bagian dari divisi HRD yang memiliki tugas untuk melakukan pengelolaan sumber daya manusia.

Peran HRD sendiri cukup vital di dalam suatu perusahaan. Pasalnya, tugas seorang staff HRD akan berkaitan langsung dengan karyawan, serta segala jenis dan bentuk aktivitasnya di perusahaan.

Beberapa tanggung jawab yang diemban oleh seorang staff HRD yaitu perekrutan, pemberhentian, kompensasi dan tunjangan, pelatihan dan pengembangan, HR plan, general affair, hingga pembuatan SOP di perusahaan.

Mengingat perannya yang sangat penting dan vital di dalam sebuah perusahaan, untuk itu merekrut (staff) HRD tidak bisa dilakukan sembarangan. Setidaknya Anda mesti tahu bagaimana kriteria HRD yang sesuai di mata manajemen.

Jika Anda ingin mengetahuinya, simak ulasan lengkap dari LinovHR di bawah ini!

 

Kriteria Staff HRD dari Kacamata Manajemen

Menjadi seorang staff HRD bukanlah suatu pekerjaan yang mudah. Seorang HRD dituntut untuk mampu mengelola dan juga memberdayakan sumber daya manusia atau karyawan yang ada di perusahaan. 

Banyak orang beranggapan bahwa tugas utama seorang HRD adalah merekrut pegawai. Padahal nyatanya lingkup tugas seorang HRD lebih luas dan vital bagi perkembangan organisasi.

Proses rekrutmen untuk menjadi staff HRD juga tidak sederhana. Ada proses panjang agar bisa menjadi bagian dari HRD di suatu perusahaan. Apa lagi biasanya manajemen perusahaan punya standar tinggi dalam memilih staff HRD.

Oleh karena itu penting untuk Anda ketahui apa saja kriteria staff HRD yang baik di mata manajemen.

 

  1. Latar Belakang Pendidikan yang Sesuai

Ada beberapa latar belakang pendidikan yang umumnya dicari perusahaan untuk menjadi seorang staff HRD di perusahaannya. Biasanya mereka haruslah seorang lulusan psikologi, hukum, atau manajemen.

Ketiganya diperuntukan untuk melakukan hal-hal tertentu yang berhubungan dengan latar belakang pendidikannya.

Contohnya HRD yang berlatar belakang pendidikan psikologi, biasanya akan ditugaskan untuk proses rekrutmen. Hal ini disebabkan, psikotes rekrutmen hanya dapat dilakukan oleh orang yang memiliki latar belakang psikologi.

Untuk lulusan hukum, biasanya akan memiliki tugas yang berkaitan dengan pengelolaan aspek-aspek hukum kepegawaian, seperti pembuatan kontrak kerja.

Sedangkan lulusan manajemen, akan mengatur mengenai aspek administrasi di perusahaan, seperti absensi, payroll, hingga pemeliharaan database karyawan.

 

Baca Juga: Ketahui Apa Saja yang Jadi Tugas HR Manager

 

  1. Memiliki Kemampuan Komunikasi yang Baik

Kriteria kedua yang wajib dan harus dimiliki oleh HRD, terutama bagi yang bertugas di dalam proses rekrutmen yaitu kemampuan untuk berkomunikasi.

Pada dasarnya komunikasi merupakan sebuah hal penting dan vital, terlepas apapun pekerjaan yang dilakukan. Terlebih jika pekerjaan tersebut menyangkut dan berinteraksi dengan banyak orang, maka kemampuan dalam berkomunikasi patut untuk dimiliki.

Seorang HRD akan banyak berinteraksi dengan orang-orang, baik itu di dalam organisasi atau internal, maupun dari luar organisasi atau eksternal.

Bayangkan saja, jika seorang HRD tidak memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan benar. Tentunya hal ini akan sangat merugikan perusahaan dan merusak citra dari perusahaan itu sendiri, di mata calon kandidat perusahan.

 

  1. Memahami Berbagai Macam Karakter Manusia

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, tugas seorang HRD akan membuatnya banyak untuk bertemu dan berinteraksi dengan banyak orang. Terutama bagi seorang staff HRD yang menangani proses rekrutmen.

Setiap orang memiliki karakter dan latar belakang yang berbeda-beda. Hal ini tentunya amat sangat kompleks. Oleh sebab itu, penting bagi seorang HRD untuk dapat memahami segala perbedaan-perbedaan tersebut.

Tujuannya agar komunikasi dan pendekatan yang dilakukan bisa sesuai dengan karakter masing-masing orang. Dengan begitu hubungan karyawan dan juga perusahaan bisa berlangsung harmonis dan sesuai dengan keinginan kedua belah pihak.

 

  1. Mampu Memberikan Solusi dari Permasalahan SDM

Permasalahan atau kesalahpahaman tentunya pasti akan terjadi di antara lingkungan perusahaan. 

Di sinilah peran penting dari seorang HRD perusahaan, yaitu mampu untuk menjadi jembatan antara perusahaan dan karyawan, serta memberikan solusi yang dibutuhkan dari permasalahan tersebut.

Sebagai seorang HRD yang baik, ia harus memiliki kemampuan problem solving yang baik dan memahami perusahaan tempatnya bekerja seutuhnya.

Hal ini bertujuan, agar permasalahan yang terjadi di perusahaan bisa diselesaikan tanpa ada kerugian yang berarti.

 

  1. Memiliki Pemahaman Tentang Laporan HR

Kriteria yang terakhir yaitu seorang staff HRD harus mahir dalam membuat laporan HR untuk perusahaan. Laporan ini terbilang sangat penting. Karena dari laporan tersebut, perusahaan bisa melakukan evaluasi kinerja terhadap karyawan yang bersangkutan.

Selain itu, dari laporan tersebut perusahaan juga bisa mengetahui kebiasaan yang dilakukan oleh karyawan, seperti kehadiran, keterlambatan, cuti, dan sejenisnya.

 

Itulah beberapa kriteria staff HR dari kaca mata manajemen. Semoga membantu Anda menemukan kandidat staff HRD terbaik.

Memiliki kandidat yang berpotensi dan mumpuni merupakan hal yang diinginkan oleh setiap perusahaan yang ada.

SDM merupakan faktor penting dari majunya sebuah bisnis atau perusahaan. Menemukan kandidat yang tepat, adalah sebuah pekerjaan yang melelahkan dan membutuhkan waktu yang tidak sedikit.

Oleh sebab itu, Aplikasi Rekrutmen Karyawan LinovHR hadir dalam memberikan solusi atas hal tersebut.

 

software hris

 

Melalui modul Recruitment di aplikasi ini, Anda dapat dengan mudah mengelola proses rekrutmen dari tahap perencanaan hingga pada tahap akhir yaitu seleksi kandidat.

Fitur-fitur di dalam modul Recruitment ini akan membantu Anda dalam pembuatan lowongan pekerjaan hingga penyimpanan data calon kandidat bagi perusahaan.

Ingin mencoba sendiri Aplikasi Rekrutmen dari LinovHR?

Jadwalkan demo secara gratis untuk mengetahui info lebih lanjut!