laporan bulanan hrd

Jenis Laporan HRD yang Harus dibuat Setiap Bulan

Menurut Armin Trost, seorang profesor, penulis dan coach Human Resource dari German, dalam channel Youtube resminya Armin Trost mengatakan bahwa semakin lama, akan semakin banyak karyawan yang bergeser dari posisi Human Resourse dalam perusahaan, dan hanya sedikit karyawan yang akan tetap bertahan. 

Siapakah mereka? Mereka adalah tim HRD perusahaan yang memiliki skill, keahlian, dan keterampilan yang berkualitas.

Itu sebabnya, mereka yang bertahan dalam perusahaan khususnya tim HRD harus benar-benar memahami tugas seorang HRD dalam perusahaan. Sebagai salah satu departemen yang erat kaitannya dengan pengelolaan sumber daya manusia, HRD wajib memberikan laporan-laporan tertentu setiap bulannya.

Selain sebagai bukti tertulis mengenai kinerja karyawan dalam berbagai departemen di perusahaan, laporan tersebut juga berfungsi sebagai manajemen informasi yang menunjukkan perkembangan tim dan masing-masing departemen. Lalu, apa sajakah jenis-jenis laporan yang harus dibuat oleh HRD setiap bulannya? Berikut ulasan lengkapnya:

 

1. Laporan Gaji Karyawan

Laporan gaji karyawan adalah jenis laporan bulanan HRD berupa slip gaji yang akan diberikan kepada setiap karyawan setiap bulannya pada saat penggajian. Selain diperlukan bagi karyawan yang bersangkutan, laporan gaji karyawan juga dibutuhkan oleh departemen Finance sebagai data dan dasar perhitungan pemotongan pajak penghasilan (Pph 21 Karyawan).

Informasi terkait gaji karyawan juga merupakan sumber informasi dan bahan prediksi mengenai kondisi keuangan perusahaan dari waktu ke waktu. Biasanya, sebuah perusahaan menengah sampai dengan perusahaan besar telah menggunakan Software Payroll untuk mempermudah pencatatan dan pembuatan slip gaji pegawai.

Salah satu software payroll yang bisa digunakan HRD dalam membuat laporan penggajian adalah LinovHR

Dengan menggunakan software Payroll LinovHR, tim HRD perusahaan tidak perlu lagi merasa khawatir meskipun jumlah slip gaji yang dibuat mencapai ratusan bahkan ribuan slip gaji. Karena selain terintegrasi, setiap data yang diolah dalam software Payroll LinovHR tersebut akan secara otomatis memberikan jumlah atau besaran gaji sesuai dengan keadaan data yang sebenarnya lebih cepat dari perhitungan data secara manual.

 

2. Laporan Kehadiran Karyawan

Laporan kehadiran karyawan adalah sebuah laporan bulanan HRD yang diperlukan perusahaan untuk menentukan seberapa besar jumlah tunjangan yang akan diberikan oleh perusahaan kepada karyawan yang bersangkutan. Semakin baik, laporan kehadiran seorang karyawan, maka akan semakin banyak jumlah tunjangan kehadiran yang diberikan oleh perusahaan.

Laporan kehadiran karyawan juga merupakan tolak ukur produktivitas, kinerja, dan kontribusi karyawan untuk menghitung beban kerja dalam menentukan strategi-strategi perusahaan di masa datang.

 

Baca Juga :  Manfaat Menggunakan Aplikasi Absensi Online untuk Perusahaan

 

3. Laporan Izin atau Sakit

Laporan izin atau sakit berbanding terbalik dengan laporan kehadiran karyawan. Semakin banyak seorang karyawan mengambil izin atau tidak masuk kerja karena sakit, semakin kecil kemungkinan bagi karyawan tersebut untuk diperpanjang masa kontrak kerjanya.

Jika karyawan yang bersangkutan sedang dalam masa percobaan, bisa jadi kontrak kerjanya tidak akan diperpanjang oleh perusahaan. 

 

4. Laporan Cuti Karyawan

Laporan cuti karyawan merupakan sebuah laporan bulanan HRD yang dibuat oleh tim HRD yang berisi hak cuti masing-masing karyawan, berapa banyak karyawan yang bersangkutan mengambil cuti dalam satu tahunnya, kapan penentuan cuti bersama dari perusahaan, sampai dengan membuat SOP cuti akan memudahkan setiap karyawan untuk mengerti dan memahami tentang peraturan cuti dari perusahaan.

Laporan cuti karyawan sangat berguna bagi perusahaan untuk melakukan evaluasi tentang kebijakan cuti perusahaan. Apakah karyawan yang bersangkutan akan mendapatkan pengurangan jumlah cuti, atau mendapatkan kompensasi untuk jumlah cuti yang belum diambilnya.

 

Baca Juga : Cara Membuat Form Cuti Karyawan Dengan Mudah

 

Mengingat begitu banyak laporan yang harus dibuat oleh tim HRD dalam sebuah perusahaan, alangkah baiknya jika perusahaan memberikan kebijakan-kebijakan tertentu bagi tim internal HRD. Salah satunya adalah kebijakan untuk menggunakan software khusus HRD yang akan membantu mereka mengolah data secara sistematis, efektif, dan efisien setiap bulannya.

Kini perusahaan dapat menggunakan bantuan Software HRD LinovHR dengan bantuan Software HRD LinovHR, tentu saja akan sangat membantu pekerjaan tim HRD perusahaan yang begitu banyak karena setiap data dan laporan kehadiran, izin, sakit, dan cuti karyawan, biaya potongan pajak penghasilan (Pph 21),  besarnya tunjangan, dan lain-lain akan terintegrasi secara otomatis dalam software HR LinovHR.