manajemen training

Pelatihan SDM Lewat Training Management System

Manajemen pelatihan karyawan yang dilakukan perusahaan bertujuan untuk meningkatkan skill serta kapabilitas karyawan dalam bekerja. Pelatihan SDM ini juga memiliki potensi yang besar untuk setiap karyawan bisa menguasai skill-skill baru.

Maka dari itu, adanya training management system seperti yang dikeluarkan oleh LinovHR sangat penting digunakan oleh perusahaan. Dengan sistem tersebut, pelatihan karyawan akan lebih mudah dilakukan dengan memberikan program atau  materi yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Manfaat penting lainnya adalah perusahaan bisa lebih memberdayakan para karyawannya dengan memanfaatkan kemampuan yang mereka miliki untuk menyelesaikan kompleksitas dalam menyelesaikan tugas. Selain itu, karyawan juga akan lebih memahami tugas yang mereka terima agar bisa memenuhi target perusahaan.

 

Apa Saja yang Bisa Training Management System Bisa Lakukan?

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, penggunaan training management system mampu untuk mengefektifkan program pelatihan SDM di perusahaan. Berikut ini terdapat penjelasan secara detail kegunaan dari sistem manajemen pelatihan.

 

1. Mengelola Budget Pelatihan

Sebelum melakukan pelatihan, tentunya terdapat biaya yang akan dikeluarkan untuk membayar mentor, tempat, dan persiapan lain yang dibutuhkan. Dengan memanfaatkan training management system ini, pengelolaan budget training akan dilakukan secara otomatis sesuai dengan program yang diadakan.

 

2. Menginformasikan Materi yang Harus Diselesaikan Karyawan

Saat mengikuti program pelatihan karyawan, tentunya mereka akan mendapatkan beberapa materi yang harus dipelajari dan tugas yang harus dikerjakan berkaitan dengan materi tersebut. Melalui sistem ini, karyawan akan secara otomatis akan mendapatkan materi beserta dengan tugasnya.

 

3. Mengadakan Pelatihan Lebih dari 1 Sesi

Agar memudahkan peserta untuk bisa lebih menyerap materi yang disampaikan, Anda bisa mengadakan pelatihan lebih dari 1 sesi. Misalnya program pelatihan memiliki jumlah peserta yang cukup banyak. Agar lebih efektif, Anda bisa membagi jumlah peserta ke dalam 2 sesi pertemuan.

 

Baca Juga: Pengertian dan Manfaat In House Training untuk Perusahaan

 

4. Mengelola Serangkaian Kegiatan Pelatihan

Untuk mengadakan pelatihan tentunya harus ada beberapa hal yang harus dipersiapkan, seperti jenis pelatihan apa yang akan diadakan, berapa waktu yang akan digunakan, biaya yang dibutuhkan, pendaftaran peserta, dan yang lainnya.

Dengan menggunakan training management system, Anda bisa mengatur atau mengelola seluruh persiapan kegiatan pelatihan dengan mudah dan cepat. Sistem akan membantu Anda untuk menentukan hal-hal tersebut secara otomatis sehingga pelatihan bisa berjalan dengan lancar.

 

5. Merangkum Hasil Pelatihan

Setelah selesai melakukan training, divisi HR akan merangkum hasil dari kegiatan tersebut apakah sudah cukup berjalan dengan baik atau belum. Selain itu, estimasi total biaya yang dikeluarkan juga akan dihitung.

Proses tersebut tentunya bisa diakses melalui sistem pelatihan karyawan untuk mendapatkan hasil yang akurat.

 

Baca Juga: Contoh Pelatihan Karyawan di Perusahaan

 

Kelebihan Training Management System

Setelah mengetahui kegunaan apa saja yang bisa Anda manfaatkan, ini kelebihan manajemen pelatihan dengan menggunakan sistem teknologi.

 

  • Cepat

Mengadakan program training haruslah melakukan persiapan yang cukup matang mulai dari biaya, alat, materi, hingga lokasi yang akan digunakan. Dengan bantuan sistem teknologi, persiapan program pelatihan SDM akan lebih cepat tersusun dibandingkan dengan menggunakan cara manual yang harus mengerjakan secara satu persatu.

 

  • Memiliki Fitur yang Lengkap

Semua fitur yang ada pada training management system bisa Anda gunakan untuk seluruh kegiatan pelatihan mulai dari persiapan, pelaksanaan, hingga merangkum hasil kegiatan. Dengan begitu, Anda cukup mengakses satu sistem saja untuk mengerjakan seluruh proses kegiatan.

 

  • Memberikan Hasil yang Akurat

Keakuratan yang dihasilkan sistem pelatihan karyawan akan memudahkan manajemen untuk menentukan tindakan selanjutnya yang lebih tepat. Sehingga tingkat produktivitas kerja karyawan dan perusahaan akan semakin tinggi.

 

  • Dapat Menyesuaikan dengan Kebutuhan Pelatihan

Untuk mengefektifkan kegiatan pelatihan, Anda bisa mengatur sistem untuk memberikan program pelatihan yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan karyawan. Jadi, perusahan akan lebih menghemat budget serta waktu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

 

Baca Juga: Tips Melakukan Program Training Karyawan yang Efekti dengan LinovHR

 

Sukseskan Pelatihan SDM dengan Modul Learning and Development LinovHR!

Modul Learning and Development dari LinovHR adalah aplikasi pelatihan karyawan yang akan membantu  perusahaan dan manajemen HR untuk untuk mensukseskan manajemen pelatihan karyawan mulai dari perencanaan, implementasi, hingga evaluasi training.

Seluruh proses tersebut tentunya bisa diakses secara online dan Anda hanya perlu menggunakan komputer pribadi untuk mengatur seluruh prosesnya. Sehingga pengaturan ini bisa Anda kerjakan di mana saja dan kapan saja.

Selain itu, seluruh proses akan bekerja secara otomatis sehingga tidak perlu memakan waktu yang lama. Karyawan bisa mendapatkan informasi serta materi pelatihan dengan mengakses dashboard mereka masing-masing. Dengan pemanfaatan sistem ini, tentunya program pelatihan akan jauh lebih efektif dan mendapatkan hasil yang maksimal.

 

Baca Juga: Cara Melakukan Evaluasi Program Pelatihan dengan Mudah

 

Kemudahan dalam pengelolaan manajemen pelatihan bisa Anda dapatkan dengan menggunakan training management system dari Modul Learning and Development LinovHR. Ingin merasakan manfaat yang lebih banyak? Segera ajukan demo modul melalui Customer Service LinovHR!