cara membuat program training karyawan

Cara Membuat Program Training Karyawan ala LinovHR

Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan performa dan skill karyawan adalah mengadakan program training. Namun proses training yang dilakukan secara manual tentu saja tidak akan berjalan secara efektif. Kendala umum yang dihadapi HRD adalah sulitnya mendokumentasikan dan merencanakan kurikulum training. 

LinovHR menyadari betapa pentingnya pelatihan dan pengembagan karyawan. 

Melalui modul Learning and Development dari Software HRD LinovHR, perusahaan dapat meningkatkan kualitas pelatihan dan pengembangan karyawan menjadi jauh lebih baik. 

Ingin tahu bagaimana cara membuat program training karyawan bersama LinovHR? Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan di bawah ini! 

 

Settings 

Perlu Anda ketahui bahwa seluruh proses kegiatan training akan dirancang sepenuhnya oleh divisi HR. Jadi hal pertama yang dilakukan oleh HRD adalah men-settings program-program apa saja yang akan dilakukan oleh tiap karyawan.

 

Menentukan Program Course

Saat melakukan settings disini, divisi HR akan menentukan program course apa yang akan didapatkan tiap karyawan. 

Pada aplikasi Learning and Development terdapat fitur Learning Library yang berfungsi untuk menentukan program course sesuai dengan klasifikasi Organization, Division, dan Department.

Pada klasifikasi level Organization akan menentukan program course yang akan didapatkan untuk karyawan perusahaan secara keseluruhan. 

Sementara itu, karyawan juga akan mendapatkan program course yang sesuai dengan posisi atau divisi (division dan department) masing-masing. Selain menentukan program, HRD juga bisa mengatur durasi waktu serta sesi pelatihan.

 

Baca Juga : Manfaat Program Pelatihan dan Pengembangan SDM bagi perusahaan

 

Development Activity

Setelah semuanya diatur, pada menu ini akan menampilkan seluruh jadwal program pelatihan per karyawan. Jadwal ini akan menampilkan jenis pelatihan apa yang akan dilakukan, hari, tanggal serta berapa lama durasi dari setiap program.

Pada menu ini juga, divisi HR juga dapat menambahkan atau mengurangi jadwal program pelatihan per karyawan sesuai dengan kondisi dan kebutuhan.

Setelah HRD mengatur program pelatihan atau course setiap karyawan, nantinya setiap karyawan bisa melihatnya melalui modul Employee Self Service (ESS) dari LinovHR.

Untuk mengukur apakah karyawan telah berhasil melaksanakan program pelatihan dilihat dari jumlah program yang diberikan serta durasi waktu pelatihan selama satu tahun.

hris

Misalnya, karyawan X dalam setahun harus mengikut 5 program pelatihan dengan durasi waktu yang harus dihabiskan selama 10 jam. Jadi, jika dalam setahun karyawan X belum mencapai target yang sudah ditentukan, admin atau divisi HR dapat melihat kekurangannya dan mengetahui hambatan apa yang terjadi. Sehingga hambatan bisa diselesaikan melalui solusi terbaik.

 

Baca Juga : Gamifikasi untuk Strategi Pelatihan & Pengembangan Karyawan

 

Pelatihan dan pengembangan karyawan merupakan salah satu faktor penting yang harus dilakukan perusahaan untuk meningkatkan performa kerja. Namun pada prakteknya, program training yang dilakukan secara manual justru tidak efektif sehingga hasil pelatihan tidak memberikan dampak yang besar.

Peningkatan skill tentu saja dibutuhkan untuk melancarkan proses kerja serta mencapai tujuan perusahaan. Untuk mensukseskan semua hal itu, penggunaan modul Learning and Development adalah solusi terbaik. Melalui modul Learning and Development, seluruh proses program training bisa dilakukan secara mudah hingga mendapatkan hasil yang lengkap, akurat, dan cepat. 

Perencanaan program training yang dilakukan dengan baik dan benar akan berdampak pada peningkatan kompetensi, skil, serta kapabilitas karyawan. Dengan begitu, seluruh target perusahaan yang telah direncanakan bisa segera direalisasikan. 

 

Baca Juga: 5 Cara Meningkatkan Kinerja Perusahaan

 

Itulah penjelasan mengenai cara membuat program training karyawan bersama LinovHR. Program pelatihan tentu saja sangat menguntungkan pihak karyawan serta perusahaan. Agar program training karyawan bisa berjalan secara lancar, Anda bisa segera menghubungi tim LinovHR untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. Segera jadwalkan demo Software HRD bersama LinovHR sekarang juga!