In House Training

In House Training: Pengertian & Keuntungan bagi perusahaan

Untuk menambah kualitas kinerja pegawai, tentunya pihak perusahaan harus mengadakan kegiatan pelatihan kerja. Karena dengan meningkatkan kualitas sumber daya manusia, akan berpengaruh kepada produktivitas perusahaan dan tentunya akan melancarkan aktivitas bisnis. Agar hal tersebut bisa dilakukan dengan baik, biasanya perusahaan mengadakan In House Training.

Lalu, apakah itu In House Training?

Pengertian In House Training?

In house training adalah kegiatan pelatihan karyawan dimana materi, waktu, hingga tempat pelatihan dapat disesuaikan dengan permintaan peserta atau perusahaan. Pelatihan ini memungkinkan pesertanya berasal dari 1 organisasi yang sama.

Tujuan dari kegiatan in house training ini tentunya untuk meningkatkan kualitas sdm di perusahaan sehingga dapat mempercepat pencapaian target yang telah ditentukan.

 

Baca Juga : 5 Contoh Program Pelatihan Karyawan dan Manfaatnya

 

Keuntungan In House Training Bagi Perusahaan

Kegiatan training ini pastinya akan meningkatkan skill atau kemampuan karyawan. Bagi perusahaan sendiri, terdapat 6 keuntungan yang bisa didapatkan dari pelatihan ini.

 

1. Biaya Pelatihan Lebih Murah

Biaya yang dikeluarkan dari kegiatan pelatihan ini lebih murah dari jenis pelatihan lainnya. Karena perusahaan tidak perlu mengeluarkan biaya sewa tempat, dan dapat memanfaatkan aula kantor. Perusahaan cukup membayar biaya transport untuk trainer atau akomodasi lain.

 

2. Mendapatkan Hasil yang Maksimal

Perusahaan akan mendapatkan hasil dari pelatihan secara maksimal karena materi yang diberikan kepada trainer sesuai dengan kebutuhan dan masalah karyawan di lapangan.

 

3. Rahasia Perusahaan Tetap Terjaga

Peserta dari training ini adalah orang-orang yang berada dalam 1 kantor yang sama. Jadi, Anda tidak perlu khawatir akan terjadi kebocoran rahasia atau hal-hal penting yang akan diketahui oleh pihak luar.

 

4. Penyampaian Materi Lebih Spesifik

Seperti yang sudah disampaikan di atas bahwa perusahaan dapat meminta materi sesuai dengan kebutuhan. Jadi para trainer akan menyiapkan materi secara spesifik untuk disampaikan kepada peserta. Pelatihan ini dirancang agar para karyawan bisa mendapatkan solusi terbaik.

Selain itu, perusahaan juga dapat meminta tambahan materi di luar materi yang sudah disiapkan. Contohnya perusahaan bisa meminta kepada trainer pelatihan public speaking agar setiap karyawan bisa berkomunikasi dengan baik terlebih saat berinteraksi dengan client.

 

Baca Juga: Fitur Pelatihan Karyawan dalam Sistem Human Resource

 

5. Penyelenggara / Trainer dapat Melakukan Proses Analisis Training

Proses analisis training ini bertujuan agar para trainer bisa lebih berfokus kepada inti permasalahan dalam menyampaikan materi. Pada proses ini biasanya trainer akan melakukan survei dan wawancara langsung kepada karyawan/peserta.

 

6. Mudah dalam Mendapatkan Data Awal

Yang dimaksud data awal disini adalah latar belakang, masalah, kebutuhan, hingga harapan perusahaan. Hal ini akan membantu trainer untuk merumuskan tujuan pelatihan, membuat alur komunikasi, membentuk desain pelatihan, membuat contoh kasus permasalahan, dan memilih metode apa yang sebaiknya digunakan.

 

hris

Manfaat In House Training

Terdapat beberapa manfaat setelah diadakannya kegiatan in house training, antara lain:

 

1. Proses Pencapaian Target Perusahaan Lebih Cepat

Tujuan diadakannya kegiatan in house training ini adalah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia perusahaan. Karena karyawan merupakan unsur penting dalam keberlangsungan bisnis perusahaan, sangat penting untuk diadakannya pelatihan karyawan agar target perusahaan bisa segera tercapai.

 

2. Meningkatkan Standar Kinerja yang Efektif

Sebuah perusahaan yang memiliki banyak cabang atau anak perusahaan yang tersebar di berbagai daerah, kemungkinan besar tiap karyawan memiliki cara kerja, pengalaman, budaya, hingga kualitas kerja yang berbeda. 

Dengan adanya pelatihan ini, para peserta akan lebih meningkatkan interaksi antar sesama sehingga mereka dapat bertukar informasi. Informasi yang mereka dapatkan dari peserta lain dapat meningkatkan standar kinerja yang efektif.

Selain itu,hal tersebut dapat menentukan cara kerja yang lebih baik dan efektif untuk diterapkan di cabang-cabang perusahaan sehingga semua cabang dapat berkembang baik secara merata.

 

3. Mempererat Rasa Kebersamaan dan Kekeluargaan Karyawan

Karena bekerja dalam satu tujuan yang sama, karyawan bisa lebih leluasa untuk bertanya, sharing ilmu, dan bekerja lebih kompak lagi. Tentu saja dengan kebersamaan tersebut, perusahaan akan lebih cepat dalam mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

 

4. Meningkatkan Motivasi Kerja dan Budaya Belajar Berkelanjutan

Melalui in house training, para karyawan bisa lebih cepat mendapatkan solusi dengan mengeksplorasi masalah-masalah yang sedang dihadapi. Dengan begitu, mereka bisa belajar dari setiap permasalahan.

 

Baca Juga: 10 Cara Efektif Memotivasi Karyawan Agar Semangat Bekerja

 

In house training merupakan jenis pelatihan dengan peserta yang berasal dari 1 lingkungan yang sama dengan materi, waktu dan tempat dapat disesuaikan oleh perusahaan. Jenis pelatihan ini tentu sangat berguna bagi perusahaan yang ingin mendapatkan ilmu dan juga pemecahan masalah yang spesifik. 

Untuk memudahkan perangancan berbagai jenis pelatihan, perusahaan dapat memanfaatkan modul learning and development dari LinovHR. Melalui modul learning and development dari LinovHR, dapat melakukan berbagai hal berikut: 

  1. Menetapkan silabus pelatihan dengan fitur learning checklist
  2. Menentukan anggaran pelatihan
  3. Menetapkan jenis pelatihan, berikut dengan peserta dan pelatih yang akan mengisi
  4. Merancang sesi pelatihan 
  5. Merangkum pelatihan yang telah selesai serta anggaran yang telah dikeluarkan. 

 

Ingin informasi selengkapnya mengenai bagaimana modul learning and development dapat mempermudah implementasi in house training?

Hubungi LinovHR sekarang juga!