manajemen talenta

Apa Itu Manajemen Talenta dan Bagaimana Cara Pengelolaannya?

Di seluruh bidang kerja manusia, semuanya membutuhkan orang-orang yang memiliki talenta. Setiap orang memiliki talent yang berbeda-beda, dan perusahaan atau organisasi juga selalu membutuhkan karyawan yang memiliki talent tertentu agar perusahaan bisa berkembang. Karena itulah diperlukan adanya manajemen seputar talent yang baik. Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai manajemen talenta, simak pembahasan ini sampai tuntas!

 

Pengertian Manajemen Talenta

Untuk mengetahui bagaimana pengertian manajemen talenta, mari kita simak definisinya menurut para ahli yang kompeten. Manajemen talenta berdasarkan pendapat Lewis & Heckman (2006) adalah proses menyeluruh mulai dari proses rekrutmen, penempatan tenaga kerja, sampai dengan perencanaan untuk mengembangkan kualitas pegawai agar mereka menjadi lebih baik. 

Rampersad (2006) menjabarkan bahwa manajemen talenta adalah sebuah cara untuk mengelola talent yang ada di dalam suatu organisasi secara efektif. Termasuk di dalamnya pengembangan dan perencanaan suksesi di dalam perusahaan, pengembangan diri karyawan semaksimal mungkin, dan bagaimana memanfaatkan bakat yang dimiliki karyawan secara optimal. 

Pella & Inayati (2011) menjelaskan manajemen talenta adalah serangkaian proses sumber daya manusia yang terpadu di dalam sebuah organisasi dimana proses tersebut dirancang dengan tujuan untuk mengembangkan, memberi motivasi, dan mempertahankan produktivitas karyawan. 

Davis (2009) mengetengahkan manajemen talenta adalah pendekatan yang terstruktur dan terencana yang dimiliki oleh korporat untuk merekrut, mengembangkan sampai mempertahankan orang-orang yang memiliki talent di dalam suatu organisasi. 

Menurut Canon & Mcgee (2007), manajemen talenta adalah suatu proses yang dilakukan oleh organisasi untuk mengelola dan mengembangkan orang-orang yang ada di dalam organisasi di masa sekarang dan juga untuk di masa depan. 

Dari beberapa pengertian di atas maka bisa ditarik sebuah kesimpulan, manajemen talenta adalah suatu proses bagaimana mengatur, mengembangkan dan mengoptimalkan orang-orang yang ada di dalam sebuah organisasi. Sehingga orang-orang yang ada bisa berkembang sekaligus memberi dampak positif untuk kemajuan organisasi atau perusahaan. 

hris

Manfaat Melakukan Manajemen Talenta yang Benar

Manajemen yang dilakukan dengan benar tentu memiliki manfaat baik untuk karyawan dan perusahaan. Tetapi pada intinya adalah perusahaan bisa mendapatkan talent yang dibutuhkan sesuai dengan visi, misi dan strategi bisnis yang dimiliki perusahaan. 

 

1. Manfaat Manajemen Talenta Bagi Perusahaan

Manfaat manajemen talenta bagi perusahaan menurut Baron & Armstrong (2013) antara lain:

  • Memperbaiki proses perekrutan karyawan sehingga perusahaan bisa mendapatkan karyawan yang benar-benar sesuai dengan yang dibutuhkan. 
  • Memberikan remunerasi dengan lebih adil dan kompetitif
  • Menghemat biaya saat terjadi pergantian karyawan
  • Membuat program pembelajaran dan pengembangan karyawan sehingga kinerja dan potensi di masa depan dapat meningkat
  • Dapat mencari dan menemukan karyawan yang memiliki potensi

 

2. Manfaat Manajemen Talenta Bagi Karyawan

Sedangkan manfaat manajemen talenta bagi karyawan menurut Honey (2009) adalah:

  • Meningkatkan komitmen kerja dan motivasi karyawan
  • Jalur karir karyawan dapat lebih berkembang dan komunikasi antar karyawan dan perusahaan dapat lebih baik
  • Kepuasan kerja karyawan dapat menjadi lebih meningkat

Sehingga bisa disimpulkan bahwa manajemen yang baik dapat memberikan manfaat kepada kedua belah pihak. Baik bagi karyawan, terlebih lagi bagi perusahaan. Dengan melakukan manajemen yang benar maka perusahaan bisa mendapatkan karyawan bertalenta yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan perusahaan. Strategi bisnis yang dimiliki perusahaan pun bisa dengan baik diakomodir oleh karyawan mereka. 

Sedangkan bagi karyawan, manajemen talenta yang benar juga bisa mendatangkan manfaat yang besar. Karyawan bisa mengetahui potensi mereka, mereka juga bisa mengembangkan diri sebaik mungkin. 

Selain itu kepuasan kerja karyawan juga bisa meningkat. Karena perusahaan memberikan kompensasi yang tepat, tempat atau tugas kerja yang tepat, dan karyawan juga merasa puas karena perusahaan memberikan mereka kesempatan yang baik untuk berkembang.

 

Baca Juga: Apa Bedanya Employee Engagement dan Employee Experience? 

 

Melakukan Manajemen Talenta dengan LinovHR

Untuk membantu perusahaan melakukan manajemen talent terbaik, saat ini perusahaan bisa menggunakan sebuah software HRD yang sangat efektif dan dapat memberikan  kemudahan yang Anda cari. Bayangkan Anda adalah staf HRD yang bertanggung jawab menangani Sumber Daya Manusia (SDM) yang berjumlah ratusan bahkan ribuan. Tentu Anda akan kesulitan jika harus menangani perekrutan, promosi, remunerasi, pemberhentian dan segala hal yang berkaitan dengan karyawan secara manual. Jika Anda menggunakan LinovHR maka semua data karyawan akan terkomputerisasi secara digital dan Anda akan lebih mudah melakukan manajemen talent dalam perusahaan. 

Software HRD Terbaik dari LinovHR dapat menilai bagaimana kinerja karyawan, seperti apa produktivitas mereka, dan kemajuan apa yang mereka raih selama ini. Dengan kelengkapan data yang Anda peroleh ini maka Anda bisa menentukan kebijakan promosi apa yang paling tepat bisa Anda berikan kepada karyawan. Sebab jangan sampai Anda memberikan promosi kepada karyawan yang belum layak dan tidak memberikannya kepada orang yang tepat. 

Dalam jangka panjang, penggunaan LinovHR di perusahaan Anda akan memberikan manfaat yang besar. Manajemen talenta yang berisikan proses perekrutan, pengembangan sampai dengan promosi akan tercatat pada sistem dengan baik. Perusahaan akan mampu bergerak sesuai dengan strategi bisnis yang dijalankan. Karena dari awal perusahaan merekrut karyawan, talent dapat tersalurkan dan ditempatkan sesuai dengan kualitas yang dimiliki oleh karyawan.  

Semua proses yang berkaitan dengan human resource seperti pengelolaan absensi, performance appraisal, reimburse, payroll, kelola cuti, kompetensi kerja,pelatihan karyawan akan dapat dengan mudah untuk dilakukan.

Masih banyak kemudahan terkait pengelolaan human resource yang akan didapatkan jika menggunakan LinovHR. Ajukan Demo App Sekarang dan Buktikan Kecanggihan LinovHR !