manajemen training

Memaksimalkan Pelatihan dengan Manajemen Training

Salah satu upaya perusahaan untuk meningkatkan kemampuan karyawan adalah dengan mengadakan program pelatihan karyawan. Agar program pelatihan berlangsung lancar dan kondusif, dibutuhkan manajemen training yang baik. Apa yang dimaksud dengan manajemen training

 

Apa itu Manajemen Training? 

Manajemen training merupakan kegiatan yang berfokus pada peningkatan keterampilan atau kompetensi individu untuk memenuhi kualifikasi tertentu. Semua program dalam manajemen training disusun sedemikian rupa untuk membantu karyawan menemukan potensi tersembunyi serta menguasai skill baru yang akan bermanfaat bagi produktivitas kerja. Melalui produktivitas kerja, maka bisnis pun dapat berjalan lebih efektif dan efisien.  

Contohnya, karyawan yang baru saja menjejaki posisi manajer mendapatkan pelatihan untuk memimpin dan dan memantau kinerja staf di bawahnya.

Pelatihan macam ini sangat berguna karena karyawan tersebut adalah manajer baru yang belum mempunyai banyak pengalaman. Dengan begitu, karyawan tersebut tetap mampu menjalankan tugasnya walau baru saja berkecimpung sebagai manajer. 

 

LinovHR menyadari bahwa kualitas sumber daya manusia dalam perusahaan ditentukan oleh pengelolaan yang sistematis. Oleh karena itu, 

LinovHR menyediakan modul Learning and Development dari Software HRD untuk membantu perusahaan menjalankan manajemen training secara sistematis. Hubungi LinovHR untuk informasi selengkapnya! 

hris

 

 

Kapan Waktu Tepat Mengadakan Training? 

Dari penjelasan singkat mengenai manfaat dan pengertian dari manajemen training, selanjutnya mari membahas kapan waktu yang tepat untuk menjalankan training. Inilah waktu yang tepat untuk mengadakan training karyawan

 

Penerimaan Karyawan Baru

training perlu dilakukan saat penerimaan karyawan baru agar kandidat terpilih mendapatkan gambaran bagaimana cara melakukan pekerjaannya.

Materi pelatihan yang dapat diberikan adalah profil perusahaan, budaya kerja, peraturan, dan tugas khusus yang akan dikerjakan. Sehingga karyawan mampu beradaptasi lebih cepat dengan lingkungan kerja. 

 

Regenerasi Karyawan

Pelatihan dapat membantu karyawan untuk menguasai dan menggantikan posisi penting seperti manajer dan CEO yang telah diisi karyawan senior. bibit-bibit unggul akan dipersiapkan menjadi karyawan profesional yang mampu mengemban tanggung jawab dan kompetensi lebih tinggi. Hal ini sangat berkaitan dengan regenerasi dalam perusahaan.

 

Implementasi Sistem dan Kebijakan Baru

Sistem dan kebijakan merupakan penunjang operasional perusahaan. Jika ada perubahan mengenai sistem dan kebijakan, harus ada pelatihan di setiap jajaran agar semua karyawan mampu memahami dan mengikuti sistem dan kebijakan baru tersebut.

Sehingga operasional tetap berjalan lancar dan tidak membutuhkan waktu lama untuk mencapai transisi sepenuhnya menuju sistem baru. 

 

Manfaat Training yang Baik

Tujuan utama dari pelatihan dan pengembangan karyawan sendiri adalah meningkatkan kemampuan atau kompetensi kerja. Berikut ini manfaat yang bisa didapatkan perusahaan:

 

  1. Meningkatkan soft skill dan hard skill karyawan
  2. Membantu karyawan memahami tugas atau posisi tertentu
  3. Mempersiapkan karyawan mengisi posisi strategis
  4. Menumbuhkan kepuasan kerja
  5. Membuka jenjang karir bagi karyawan
  6. Kinerja semakin produktif, efektif, dan efisien

 

Baca Juga: Baru Menjadi Karyawan? Yuk, Kenali Tipe OJT!

 

Buat Manajemen Training yang Efektif Bersama Software HRD LinovHR 

Manajemen training sangat menentukan kualitas pelatihan dan pengembangan karyawan dalam perusahaan. Itu sebabnya HRD bertanggung jawab untuk menyusun silabus pembelajaran dan strategi yang efektif dalam sebuah manajemen training. 

Menggunakan metode manual yang tidak sistematis dan melibatkan dokumen fisik untuk bukan menjadi pilihan yang tepat. Sebab, hal ini akan memakan waktu lama dan rentan terjadinya kesalahan input atau rekapitulasi informasi. 

LinovHR dapat membantu perusahaan menjalankan manajemen training lebih efektif melalui modul Learning and Development yang canggih. Apa saja yang dapat dilakukan Software HRD dari LinovHR? 

 

  • Menyusun Materi dengan Rinci

Setiap kompetensi membutuhkan pelatihan dan pengembangan dengan materi khusus. HRD bisa memanfaatkan fitur learning checklist untuk menyusun apa saja yang harus dikuasai oleh karyawan sebelum tenggat waktu tertentu. Penyusunan dengan cara seperti ini memudahkan HRD untuk mendokumentasikan informasi seputar pelatihan. 

 

  • Mengkalkulasi Anggaran Pelatihan

Setiap pelatihan dan pengembangan pasti membutuhkan biaya atau anggaran. Fitur budget calculation akan membantu menghitung anggaran yang ditentukan, sedangkan fitur budget calculation setup menentukan bagaimana cara perhitungan anggaran untuk setiap program pelatihan.

Untuk menentukan periode dari sebuah anggaran pelatihan, HRD bisa menggunakan fitur development periode. 

 

  • Merangkum Hasil Pelatihan yang Telah Berlangsung

Pelatihan dan pengembangan yang telah berlalu penting untuk direkapitulasi hasilnya sebagai bahan evaluasi serta peninjauan rencana yang akan datang. Melalui activity catalog, semua hasil dari pelatihan dapat dirangkum secara sistematis berikut total anggaran yang telah dikeluarkan. 

 

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Disiapkan dalam Coaching Karyawan

 

  • Menetapkan Sesi Pelatihan

Khusus pelatihan dan pengembangan yang agak rumit dan membutuhkan waktu, biasanya terdiri dari beberapa sesi. Fitur session akan membantu HRD menentukan sesi pada setiap pelatihan dan mengatur sesi dari training yang sudah disusun sebelumnya. Sehingga pelatihan terstruktur dengan baik. 

 

  • Mengelola Training Secara Menyeluruh

Fitur development activity akan memproses dan mengelola semua training yang akan diadakan perusahaan, mulai dari jenis, durasi, list peserta, anggaran, dan kompetensi apa saja yang harus dicapai karyawan. Cara ini cukup ampuh dalam menyusun pelatihan yang komprehensif dan sesuai kebutuhan perusahaan. 

 

LinovHR merupakan salah satu penyedia Software HRD terbaik dengan segudang pengalaman dalam mengelola sumber daya manusia dari berbagai client. Pengalaman inilah yang membantu LinovHR mengembangkan inovasi dalam aspek manajemen training melalui modul Learning and Development. Maka, akan tercipta suatu pelatihan yang tepat sasaran dan mampu membantu operasional perusahaan.  Segera hubungi tim kami dan jadwalkan demo Software HRD dari LinovHR!