manfaat pengembangan karir

Berbagai Manfaat Pengembangan Karir dalam Perusahaan

Pengembangan karir adalah suatu program yang bertujuan untuk menyelaraskan tujuan karyawan dalam bekerja dan peluang karir yang tersedia di perusahaan di periode saat ini dan periode mendatang. Semakin karir karyawan meningkat, tentunya skill dan kompetensi akan meningkat. Maka dari itu, perusahaan juga ikut turut membantu karyawan dalam meningkatkan karir mengingat manfaat pengembangan karir yang cukup signifikan. 

 

7 Manfaat Pengembangan Karir Bagi Karyawan dan Perusahaan 

Lalu, apa saja sebenarnya manfaat pengembangan karir bagi karyawan dan perusahaan itu sendiri? Mari kita uraikan satu-satu! 

 

  • Meningkatkan Motivasi dan Produktivitas

Pengembangan dan jenjang  karir yang jelas akan meningkatkan motivasi karyawan untuk bekerja lebih giat. Karyawan termotivasi karena melihat adanya peluang karir yang menjanjikan berikut benefit lain yang akan mengikuti. Hal ini akan mempengaruhi kualitas karyawan baik dari segi mental maupun hasil pekerjaan. Kemudian, lama-lama produktivitas pun juga ikut meningkat. 

 

  • Menurunkan Persentase Karyawan Resign

Biasanya karyawan akan mengundurkan diri atau resign dari perusahaan karena tidak ada jenjang karir yang jelas dan menjanjikan. Namun, melalui pengembangan karir yang jelas dan transparan, karyawan dapat menilai apakah peluang karir yang tersedia cukup menjanjikan serta menguntungkan bagi karir dan kesejahteraan karyawan. Sehingga persentase turnover bisa menurun.  

 

Baca Juga: Cara Hitung Employee Turnover Rate

 

  • Menumbuhkan Loyalitas 

Karyawan yang loyal akan berbeda dengan karyawan lain yang tidak mempunyai loyalitas. Aspek yang paling terlihat adalah dari segi kinerjanya. Karyawan dengan loyalitas tinggi akan bekerja lebih unggul dibandingkan karyawan yang tidak termotivasi dan loyal kepada perusahaan. Pengembangan karir merupakan salah satu faktor yang bisa menumbuhkan loyalitas karyawan. 

 

  • Menunjang Operasional Perusahaan

Karena produktivitas karyawan meningkat, tentu saja akan berpengaruh kepada operasional perusahaan. Jadi, perusahaan dapat memproduksi lebih banyak produk dan menjualnya kepada pasar. Akhirnya pihak perusahaan akan diuntungkan karena profit otomatis ikut bertambah. 

 

  • Menarik Kandidat Unggul

Manfaat pengembangan karir bagi perusahaan selanjutnya adalah menarik kandidat unggul. Para pelamar kerja akan tertarik untuk bergabung di perusahaan karena melihat peluang karir yang menjanjikan. Kemudian, pihak HRD tinggal menyeleksi kandidat mana yang unggul dan sesuai kebutuhan. Dengan begitu, HRD bisa “menarik” kandidat lebih cepat sebelum perusahaan kompetitor mendapatkan kandidat tersebut. 

 

Baca Juga: Kandidat Idaman Batal Bergabung, HRD Harus Lakukan Apa? 

 

  • Menciptakan Budaya Kerja Positif

Karyawan yang semakin puas dengan pekerjaannya dan perusahaan yang mendapatkan keuntungan karena profit yang meningkat akan saling memahami satu sama lain. Jadi, budaya kerja yang positif pun akan tercipta. Segala kemungkinan konflik perusahaan yang dapat menghambat operasional pun dapat diminimalisir.  

 

  • Menjaga Hubungan di Tiap Jajaran

Dengan adanya pengembangan karir yang baik, pihak perusahaan dan karyawan bisa saling memahami satu sama lain. Imbasnya, progres dan target bisa lebih cepat tercapai tanpa mengurangi kualitas dari output. Jika hubungan yang baik sudah terjaga di tiap jajaran, maka karyawan juga nyaman untuk berkontribusi lebih kepada perusahaan. 

 

Succession Management System untuk Pengembangan Karir Karyawan

Melihat dari manfaat pengembangan karir di atas, pihak yang diuntungkan bukan hanya pihak perusahaan, tetapi juga pihak karyawan. Dengan demikian, adanya pengembangan yang jelas mengenai karir harus diperhatikan dengan benar oleh pihak perusahaan. 

LinovHR melalui modul Succession Management dapat membantu pengembangan karir secara sistematis dalam perusahaan Anda. Fitur career path dalam Succession Management by LinovHR digunakan untuk memetakan atau menentukan hubungan dari satu jenjang karir ke jenjang karir lain yang lebih besar. 

Pihak HRD dapat melihat kandidat karyawan mana saja yang mempunyai peluang dalam pengembangan karir melalui fitur talent pool. Fitur ini akan mengumpulkan data dan informasi kandidat termasuk mengelompokkan status kandidat yang siap atau tidak siap untuk mengisi jabatan tertentu. Berdasarkan data dan informasi yang ada, HRD dapat menentukan strategi agar kandidat tertentu siap menjalani program pengembangan karir. 

Implementasi sistem yang tepat dalam pengembangan karir akan menghasilkan manfaat yang tepat sasaran. Ingin segera merasakan manfaat pengembangan karir di perusahaan Anda? Hubungi LinovHR dengan klik tautan berikut ini dan jadwalkan demo bersama tim kami!