wellness program

5 Manfaat Wellness Program untuk Perusahaan

Salah satu aset terbesar perusahaan adalah karyawan. Oleh karena itu, perusahaan selalu berupaya untuk mengelola karyawan dengan efektif. Salah satu upaya yang perusahaan lakukan adalah wellness program. Alasan terbesar untuk mengimplementasikan program ini adalah untuk meningkatkan produktivitas sehingga perusahaan dapat bersaing dengan kompetitor yang lain. 

Wellness program adalah suatu program kesehatan yang disusun perusahaan untuk penerapan gaya hidup sehat kepada karyawan melalui berbagai edukasi, jaminan kesehatan, benefit non tunai, dan lainnya. 

Tujuan utama dari program ini adalah untuk meningkatkan kesadaran mengenai kesehatan sehingga karyawan dapat hidup lebih sehat dan akhirnya mampu bekerja lebih produktif.

 

Jenis Layanan dalam Wellness Program

Kesehatan karyawan adalah faktor penting dari produktivitas. Kesuksesan suatu perusahaan bergantung kepada produktivitas dan performa karyawannya.  Ada berbagai jenis program kesehatan karyawan yang dibentuk untuk  meningkatkan kesehatan dan produktivitas karyawan.  Umumnya jenis-jenis yang diberikan bukan berbentuk tunai, contohnya: 

  1. Kelas yoga;
  2. Gym center di kantor;
  3. Makan siang sehat;
  4. Klaim medis;
  5. Senam Bersama. 
  6. Senam ibu hamil untuk karyawan wanita
  7. Olahraga bersama ( Futsal, Renang, Voli, Sepeda. Bulu Tangkis)
  8. Jogging Bersama

 

Manfaat Wellness Program untuk Perusahaan

Tujuan utama dari program kesehatan adalah membentuk karyawan yang sehat sehingga dapat bekerja lebih rajin, positif, dan produktif. Karyawan dapat merasakan manfaatnya langsung yaitu tubuh yang lebih sehat dan bugar. Sementara bagi perusahaan, berikut manfaat dari implementasi wellness program

 

Meningkatkan Produktivitas

Salah satu penyebab utama produktivitas kurang baik adalah kesehatan yang buruk. Ketika karyawan tidak sehat, karyawan selalu merasa lelah dan kurang termotivasi untuk bekerja. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Occupational and Environmental Medicine menemukan bahwa wellness program mampu meningkatkan produktivitas di antara karyawan. 

Berbagai program kesehatan mampu membantu karyawan menerapkan gaya hidup sehat. Dengan begitu kondisi fisik karyawan lebih bugar sehingga menjadi lebih fokus serta semakin termotivasi untuk menyelesaikan pekerjaan.

 

Baca Juga : Manfaat Membangun Employee Development Program

 

Meningkatkan Employee Engagement

Aktivitas berkelompok senam bersama, makan siang sehat, dan sebagainya dapat meningkatkan employee engagement. Dengan meningkatkan employee engagement yang kuat, seluruh karyawan dapat berhubungan dengan baik sehingga kinerja tim lebih optimal.  Hal ini membuat mereka merasa memiliki dampak positif pada aspek karir karyawan yang pada akhirnya akan membantu karyawan meniti jenjang karir di perusahaan.

 

Mengurangi Stres

Stres adalah bagian yang tidak bisa dihindari dalam kehidupan sehari-hari. Namun, stress berlebih menyebabkan produktivitas kerja menurun dan kesehatan karyawan. Dengan menawarkan employee wellness program, tingkat stress kerja karyawan dapat diredam sehingga perusahaan dapat meningkatkan kinerja secara maksimal. Aktivitas seperti olahraga dan meditasi dapat membantu karyawan menghilangkan stres serta merasa lebih rileks. 

 

Meningkatkan Retensi Karyawan

Jika perusahaan menawarkan program kesehatan kepada karyawan, hal ini menunjukkan kepedulian perusahaan terhadap kesehatan karyawan. Sehingga karyawan merasa semakin nyaman untuk bekerja di perusahaan. Karena karyawan merasa lebih nyaman di perusahaan, maka tingkat employee turnover dapat ditekan dan tingkat retensi karyawan akan meningkat. 

 

Meningkatkan Moral Karyawan

Wellness program akan membantu karyawan untuk berpikir lebih positif. Jika karyawan berfikir lebih positif maka hal ini akan mengarah ke lingkungan kerja yang lebih sehat dan kondusif secara holistik. Dengan demikian, lingkungan perusahaan akan menjadi baik serta moral karyawan bisa terus tetap terjaga. 

Penting untuk HR agar melakukan penyusunan setiap wellness program yang ada. Selain itu penyusunan dan perancangan wellness program harus disesuaikan dengan kemampuan perusahaan. Jangan sampai implementasinya justru akan merugikan dan menjadi beban perusahaan. 

Sebab, alokasi anggaran yang akan digunakan dalam program kesehatan tidak sedikit.  HRD dapat menyusun program kesehatan lebih detail dan sistematis dengan Software HRD dari LinovHR. 

LinovHR membantu HRD dalam mendokumentasikan segala bentuk wellness program yang berhak diakses karyawan beserta ketentuannya. Karena didukung oleh cloud bases server, informasi yang tersimpan dapat disimpan dengan aman dan diakses oleh pihak-pihak yang berwenang seperti manajer, pimpinan perusahaan, dan HRD. Dengan begitu transparansi dalam penyusunan strategi turut terjaga dengan baik. Tunggu apalagi segera hubungi LinovHR dan nikmati kemudahan mengelola karyawan sekarang juga!