Stress kerja

Tingkat Stress Karyawan Tinggi? Coba 5 Program ini untuk HRD

Bisa kah seorang karyawan merasa stress kerja? Tentu saja bisa, karyawan bukanlah robot tapi manusia yang memiliki rasa lelah dan emosi. Ada banyak faktor yang bisa membuat karyawan stress dan hal tersebut bisa juga berpengaruh pada produktifitas kerja. Misalnya saja tekanan dari perusahaan yang sudah tidak bisa diatasi dengan baik dari segi emosional karyawan.

Kalau tingkat stress sudah melampaui batas ini akan berpengaruh pada kinerja karyawan yang semakin menurun dan merugikan perusahaan. Oleh sebab itulah, HRD sebagai seseorang yang bertanggung atas segala macam yang berhubungan dengan Sumber Daya Manusia (SDM) alias karyawan dalam perusahaan harus bisa mencari program positif yang bisa membantu mengurangi tingkat stress tersebut.

Apakah tingkat stress karyawan tinggi? Coba 5 program untuk HRD berikut ini dan terapkan dalam perusahaan!

 

1.Membuat Ruang Kerja yang Nyaman

Ruang kerja bukan hanya bisa dijadikan sebagai tempat karyawan menghabiskan waktu untuk menyelesaikan pekerjaannya saja. Di ruang kerja tersebut karyawan harus bisa merasa nyaman agar tidak mudah merasa bosan, dengan begitu tingkat produktifitas pun akan semakin meningkat. Ruang kerja yang nyaman juga bisa mengurangi rasa stress karyawan secara tidak langsung. Lantas, bagaimana membuat ruang kerja yang nyaman? Anda bisa mencari banyak referensi mengenai desain ruang kerja di internet yang bisa menginspirasi.

Misal, secara sederhana Anda bisa membantu mengatur sirkulasi udara dalam ruang kerja dengan pemberian ventilasi yang baik. Atau bisa juga dengan mengatur jarak antara meja dengan meja sehingga tidak terasa pengap. Jangan lupa juga memberikan pencahayaan lampu yang baik dan cukup, bila terlalu redup malah membuat mata terasa pusing dan ngantuk, apalagi kalau selama 8 jam karyawan tersebut harus berhadapan dengan komputer.

 

2.Program Liburan Bersama

Program liburan bersama juga bisa memberikan manfaat positif untuk karyawan. Fasilitasi waktu liburan bersama dengan karyawan agar mereka bisa rehat sejenak dari rutinitas kerjanya. Ini juga bisa memberikan manfaat positif loh untuk para karyawan. Penat selama berada di kantor setidaknya bisa berkurang dan produktifitas dalam bekerja bisa semakin meningkat.

 

3.Program Konseling

Konseling tidak hanya dibutuhkan oleh siswa tingkat Menengah Pertama atau Atas saja saat. Namun konseling juga dibutuhkan oleh karyawan perusahaan. Bisa saja mereka memiliki masalah pribadi yang akhirnya mempengaruhi pada kinerjanya dalam perusahaan. Sehingga bila ingin memberikan program ini, lebih baik pekerjakan seorang psikolog handal atau bisa secara langsung dilakukan oleh seorang HRD yang memang paham apa yang dirasakan oleh karyawan tersebut.

 

Baca Juga : 5 Manfaat Program Orientasi dan Pelatihan Karyawan Baru

 

4.Program Mengatur Konsumsi Karyawan

Bila konsumsi karyawan setiap harinya ditentukan oleh perusahaan maka sebaiknya pertimbangkalan makanan yang dapat mengurangi stress. Jangan terus saja diberikan asupan karbohidrat yang malah membuat mengantuk. Coba variasikan makanan, kalau perlu konsultasikan dengan ahli gizi agar bisa mendukung kinerja karyawan.

 

5.Program Relaksasi Karyawan

Tidak perlu dilakukan terlalu sering, mungkin perusahaan bisa membuat sesi khusus tiap minggu di hari Jumat misalnya. Program relaksasi ini bisa berupa kelas Yoga yang bisa diikuti seluruh karyawan.

Itulah program yang bisa diterapkan oleh HRD pada karyawan untuk mengurangi tingkat  stress kerja karyawan. Tidak ada salahnya membantu karyawan tidak merasa stress lagi, dengan begitu perusahaan juga bisa mendapatkan manfaat positifnya.