gaji dokter

Berapa Gaji Dokter? Ini Daftar Lengkap Besaran Gaji Dokter

Gaji dokter tentunya sangat menggiurkan bagi sebagian masyarakat Indonesia. Gajinya bisa dibilang cukup tinggi dari pekerja pada umumnya.

Namun, dari gaji yang tinggi tersebut, seorang dokter juga perlu menempuh pendidikan dengan biaya yang tidak murah.

Untuk bisa menjadi seorang dokter, Anda harus menempuh pendidikan yang cukup mahal. Namun tenang saja, gaji yang didapatkan akan sepadan dengan biaya yang dikeluarkan pada saat menempuh pendidikan kedokteran. 

Gaji profesi dokter bisa sangat bervariasi tergantung dari jabatan, pengalaman, atau dari jenis dokter tersebut. Oleh sebab itu, artikel dari LinovHR berikut ini akan menjelaskan mengenai daftar gaji dokter secara lengkap.

Simak ulasannya berikut ini ya!

 

Daftar Besaran Gaji Dokter di Indonesia

Pekerjaan di bidang kesehatan memang memiliki gaji yang cukup menjanjikan. Besaran gaji perawat maupun dokter dianggap sebagai suatu profesi yang memiliki masa depan yang cerah.

Terlebih lagi, profesi dokter juga dihormati karena mereka memiliki tanggung jawab yang besar dalam membantu seseorang. Oleh sebab itu, gaji dokter terbilang cukup tinggi.

Berikut adalah beberapa daftar besaran gaji para dokter di Indonesia.

 

1. Dokter Umum

Dokter umum di beberapa daerah memiliki gaji Rp3 juta per bulan. Biasanya, gaji Rp3 juta tersebut karena dokter bekerja di puskesmas atau menjadi dokter pengganti.

Namun, gapok dokter umum adalah sekitar Rp3.849.000.

 

2. Dokter Spesialis

Selanjutnya adalah dokter spesialis. Dokter spesialis memiliki kisaran pendapatan mencapai Rp23 juta sampai Rp25 juta per bulannya. Gaji ini belum termasuk tunjangan kesehatan dan insentif.

Apabila seluruh pendapatan dokter spesialis dijumlahkan, maka pendapatan dokter spesialis bisa mencapai Rp80 juta per bulan.

 

3. Dokter Gigi

Dokter gigi adalah dokter yang menangani masalah tentang gigi manusia. Pendapatan dokter gigi bisa mencapai Rp12 juta sampai Rp30 juta setiap bulannya, gaji tersebut sudah termasuk tunjangan dan juga gaji pokok.

 

4. Dokter Bedah

Dokter bedah adalah dokter yang memiliki spesialisasi pada metode pembedahan pasien maupun obat-obatan rumah sakit.

Dokter bedah ini adalah bagian dari kedokteran spesialis yang mengobati berbagai masalah medis dengan menggunakan metode bedah.

Pendapatan dokter bedah bisa mencapai  Rp20 juta sampai Rp45 juta setiap bulannya. Gaji tersebut bisa saja lebih tinggi tergantung dari pengalaman dan rumah sakit tempat mereka bekerja.

 

payroll

 

5. Dokter Anak

Dokter anak yang bekerja di rumah sakit umum memiliki penghasilan sekitar Rp20 juta sampai Rp30 juta per bulannya. Sedangkan, dokter spesialis yang bekerja di rumah sakit swasta bisa memperoleh gaji Rp15 juta sampai Rp25 juta.

Namun, apabila sudah mencapai tingkat senior, pendaparan dokter anak bisa mencapai Rp50 juta sampai Rp75 juta perbulannya.

 

6. Dokter Hewan

Dokter hewan merupakan dokter yang menangani berbagai jenis permasalahan atau penyakit pada hewan. Pendapatan dokter hewan yaitu berkisar Rp4 juta sampai Rp10 juta per bulan.

 

Hal-hal yang Memengaruhi Gaji Dokter

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, profesi dokter adalah salah satu profesi yang sangat dibutuhkan dari waktu ke waktu. Tidak heran, gaji dokter sangatlah tinggi karena mereka sangat dibutuhkan di tengah masyarakat.

Untuk bisa menjadi seorang dokter, Anda harus melalui beberapa tahapan dengan durasi yang cukup lama. Langkah yang pertama adalah menempuh perkuliahan di jurusan kedokteran hingga mendapatkan gelar S.Ked. 

Setelah itu, Anda harus melaksanakan masa koas selama kurang lebih 2 tahun di rumah sakit atau puskesmas untuk mendapatkan gelar dokter.

Hal ini harus dilakukan mahasiswa kedokteran untuk mendapatkan izin praktik. Apabila koas ini tidak dilakukan, maka mereka belum bisa diizinkan menangani pasien.

Lalu, Anda juga harus mengikuti Ujian Kompetensi Dokter Indonesia atau disingkat dengan UKDI. Jika Anda berhasil lulus di ujian ini, Anda masih perlu melakukan magang di pelayanan kesehatan yang telah dirujuk oleh pemerintah.

Magang dilakukan selama kurang lebih 1 tahun untuk mendapatkan STR (Surat Tanda Register) dan SIP (Surat Ijin Praktek). 

Seluruh tahapan tersebut adalah langkah-langkah untuk menjadi seorang dokter. Selain itu, seorang dokter juga memiliki tanggung jawab yang tinggi karena berurusan dengan kesehatan dan nyawa manusia. Hal tersebut yang memengaruhi tingginya gaji profesi dokter.

 

Baca juga: Daftar Gaji Bidan PNS dan Non-PNS 2024

 

Mudah Kelola Gaji Dokter bersama Aplikasi Payroll LinovHR

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, menjadi seorang dokter bukanlah hal yang mudah karena membutuhkan proses dan tahapan yang panjang serta biaya yang cukup mahal.

Oleh sebab itu, sudah sepantasnya gaji profesi dokter sangat fantastis, mengingat panjangnya proses tahapan yang dilalui dan banyaknya biaya yang dikeluarkan. 

Mengingat pendapatan dokter yang terbilang cukup tinggi, maka sudah seharusnya setiap pelayanan kesehatan seperti rumah sakit atau klinik untuk memperhatikan proses penggajian yang dilakukannya.

Penggajian secara manual akan rentan pada kesalahan perhitungan gaji dan alokasi gaji. Hal ini tentunya harus dihindari karena akan merugikan kedua belah pihak.

 

payroll

 

Oleh karena itu, solusi terbaiknya adalah dengan menggunakan Aplikasi Payroll LinovHR untuk memudahkan rumah sakit dan klinik dalam melakukan perhitungan dan alokasi gaji dokter secara digital.

Melalui fitur dan modul yang terdapat pada Aplikasi Payroll LinovHR seperti Bank Payroll, Payment Method, Account Code, Payroll Component, Payroll Group, Payroll Process, Menu Employee Set, E-Payroll, Salary Slip, sampai dengan Tax Calculator, rumah sakit dan klinik dapat mengelola gaji para dokter secara cepat, tepat, dan akurat.

Hal tersebut tentunya akan mempercepat kinerja pihak manajemen rumah sakit dan klinik dalam melakukan pengelolaan gaji.

Sehingga, manajemen bisa melakukan pekerjaan lainnya dengan lebih produktif. Manajemen pun tak khawatir lagi dalam menemui kesalahan seperti human error dalam perhitungan gaji.

 

Baca Juga: Ketentuan dan Contoh Perhitungan Pajak Penghasilan (PPh21) Dokter

 

Kesimpulan

Anda sudah mengetahui gaji dokter dari yang terbesar hingga yang terkecil di Indonesia. Dokter bedah memegang ra-rata penghasilan paling tinggi sekitar Rp45 juta per bulannya. Sedangkan, dokter umum menjadi yang terkecil dengan rata-rata penghasilan berkisar Rp3 juta per bulannya.

Gaji yang besar tersebut datang bukan tanpa alasan. Untuk menjadi seorang dokter, Anda harus memiliki niat untuk mengabdi pada masyarakat dan tanggung jawab yang besar. Anda akan disumpah untuk bertanggung jawab atas profesi sebagai dokter seumur hidupnya.

Oleh karena itu, jika Anda berminat meniti karier menjadi seorang dokter, maka Anda harus mempersiapkan diri sebaik mungkin dan memilih pendidikan yang sesuai dengan spesialis yang Anda minati.

Jika Anda adalah pihak manajemen rumah sakit atau klinik yang bertanggung jawab dalam mengelola gaji dokter, Anda perlu menggunakan Aplikasi Payroll LinovHR. Dengan aplikasi, perhitungan gaji akan dilakukan dengan lebih cepat dan akurat.

Demikianlah artikel mengenai besaran pendapatan dokter. Semoga artikel dari LinovHR ini dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan Anda. Terima kasih telah membaca sampai akhir.