contoh perilaku organisasi

Perilaku Organisasi: Pengertian, Faktor, dan Cara Mengembangkannya

Tahukah Anda bahwa ada sebuah studi khusus yang mempelajari tentang organisasi?

Ya, salah satu studi tersebut yaitu tentang perilaku organisasi yang khusus untuk mempelajari tentang perilaku individu dan kelompok yang berada di dalam suatu organisasi.

Bila Anda penasaran dan ingin mengetahui lebih dalam mengenai apa yang dimaksud dengan perilaku organisasi, faktor, tujuan, manfaat, hingga cara mengembangkannya, maka kedatangan Anda ke artikel ini sudah tepat.

Dalam pembahasan ini, kita akan mengulik lebih dalam mengenai perilaku organisasi dan apa saja hal-hal yang mempengaruhinya di dalam sebuah organisasi.

Simak penjelasannya di bawah ini!

 

Pengertian Perilaku Organisasi

Jadi, apa sebenarnya perilaku organisasi itu? Terdapat beberapa definisi dari perilaku organisasi yang dikemukakan oleh para ahli.

 

Khaerul Umam

Menurut Khaerul perilaku organisasi adalah suatu studi yang mempelajari efek yang ditimbulkan dari individu, kelompok, dan struktur pada perilaku organisasi, yang berguna untuk mengaplikasikan pengetahuan tersebut untuk perkembangan dan efektivitas dari organisasi.

 

Syamsir Torang

Syamsir mengatakan bahwa perilaku organisasi adalah hal-hal yang berkaitan dengan perilaku atau tindakan yang dilakukan oleh orang-orang yang ada di dalam organisasi dan bagaimana dari tindakan tersebut, bisa memberikan pengaruh kepada performa organisasi tersebut.

 

Timothy A.Judge

Sedangkan menurut Timothy, perilaku organisasi adalah sebuah bidang studi yang bertugas untuk melakukan analisis mengenai pengaruh yang diberikan oleh suatu individu, kelompok, dan struktur pada perilaku yang ada di dalam organisasi. Tujuannya yaitu untuk meningkatkan efektivitas suatu organisasi.

 

Apabila disimpulkan maka perilaku organisasi adalah sebuah studi yang mempelajari individu maupun kelompok yang ada di dalam organisasi.

Area studi ini berkaitan dengan meneliti perilaku dari setiap individu di lingkungan kerja dan melihat dampak yang diberikan terhadap struktur pekerjaan, kinerja, komunikasi, motivasi, hingga kepemimpinan di dalam organisasi.

 

Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Organisasi

Perilaku di dalam sebuah organisasi, dipengaruhi oleh empat (4) macam faktor, yakni:

 

  1. Orang (SDM)

Orang-orang di dalam organisasi baik itu secara individu maupun kelompok, membentuk sebuah sistem sosial internal di dalam organisasi. Kelompok tersebut bisa dalam jumlah yang besar atau sedikit, dan bisa formal maupun informal.

Pada dasarnya organisasi adalah kumpulan sekelompok orang yang menjadi satu, sehingga membentuk sebuah organisasi. Maka seorang manajer organisasi harus mampu untuk mengarahkan orang-orang dengan latar pendidikan, kemampuan, dan juga cara berpikir yang berbeda dengan baik dan benar.

 

  1. Struktur 

Struktur di dalam organisasi berkaitan dengan sebuah sistem yang mengatur dan menghubungkan orang-orang yang ada di dalamnya.

Struktur organisasi yang baik, mampu membuat para pekerjanya berkoordinasi dengan baik satu sama lain. Sehingga pekerjaan mereka terbagi secara adil dan sesuai dengan kemampuan masing-masing individu.

Perusahaan atau organisasi yang sukses, pasti memiliki sebuah struktur yang kokoh dan berjalan sesuai dengan kebutuhan perusahaan atau organisasi.

 

  1. Teknologi 

Penggunaan teknologi memberikan dampak yang besar kepada sebuah pekerjaan di perusahaan maupun organisasi.

Salah satu manfaat dalam menggunakan teknologi yaitu mampu menyelesaikan lebih banyak pekerjaan dan mendapatkan hasil yang lebih baik lagi.

Sejatinya seseorang tidak bisa menyelesaikan pekerjaan hanya dengan tangan mereka. Oleh sebab itu, teknologi menyediakan sumber daya yang dapat membantu orang-orang dalam melakukan pekerjaan mereka.

 

  1. Lingkungan 

Sebuah organisasi atau perusahaan yang berdiri, berasal dari sebuah sistem besar yang memiliki banyak elemen terlibat di dalamnya, seperti pemerintahan, keluarga, dan organisasi-organisasi lain.

Semua organisasi berjalan karena adanya hubungan antara lingkungan internal dan juga eksternal. Karena sebuah organisasi tidak dapat berdiri sendiri, dan memerlukan pihak-pihak lain dalam pengoperasiannya.

Maka dari itu, segala perubahan yang terjadi pada lingkungan, akan menyebabkan tuntutan kepada organisasi yang terlibat.

 

Tujuan Perilaku Organisasi

Setiap studi yang dilakukan di dunia ini pasti memiliki sebuah tujuan yang ingin dicapai. Begitu juga dengan perilaku organisasi, terdapat beberapa tujuan yang ingin dicapai, yaitu:

  • Mengetahui faktor yang mempengaruhi kepuasan bekerja di dalam organisasi.
  • Memudahkan perusahaan atau organisasi dalam mencari talent-talent terbaik untuk perusahaan.
  • Memperkuat budaya organisasi yang ada.
  • Membantu kepemimpinan dan pemecahan masalah secara kreatif.
  • Membantu perusahaan dalam mengenal karyawan atau pekerja lebih dalam.
  • Membantu perusahaan dalam mengembangkan pemimpin yang baik bagi perusahaan.
  • Mengembangkan tim yang baik.
  • Serta meningkatkan produktivitas dalam bekerja di dalam perusahaan.

 

Baca juga: Tujuan dan Fungsi Penting Manajemen Organisasi Dalam Perusahaan

 

Manfaat Perilaku Organisasi

Berikut ini adalah manfaat yang didapatkan perusahaan dalam melakukan perilaku organisasi, diantaranya:

  • Membantu manajemen dalam memberikan pengarahan kepada karyawan dan juga tim yang dibawahinya.
  • Memudahkan perusahaan dalam mengatur dan juga membimbing karyawan dalam menyelesaikan tanggung jawabnya.
  • Memberikan motivasi kepada para pekerja untuk meningkatkan produktivitasnya dalam bekerja.
  • Membantu perusahaan dalam mengidentifikasi dan juga menyelesaikan segala permasalahan yang ada.
  • Menjaga hubungan baik, tidak hanya dengan lingkungan internal, tetapi juga dengan pihak-pihak eksternal.
  • Memudahkan perusahaan dalam mengidentifikasi tujuannya dan juga kebutuhan dari setiap karyawan yang ada.

 

Cara Mengembangkan Perilaku Organisasi

Anda tidak perlu khawatir, sebab ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengembangkan perilaku organisasi, yaitu:

  • Meningkatkan kemampuan dan keterampilan sumber daya manusia Anda.
  • Meningkatkan kualitas dan juga produktivitas di dalam perusahaan.
  • Mengikuti perkembangan zaman dan teknologi.
  • Memberdayakan dan memanfaatkan kemampuan dari sumber daya yang Anda punya.
  • Memperhatikan kesejahteraan karyawan di tempat kerja.
  • Menjunjung tinggi perilaku etis dan moral di dalam perusahaan.
  • Melakukan inovasi dan juga perubahan yang diperlukan oleh perusahaan.
  • Mengelola perbedaan dan juga keragaman yang ada di tempat kerja.

 

Baca juga: Contoh Perubahan Organisasi dan Faktor yang Mendorongnya

 

Alasan Perlu Mempelajari Perilaku Organisasi

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa studi ini berguna untuk mempelajari perilaku dari setiap individu dan juga dampak yang ditimbulkan dari perilaku tersebut kepada perusahaan.

Mempelajari ilmu ini akan membantu Anda dalam menentukan kebijakan dan juga langkah-langkah yang diperlukan untuk kemajuan perusahaan Anda.

Selain itu, studi ini juga akan membantu Anda dalam memotivasi dan mengetahui kepuasan karyawan Anda terhadap perusahaan dan manajemen yang Anda miliki.

Dengan begitu, kepuasan kerja dan juga produktivitas di dalam perusahaan bisa meningkat, sehingga memudahkan perusahaan dalam mencapai tujuannya.

 

Demikianlah pembahasan mengenai perilaku organisasi, mulai dari pengertian, faktor, cara, hingga alasan pentingnya untuk mempelajari studi ini.

Semoga Anda menjadi lebih paham mengenai peran penting dari penerapan perilaku organisasi di dalam perusahaan.

Semoga bermanfaat!