manajemen logistik

7 Fungsi Utama Manajemen Logistik dalam Perusahaan

Manajemen logistik meliputi pengelolaan informasi barang, produksi, sampai dengan distribusi barang. Tanpa pengelolaan yang baik, banyak proses apapun terkait logistik akan segera menjadi kacau balau. Apa yang dimaksud manajemen logistik? Dan apa saja fungsi utamanya dalam perusahaan? Simak ulasan berikut ini! 

 

Pengertian manajemen logistik

Manajemen logistik adalah proses pengelolaan secara strategis terkait pengadaan, penyaluran, dan penyimpanan bahan, suku cadang, atau inventori lainnya, diatur dengan sistem yang terorganisasi sedemikian rupa agar efektif dan efisien secara biaya.

Menurut Council of Supply Chain Management Professionals atau CSCMP, manajemen logistik adalah salah satu bagian dari manajemen rantai pasok yang secara efisien dan efektif merencanakan, mengimplementasikan, dan mengendalikan proses penyaluran serta penyimpanan barang, jasa, serta informasi terkait mulai dari titik awal diproduksi sampai berakhir kepada konsumen.

Manajemen logistik adalah proses yang memastikan bahwa pelanggan, jumlah, lokasi, waktu, dan harga suatu barang berada di kondisi yang tepat. Manajemen dapat mengintegrasikan seluruh bidang yang terlibat seperti bidang pemasaran, penjualan, keuangan, serta bidang teknologi informasi. Ruang lingkup dari manajemen logistik antara lain: 

  • transportasi masuk dan keluar, 
  • armada, 
  • pergudangan, 
  • penanganan material, 
  • pemenuhan pesanan, 
  • desain jaringan logistik, 
  • inventaris, 
  • perencanaan penawaran dan permintaan
  • penyedia layanan logistik bagi pihak ketiga. 

 

Baca Juga : Apa itu Diversifikasi? Berikut Pembahasannya

 

Tujuan Manajemen Logistik

Pengelolaan yang baik akan memberikan dampak yang baik pada perusahaan, terutama pada proses manajemen rantai pasok efektif. Sehingga produk selamat sampai tujuan. Adapun tujuan manajemen logistik bagi perusahaan adalah:

 

 

  • Mendukung kelancaran operasional

 

Manajemen logistik memungkinkan seluruh barang atau materi ada pada waktu dan jumlah yang juga tepat.

 

 

  • Meningkatkan efisiensi biaya 

 

Manajemen logistik memungkinkan seluruh proses terkait logistik terlaksana secara optimal serta efisien secara biaya

 

 

  • Menjaga keamanan logistik 

 

Manajemen logistik mencegah terjadinya kerugian karena pemborosan, berkurangnya jumlah barang akibat dicuri atau rusak, serta alasan lainnya. 

 

Baca Juga: Memilih Distributor Berkualitas, Perusahaan Puas!

 

7 Fungsi Utama

Dalam hal pengelolaan barang atau bahan dalam perusahaan, manajemen logistik secara garis besar memiliki tujuh fungsi utama, antara lain adalah: 

 

  • Perencanaan dan penentuan kebutuhan

 

Sebuah manajemen yang baik memiliki perencanaan yang jelas terkait proses penyaluran barang atau materi. Perencanaan pada pengelolaan logistik meliputi hal-hal seperti penetapan target, pembuatan pedoman, serta penentuan seberapa besar kebutuhan logistik pada seluruh proses. Perencanaan ini penting dilakukan supaya seluruh tahap penyaluran berjalan dengan optimal dengan biaya yang efisien.

 

 

  • Penganggaran

 

Salah satu tujuan adanya pengelolaan logistik adalah sebagai upaya untuk mengefisiensikan biaya yang ada. Karena itu, penting dilakukan penentuan standar kebutuhan finansial secara keseluruhan. 

 

 

  • Pengadaan 

 

Selain melakukan perencanaan serta penganggaran, pengelolaan logistik juga bertanggung jawab memastikan adanya barang di waktu, tempat, dan jumlah yang tepat.

 

 

  •  Penyaluran

 

Dalam proses penyelenggaraan barang atau materi, manajemen ini juga memperhatikan perihal bagaimana suatu barang atau materi bisa disimpan dengan baik sehingga kualitasnya tidak rusak. Manajemen logistik juga mengurusi perihal proses penyaluran yang efisien dan aman. 

 

 

  • Pemeliharaan 

 

Pemeliharaan dalam pengelolaan yang baik mampu memaksimalkan umur kegunaan dari barang atau materi sehingga dapat memuaskan pihak konsumen. Hal ini juga mendukung efisiensi perusahaan. 

 

Baca Juga: Apa Itu Manajemen Talenta dan Bagaimana Cara Pengelolaannya?

 

 

  • Penghapusan

 

Penghapusan barang atau materi ini merupakan salah satu aspek yang diperhatikan dalam pengelolaan logistik. Terkadang ada barang atau materi yang tidak layak digunakan lagi meskipun sudah disimpan dan dipelihara sedemikian rupa. Barang-barang tersebut pun mau tak mau harus dihapuskan. 

 

 

  • Pengendalian

 

Proses kendali terhadap mutu dan pengeluaran biaya adalah salah satu aspek penting yang diperhatikan di dalam alur logistik. Karena secara garis besar, manajemen logistik bertujuan untuk memastikan bahwa seluruh proses berjalan seoptimal mungkin dengan biaya seminimal mungkin. 

 

Komponen Manajemen Logistik

Menurut Bowersox (2002), komponen pada sistem logistik dapat mendukung kegiatan logistik agar berjalan dengan baik. Berikut komponen pendukungnya:

 

Fasilitas penyimpanan

Suatu barang disimpan di fasilitas penyimpanan seperti pabrik, gudang, dan toko pengecer. Jika menggunakan jasa dari perusahaan pengangkutan atau warehouse, maka fasilitas ini menjadi bagian terpenting.

 

Transportasi

Banyaknya barang yang dipindahkan ke fasilitas penyimpanan harus didukung oleh transportasi yang memadai dari segi keamanan, kecepatan, dan biaya.

 

Komunikasi

Adalah kegiatan yang juga penting dalam sistem logistik. Arus informasi yang cepat dan efektif dapat mendukung fasilitas, transportasi, dan persediaan.

 

Demikian adalah pemaparan tentang manajemen logistik beserta pembahasan tentang tujuan serta fungsinya. Selain itu perusahaan juga dapat menggunakan Software HR LinovHR, Dengan menggunakan LinovHR manajemen human resource dapat dilakukan dengan mudah, pengelolaan jadwal kerja (Time Management), payroll, PPh 21, performance apraisal  akan menjadi saling terintegarasi. Simak lebih lengkap Fitur LinovHR di tautan berikut ini https://www.linovhr.com/feature/

Semoga pembahasan di atas cukup bisa menggambarkan seberapa pentingnya sebuah manajemen logistik dengan manajemen yang baik dalam proses penyelenggaraan barang atau materi sehingga anda bisa mulai menerapkannya dengan baik di perusahaan anda.