distributor

Memilih Distributor Berkualitas, Perusahaan pun Puas!

Distributor menjadi pihak eksternal perusahaan yang berperan aktif dalam bisnis perusahaan khususnya perusahaan dagang. Perusahaan dagang akan terbantu untuk mendapatkan pasokan barang dagangan berkat distributor. Kualitas barang dengan perusahaan juga erat berkaitan dengan distributor. Barang berkualitas hanya akan dipasok dari distributor yang terpercaya. Oleh sebabnya kehadiran distributor teramat penting bagi perusahaan dagang. 

 

Pengertian Distributor

Distributor adalah suatu perusahaan yang suatu organisasi atau perusahaan yang memasok barang dengan skala besar atau grosir untuk perusahaan lain untuk kemudian dijual kembali. Posisi distributor berada di posisis kedua setelah produsen dalam mata rantai perdagangan. Biasanya semakin banyak barang yang dibeli perusahaan dari distributor, semakin besar potongan harga atau harga spesial yang diberikan oleh distributor. 

 

Peran Distributor bagi Perusahaan Dagang

Seperti yang diketahui, perusahaan dagang mendapatkan pasokan barang dagangan dari distributor. Saat distributor memasok suatu barang dengan kualitas terbaik, perusahaan dapat dengan mudah menjual barang dan mendapatkan keuntungan yang berlipat ganda. 

Namun jika pada awalnya suatu distributor menyalurkan barang yang cukup baik kepada perusahaan dan barang tersebut tiba-tiba berubah kualitasnya ketika sampai di konsumen, maka perusahaan menjadi pihak pertama yang diprotes oleh konsumen. Perusahaan akhirnya dapat kehilangan konsumen tetap. 

Proses distributor juga terkadang sangat berpengaruh kepada perusahaan. Contoh kondisi lainnya adalah  kerusakan barang dari proses pengiriman. Perusahaan baru saja menerima barang dari distributor. Ternyata ketika dibuka, barang mengalami kerusakan selama proses pengiriman. Kondisi ini tentunya merugikan perusahaan karena perusahaan telah membayar sejumlah biaya kepada distributor untuk barang tersebut sementara barang yang diterima hampir mustahil untuk dijual kembali.

Berdasarkan gambaran singkat dan sederhana di atas, dapat disimpulkan bahwa distributor memiliki peran penting dalam perusahaan dagang. Salah memilih distributor akan berakibat fatal bagi penilaian masyarakat terhadap perusahaan. Penilaian buruk masyarakat terhadap perusahaan akan membawa resiko kehilangan konsumen tetap hingga berkurangnya pendapatan. Jadi, perusahaan harus memperhatikan berbagai macam kriteria sebelum menentukan kerja sama dengan distributor. 

 

Baca Juga: Brand Ambassador : Solusi Branding untuk Perusahaan

 

Jenis Distributor

Walau berkaitan erat dengan perusahaan dagang yang menjual kembali barang fisik, sesungguhnya distributor tidak melulu selalu soal memasok barang. Distributor bisa saja memasok barang lain selain barang fisik yang bisa disentuh. Berdasarkan jenis produk yang didistribusikan, distributor terbagi menjadi beberapa jenis: 

Distributor Barang

Sesuai dengan namanya, distributor barang memiliki kegiatan utama untuk menjual barang dalam skala besar. Distributor barang mengantongi kepercayaan dari produsen barang untuk menjual barang dalam skala besar kepada perusahaan-perusahaan untuk dijual kembali. 

 

Distributor Jasa

Umumnya distributor jasa langsung memasok jasa mereka kepada konsumen tanpa melalui perantara. Contoh distributor jasa disekitar masyarakat adalah agen asuransi atau layanan konsultasi keuangan. 

 

Distributor Perorangan

Distributor perorangan dilakukan oleh individu tanpa campur tangan perusahaan. Multi level marketing adalah contoh sederhana dari distributor perorangan. Distributor akan mendapatkan produk utama dari produsen, kemudian menyerahkannya kepada perusahaan atau konsumen akhir tanpa bantuan produsen atau pihak manapun sama sekali. 

 

Kriteria Distributor Berkualitas

Memilih distributor berkualitas memang tidak mudah. Distributor berkualitas dan terpercaya untuk bisnis perusahaan merupakan sebuah keharusan jika ingin bisnis terus berkembang dan mencapai kesuksesan. Perusahaan harus turut bertanggung jawab kepada konsumen ketika barang dari distributor yang dijual memiliki kualitas buruk. Karenanya terdapat beberapa kriteria distributor berkualitas yang harus diperhatikan perusahaan dalam memilih distributor. Kriteria yang dimaksud sebagai berikut: 

 

Menyalurkan Produk Berkualitas

Dalam hal memilih distributor barang yang akan dijual kembali untuk memenuhi permintaan konsumen, kualitas harus dijadikan dasar pengukuran dalam memilih distributor. Apabila kualitas buruk, maka dipastikan barang yang perusahaan tidak akan laku di pasar. Sebaliknya saat distributor memasok barang yang berkualitas, barang akan cepat laku dan konsumen merasa puas dengan barang yang dijual perusahaan. 

Bisnis perusahaan diharapkan dapat bertahan dalam jangka waktu yang panjang. Kualitas barang dagangan yang akan dijual kembali menjadi taruhan utamanya. Konsumen akan kembali melakukan pembelian kedua ketika mereka merasa puas dengan kualitas yang didapatkan di pembelian sebelumnya.

 

Mempunyai Track Record Baik

Salah satu cara yang paling mudah untuk mengetahui kualitas distributor tersebut dengan melihat track record dengan para pihak yang pernah bekerjasama dengan distributor tersebut. Track record suatu distributor dapat dilihat melalui forum jual beli, komunitas, marketplace, dan lain sebagainya. 

Berdasarkan pencarian track record, perusahaan biasanya juga akan menemukan detail mengenai distributor seperti alamat dan nomor telepon distributor. Pastikan bahwa alamat tersebut valid dan distributor bisa dihubungi setiap saat ketika perusahaan akan melakukan order.

 

Harga Bersaing

Semua perusahaan menginginkan barang berkualitas dengan harga kompetitif untuk meningkatkan keuntungan mereka. Perusahaan dapat melakukan perbandingan harga dengan mempelajari secara seksama penawaran yang ditawarkan berbagai macam distributor. 

Jika mempelajari satu-satu penawaran dinilai cukup melelahkan dan memakan waktu lama, perusahaan dapat mencari jalan mudah dengan menggunakan website pembanding harga seperti telunjuk.com atau pricearea.com. Cukup masukkan jenis produk yang diinginkan, maka website tersebut akan menghimpun hasil dari perbandingan produk dari berbagai distributor. Selanjutnya tinggal memilih mana yang paling cocok harganya dengan perusahaan. 

 

Konsistensi

Konsistensi distributor untuk memenuhi order sangat berpengaruh terhadap ketersediaan stok barang di dalam bisnis. Pastikan bahwa distributor memiliki konsistensi dalam memasok barang. Ini untuk mencegah kasus apabila distributor tidak mampu memasok barang dengan lancar di tengah bisnis perusahaan.

Selain konsistensi dalam memasok barang, hal lain yang patut diperhitungkan dengan cermat mengenai konsistensi adalah kemampuan memenuhi order, jarak, sarana dan prasarana yang dimiliki, hingga jumlah tenaga kerja dari distributor.

 

Sigap dan Tanggap

Sigap dan tanggap menandakan bahwa distributor serius dan profesional dalam menjalin kerja sama dengan perusahaan. Faktor kesiapan dan ketanggapan cukup penting tak hanya pada awal pemesanan, tapi juga saat terjadi kesalahpahaman antara distributor dan perusahaan. .

Dengan sigap dan tanggap, distributor mampu merespon cepat masalah yang timbul dan ditangani sesegera mungkin, sehingga masalah cepat selesai dan tidak mengganggu proses yang lain.

 

Memiliki Kebijakan Pengembalian Barang

Dalam beberapa kasus, barang dari distributor mengalami kerusakan selama proses pengiriman. Bahkan ada beberapa kasus dimana produk cacat yang tak lolos quality control oleh distributor tetap dikirimkan kepada perusahaan. Perusahaan ujungnya akan merugi karena produk yang rusak dan cacat tak mungkin dijual kembali.

 

 Baca Juga: Nyaman dengan Produk Berkualitas berkat Quality Control

 

Barang rusak atau cacat yang sekiranya tidak dapat dijual kembali dapat dikembalikan kepada distributor dengan ketentuan tertentu. Itulah mengapa perusahaan harus memahami kebijakan pengembalian barang sebelum menjalin kerjasama dengan distributor.untuk mencegah kerugian yang tidak diinginkan kemudian hari.

Tak ada yang mudah dalam menjalankan bisnis, apalagi mencari distributor yang tepat. Diperlukan ketelitian, kegigihan dan kesabaran untuk berproses mencari distributor terbaik bagi perusahaan. Terlalu terburu-buru justru akan mengakibatkan kesalahan fatal, bukan?