professional development

Cara Membantu Tim Anda Menentukan Tujuan Professional Development

Seorang pemimpin yang baik tentunya ingin tim yang ia pimpin berhasil secara profesional dalam mencapai target yang sudah ditentukan. Tentunya hal ini tidak bisa dilakukan dengan mudah, Anda perlu untuk membuat tujuan professional development program yang bisa membantu tim mencapai tujuan serta mengembangkan kompetensi yang dimiliki oleh masing-masing anggota tim.

Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih dalam mengenai professional development yang baik, dari fungsi, tips, hingga penjelasannya. Simak penjelasan di bawah ini agar tim yang Anda pimpin bisa sukses dalam karir profesionalnya!

 

Apa Tujuan Professional Development?

Menurut Anne Jacoby, CEO Spring Street Company mengatakan bahwa professional development adalah tujuan yang dimiliki oleh setiap individu yang berguna untuk meningkatkan performa dan juga karir yang dimiliki oleh setiap individu.

Membuat sebuah tujuan atau goals untuk pengembangan profesional merupakan bagian yang sangat penting untuk membuat karir semakin baik dan berkembang. Secara sederhana professional development adalah sebuah tujuan yang Anda buat untuk fokus mengembangkan karir dan kompetensi dalam dunia kerja.

Goals atau tujuan yang Anda buat bisa seperti mendapatkan sertifikat, mempelajari kemampuan baru, naik jabatan, menambah pengalaman dalam bidang yang lain, dan hal-hal lainnya. 

Disarankan agar goals yang Anda buat sesuai dengan keadaan dan kemampuan yang Anda miliki saat ini, jangan membuat tujuan di luar batas dan kemampuan diri Anda sendiri.

 

Baca Juga: Alasan Mengapa Manajemen Perubahan Penting untuk Perusahaan 

 

Tips Membantu Tim Anda Menetapkan Tujuan Professional Development

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk membantu tim yang Anda pimpin mampu untuk menentukan tujuan pengembangan profesional.

 

Bantu Tim Anda Menentukan Tujuannya

Tips pertama yang harus dilakukan oleh Anda sebagai pemimpin di dalam sebuah tim yaitu membantu anggota tim Anda dalam menentukan tujuan profesionalnya.

Tidak semua orang mampu untuk menentukan tujuan profesionalnya. Maka dari itu, tugas Anda sebagai pemimpin yaitu membantu, membimbing, dan memberikan arahan dalam proses menentukan tujuan profesionalnya.

Cara yang bisa Anda lakukan yaitu seperti, berbicara secara personal dengan anggota yang bersangkutan, membuat jadwal meeting khusus untuk membahas hal tersebut, atau membuka percakapan tentang pengembangan karir bersama anggota tim.

 

Terapkan Metode SMART dalam Tim

Metode SMART merujuk pada Specific, Measureable, Achievable, Relevant, and Time-bound. Metode ini merupakan salah satu alat yang bisa memudahkan Anda dan juga tim dalam menentukan tujuan profesionalnya. 

Selain itu, penggunaan metode ini dalam membuat tujuan yang sudah ditetapkan untuk tetap realistis dan bisa diukur, sehingga akan membuat Anda dan juga tim tetap pada jalur yang sudah dibuat.

 

Membuat Perencanaan Tim

Dalam membuat sebuah professional development goals, dibutuhkan suatu rencana yang berguna sebagai pedoman dalam mencapai tujuan tersebut.

Sebuah perencanaan yang baik dibuat untuk menjabarkan langkah-langkah dan juga usaha yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan yang sudah dibuat. Sebuah rencana dibuat agar setiap anggota tim tetap mengetahui tujuan dan langkah yang harus mereka tempuh agar segala tujuan yang sudah dibuat bisa tercapai dengan hasil yang optimal.

Perencanaan sebuah tim akan lebih mudah untuk dilakukan dengan menggunakan bantuan sistem. Sehingga baik HRD, manajer, dan karyawan dapat memantau perkembangan rencana secara detail.

 

Fokus pada Tujuan yang Lebih Kecil

Menetapkan tujuan yang besar memang hal yang diinginkan oleh banyak orang. Namun, banyak sekali orang tidak menyadari bahwa tujuan yang besar tentunya akan memakan waktu yang besar juga untuk mencapainya.

Bahkan kebanyakan orang tidak mampu untuk mencapai tujuan yang besar dengan waktu yang singkat. Maka dari itu, sebagai pemimpin Anda harus memfokuskan tim pada tujuan-tujuan kecil yang tidak memberikan beban besar kepada anggota tim.

Fokus pada tujuan-tujuan kecil akan melatih anggota Anda untuk disiplin dan terbiasa dalam mencapai tujuan yang sudah dibuat oleh perusahaan. Dengan begitu, sedikit demi sedikit, tujuan yang besar pun akan bisa dicapai oleh tim Anda. Dalam mencapai sesuatu yang besar memang harus dilakukan secara bertahap dan tidak bisa secara langsung.

 

Fleksibel

Tips yang terakhir yaitu fleksibilitas. Di dalam dunia kerja, segala sesuatu bisa berubah dengan cepat, begitu juga dengan tujuan atau rencana yang telah Anda buat bersama dengan tim. Menjadi fleksibel artinya bisa beradaptasi dengan perubahan dengan cepat apabila memang diperlukan.

Kemampuan ini akan membantu tim Anda dalam mencapai tujuan dan bisa berkembang secara profesional dengan baik.

 

Baca Juga: Apa Benar Fleksibilitas Adalah Hal Penting dalam Pekerjaan? 

 

Apa Pentingnya Professional Development Goals?

Setelah menyimak beberapa tips di atas, tentu penting bagi Anda untuk memahami apa manfaat dari program pengembangan profesional. Dalam menentukan sebuah pengembangan profesional, tentunya ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan.

 

Meningkatkan Produktivitas

Professional development goals dapat mendorong seorang individu atau tim untuk lebih produktif lagi dalam melakukan pekerjaannya.

Ketika sebuah tujuan dibuat, maka orang-orang yang terlibat memiliki motivasi lebih untuk mencapai tujuan tersebut, yang nantinya akan membuat jenjang karir dan kompetensinya berkembang secara profesional dari waktu ke waktu.

 

Memberikan Gambaran Masa Depan

Membuat sebuah goals akan membantu Anda dalam mengetahui keadaan yang akan Anda alami di masa yang akan datang. Selain itu, membuat sebuah tujuan akan membantu Anda dalam menyusun rencana jangka panjang nantinya.

Dengan begitu Anda akan dapat dengan mudah mengidentifikasi langkah-langkah yang diperlukan untuk mencapai rencana yang sudah Anda buat tersebut.

 

Membantu Mengembangkan Kemampuan yang Dimiliki

Professional development goals akan membantu Anda dalam mengembangkan kemampuan yang Anda miliki saat ini. Manusia tidak pernah berhenti belajar selama masa hidupnya, begitu juga di dalam dunia pekerjaan. 

Semahir apapun Anda dalam pekerjaan yang Anda jalani saat ini, tetap ada ruang yang selalu dapat digunakan untuk mengasah dan mengembangkan kemampuan yang Anda punya saat ini agar menjadi lebih baik lagi.

 

Mendorong Anda Menjadi Pekerja yang Lebih Baik

Membuat suatu tujuan dapat mendorong dan memotivasi Anda untuk menjadi pekerja yang lebih berkompetensi dan lebih baik dibandingkan dengan yang tidak melakukannya.

Tujuan tersebut akan membuat Anda lebih memahami segala langkah dan rencana yang diperlukan untuk berkembang dan mencapai tujuan tersebut. Dengan begitu, nilai Anda di mata perusahaan akan semakin tinggi dan bisa meningkatkan karir yang Anda miliki saat ini.

 

Baca Juga: Cara Mengembangkan Personal Development Secara Mandiri

 

Cara-cara di atas bisa Anda terapkan agar tim yang Anda pimpin bisa mencapai kesuksesan dan juga perkembangan karir yang cemerlang. Mengingat Professional Development program merupakan hal yang cukup penting, maka pastikan Anda memahami segala tips dan manfaat yang ada. Semoga bermanfaat!