kartu bpjs hilang

Kartu BPJS hilang? Jangan Panik! Urus dengan Cara Berikut!

Sejak 2014 lalu, pemerintah Indonesia telah mewajibkan agar setiap penduduk mendaftarkan diri sebagai anggota BPJS Kesehatan untuk mendapatkan fasilitas kesehatan dengan harga yang lebih bisa dijangkau oleh seluruh kalangan masyarakat. Bahkan, pemerintah juga telah mengeluarkan Kartu Indonesia Sehat (KIS) yang tidak berbayar untuk membantu masyarakat yang tidak mampu.

Sebagai kompensasinya, setiap orang yang ingin berobat dengan fasilitas kesehatan BPJS, wajib membawa kartu BPJS untuk mendapatkan fasilitas kesehatan 1 dan fasilitas kesehatan lanjutan (meminta rujukan untuk berobat dari puskesmas atau klinik ke rumah sakit). Lalu, apa jadinya jika kartu BPJS hilang? 

 

Baca Juga: Kenali Hak Karyawan yang Menjadi Peserta BPJS Ketenagakerjaan

 

Anda tidak perlu panik, apalagi sampai berpikir bahwa Anda tidak akan mendapatkan fasilitas kesehatan melalui BPJS lagi. Bagi Anda yang kehilangan kartu BPJS kesehatan, berikut adalah langkah-langkah yang harus Anda lakukan untuk dapat berobat melalui BPJS lagi :

 

1. Cetak Ulang Kartu BPJS Kesehatan Secara Online via Aplikasi

Jika Anda adalah orang dengan mobilitas tinggi atau memiliki jadwal yang padat dan super sibuk dalam pekerjaan, Anda bisa melakukan cara pertama ini. Ya, Anda bisa mencetak ulang kartu BPJS Kesehatan Anda yang telah hilang lewat bantuan aplikasi. Nama kartu BPJS Kesehatan yang dicetak ulang via aplikasi ini adalah kartu E-ID yang fungsinya sama seperti kartu BPJS Anda. 

Nama aplikasinya adalah Aplikasi Mobile JKN. Anda bisa mengunduhnya secara gratis di Google Play Store atau di Apps Store dengan gratis, tanpa dikenakan biaya apapun. 

 

Begini langkah-langkah yang perlu Anda lakukan untuk dapat mencetak ulang kartu BPJS yang hilang :

  1. Install aplikasi Mobile JKN di ponsel Anda
  2. Daftarkan diri Anda dengan cara klik register
  3. Isi data diri Anda dengan lengkap sama seperti data Anda di kartu BPJS Kesehatan milik Anda yang telah hilang, lalu buat passwordnya
  4. Login di aplikasi tersebut dengan memasukkan username atau email, dan masukkan password yang telah Anda buat
  5. Klik menu “Cetak Kartu E-ID”
  6. Secara otomatis, permintaan cetak kartu E-ID akan dikirim via email Anda
  7. Terakhir, Anda bisa mengunduhnya, dan mencetak E-ID untuk bisa dilaminating.

 

Cara pertama ini bisa Anda lakukan hanya jika Anda telah mengetahui berapa nomor ID kartu BPJS Kesehatan Anda. Namun, jika Anda tidak mengingat berapa nomor kartu BPJS Kesehatan Anda, cara satu-satunya adalah dengan mengurusnya di cabang Kantor BPJS Kesehatan terdekat dari tempat Anda tinggal sekarang.

 

2. Mengurus Kartu BPJS Hilang Via Offline

Jika Anda lupa dan tidak mengingat berapa nomor ID Kartu BPJS Kesehatan milik Anda, ini adalah satu-satunya cara yang bisa Anda lakukan, mengurus kartu BPJS hilang via offline dengan mendatangi Kantor BPJS Kesehatan terdekat di kota Anda.

Namun, sebelum Anda datang ke Kantor BPJS Kesehatan, Anda perlu mempersiapkan beberapa kelengkapan dokumen, sebagai berikut :

  1. Kartu Keluarga (KK) yang asli dan fotokopinya
  2. Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang asli dan fotokopinya
  3. Surat Kehilangan yang Anda buat sendiri dengan dibubuhi materai Rp. 6.000 dan tanda tangan Anda di atasnya yang bisa Anda buat dengan diketik ataupun dengan tulis tangan.

 

Berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda lakukan untuk mengurus kartu BPJS hilang di Kantor BPJS Kesehatan secara offline :

  1. Datangi Kantor Cabang BPJS Kesehatan terdekat atau bisa juga di Kantor BPJS tempat Anda mendaftar
  2. Tanyakan ke bagian informasi atau ke pusat pelayanan, bagaimana cara mengurus kartu BPJS Kesehatan Anda yang hilang, dan dimana Anda bisa melakukan cetak ulang
  3. Biasanya, petugas BPJS Kesehatan akan langsung mengecek dokumen kelengkapan yang Anda miliki sebagai syarat untuk keperluan crosscheck administrasi dan identitas
  4. Jika semua dokumen Anda telah lengkap dan disetujui, Anda bisa Antri di bagian pelayanan kemudian pencetakan ulang kartu BPJS Kesehatan Anda akan segera dibuat
  5. Biasanya, proses ini hanya memakan waktu sehari saja sehingga Anda akan diminta untuk kembali lagi esok harinya untuk mengambil kartu BPJS Kesehatan Anda yang baru.

 

Baca Juga: Kenali Program BPJS Ketenagakerjaan Secara lengkap (JHT, JKM, JKK dan JP)

 

Setelah mengetahui bahwa kehilangan Kartu BPJS Kesehatan bukanlah hal besar yang tidak ada solusinya. Kini, Anda tidak perlu merasa bingung apalagi khawatir, karena meskipun jika suatu saat kartu BPJS Kesehatan Anda hilang, Anda masih tetap bisa berobat melalui dua cara di atas. Mudah, bukan? Selamat mencoba.