fleksibilitas adalah

Fleksibilitas Adalah Hal Penting untuk Pekerjaan, Benarkah Demikian?

Fleksibilitas di tempat kerja berarti mampu dengan cepat beradaptasi dengan keadaan baru yang muncul. Seorang karyawan yang fleksibel dapat mengubah rencana mereka untuk menavigasi atau mengatasi hambatan yang tidak terduga. 

Perusahaan dapat mendorong cara berpikir ini dengan memberikan kebebasan kepada karyawan untuk memilih cara mereka bekerja, termasuk jadwal dan lokasi kerja mereka sendiri, dan hal-hal  lainnya yang dapat didukung oleh kantor yang fleksibel.

Hal ini sangat penting dalam industri yang bergerak cepat dan dinamis, di mana kemampuan untuk menanggapi peristiwa yang tidak terduga dan harapan yang berubah merupakan aset berharga bagi pemberi kerja dan karyawan. 

 

Apa yang Dimaksud Fleksibilitas?

Fleksibilitas adalah kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan perubahan jangka pendek dengan cepat dan tenang, sehingga Anda dapat menangani masalah atau tugas yang tidak terduga secara efektif. 

Fleksibilitas merupakan keterampilan yang penting untuk dikuasai, baik itu berarti memiliki kemampuan untuk mengatasi stres maupun sekadar menyesuaikan diri dengan perubahan dengan cepat. Memiliki tingkat fleksibilitas yang tinggi memudahkan Anda menjalani kehidupan yang tidak terlalu menegangkan dan sibuk.

Kemampuan untuk lebih fleksibel dalam berkarir berarti Anda dapat mempelajari keterampilan baru dan memikul tanggung jawab di luar posisi awal Anda. Ini dapat mengarah pada promosi dan kemungkinan yang lebih besar dalam karier Anda. Karena fleksibilitas merupakan hal yang penting, banyak orang berjuang untuk mencapainya karena berbagai alasan.

 

Mengapa Fleksibilitas Penting untuk Anda?

Sesuai dengan pengertian fleksibilitas, hal ini adalah alat penting dalam pemecahan masalah. Proyek dengan banyak bagian yang perlu diselesaikan menjadi lebih mudah dikelola saat bekerja dengan anggota tim fleksibel yang keahliannya banyak dan dapat mudah beradaptasi. 

Dapat beradaptasi dengan perubahan mendadak berarti Anda dapat langsung bereaksi untuk menyelesaikan suatu hal yang baru dan kondisi baru tanpa menjadi lambat, dilanda stress atau burnout.

Kemampuan untuk membentuk kembali diri dan kemampuan saat di dalam tim membuat Anda dapat lebih mudah memenuhi tujuan, sehingga Anda dapat berkembang dan tumbuh bersama perusahaan terlepas dari job description yang ada. 

Fleksibilitas dalam bisnis adalah aset bagi sebagian besar pemberi kerja, dan pekerja yang siap menunjukkan kemampuan mereka untuk secara cerdas merespons lingkungan yang berubah sangat dihargai.

Tidak hanya itu, menjadi fleksibel di tempat kerja memiliki efek samping tambahan yang membuat Anda lebih bahagia di bidang lain dalam hidup Anda. Anda juga menjadi lebih mampu mencapai keseimbangan kehidupan dan kerja yang sehat. 

Keterbukaan untuk berubah menghadapkan Anda pada pengalaman baru dan ide-ide baru, serta dapat mengarahkan Anda ke jalur karier yang sebelumnya tidak Anda pertimbangkan.

 

Baca Juga: 8 Tips Memilih Jenjang Karir Menuju Karir Idaman

 

Manfaat Fleksibilitas Bagi Pekerjaan

Setelah mengetahui apa itu fleksibilitas, perlu juga bagi Anda untuk mengetahui manfaatnya. Fleksibilitas merupakan hal yang penting dalam kehidupan sehari-hari Anda karena berbagai alasan. 

Menjadi fleksibel dapat membantu Anda menghindari kewalahan atau tertahan oleh perubahan. Anda juga akan memiliki peningkatan kemampuan untuk mengarahkan perkembangan dan kehidupan pribadi Anda. Di bawah ini adalah beberapa manfaat yang bisa didapat dari fleksibilitas.

 

Kemudahan Beradaptasi untuk Berubah

Menjadi fleksibel dalam hidup Anda memungkinkan Anda untuk menyesuaikan diri dengan perubahan tanpa efek samping negatif. Misalnya, jika perusahaan Anda meminta Anda untuk bekerja shift malam setelah Anda bekerja dari jam 9-5, fleksibilitas memungkinkan Anda melakukan perubahan dengan lancar.

 

Mengelola yang Tak Terduga

Dalam banyak kasus, peristiwa tak terduga dapat membutuhkan kemampuan beradaptasi. Misalnya, Anda mungkin perlu menjemput anak Anda dari sekolah lebih awal karena mereka sakit. 

Dalam hal ini, Anda harus menanggapi situasi dengan tenang. Misalnya, Anda mungkin dapat mengatur untuk bekerja dari rumah sehingga Anda dapat menangani semua tanggung jawab Anda pada saat yang bersamaan.

 

Membantu Perkembangan Karir

Bisnis berkembang dari waktu ke waktu. Tetap fleksibel dapat memastikan bahwa Anda tumbuh bersama perusahaan dan juga mempertahankan pekerjaan Anda. 

Misalnya, jika Anda bekerja pada perusahaan majalah dan perusahaan memutuskan untuk mengubah majalah cetak beralih ke majalah digital, fleksibilitas dapat memandu Anda untuk mengubah pendekatan Anda terhadap jurnalisme dan tetap bekerja untuk penerbit.

 

Meningkatkan Kepuasan Hidup

Manfaat lain menjadi fleksibel adalah memiliki kehidupan yang lebih menyenangkan. Fleksibilitas dapat mengurangi stres dan memaparkan Anda pada pengalaman baru, yang bisa menjadi salah satu kunci menuju kehidupan yang bahagia atau karier yang sukses.

 

Baca Juga: Bagaimana Cara Resign yang Baik? Perhatikan Ulasan Berikut! 

 

Tips Menjadi Orang yang Fleksibel 

Mengembangkan fleksibilitas dalam kehidupan pribadi Anda juga dapat membantu Anda menjadi lebih fleksibel dalam pekerjaan Anda. Beberapa jenis perubahan mungkin dapat diprediksi sehingga Anda akan punya waktu untuk bersiap. 

Jenis perubahan lain seperti kehilangan pekerjaan atau cedera atau sakit dapat muncul secara tidak terduga. Namun, Anda masih dapat mempersiapkan diri untuk itu dengan menggunakan beberapa metode pengembangan diri yang sederhana. ini adalah tips yang dapat Anda terapkan untuk menjadi orang yang fleksibel.

 

Terimalah Bahwa Perubahan Tidak Bisa Dihindari

Salah satu hal terpenting yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan fleksibilitas adalah menerima bahwa perubahan selalu terjadi. 

Namun, perubahan dapat bermanfaat bagi Anda dengan memberikan Anda pengalaman baru dan secara signifikan dapat meningkatkan kondisi atau kemampuan dalam hidup Anda. Menerima bahwa perubahan akan datang dapat mengurangi beberapa ketakutan dan kecemasan yang mungkin Anda alami ketika keadaan Anda berubah. Ini dapat membantu Anda mengembangkan strategi pemecahan masalah yang baru dan efektif.

 

Menjadi Lebih Percaya Diri

Keyakinan dapat membuat merasa seperti Anda dapat menangani apa yang akan terjadi selanjutnya. Menemukan cara untuk membuat diri Anda lebih nyaman dengan perubahan potensial akan meningkatkan kepercayaan diri. 

Salah satu cara untuk melakukan ini adalah menjadi proaktif tentang perubahan yang Anda lihat dalam hidup Anda. Dengan begitu, Anda dapat meningkatkan kepercayaan diri dan menghilangkan beberapa ketakutan akan perubahan tak terduga dalam hidup.

 

Tetapkan Tujuan dan Coba Tantang Diri Sendiri

Tujuan jangka panjang membutuhkan usaha ekstra untuk mencapainya. Jika Anda memiliki tujuan, pastikan Anda membuat kemajuan yang konsisten ke arah sana. Mencapai tujuan menunjukkan dedikasi, yang merupakan sebuah kesuksesan karier. 

Bergantung pada apa tujuan Anda, Anda dapat mengambil tindakan ekstra untuk mencapainya. Misalnya, Anda dapat mengejar gelar sarjana baru untuk meningkatkan peluang Anda mendapatkan promosi jabatan atau mengubah karier.

 

Baca Juga: 7 Indikator Penilaian dalam Promosi Jabatan 

 

Atasi Keterbatasan Jika Memungkinkan

Untuk menjadi lebih fleksibel dengan mengatasi keterbatasan dalam pekerjaan Anda, Anda dapat mempertimbangkan untuk mengambil kelas atau pelatihan khusus untuk mempelajari cara mengelola situasi tertentu, bekerja dengan anggota tim, dan mengembangkan keterampilan pemecahan masalah Anda. 

Ketika Anda memiliki lebih banyak keterampilan untuk diterapkan pada tugas pekerjaan Anda saat ini, atasan Anda mungkin menawarkan Anda lebih banyak kebebasan untuk menyelesaikan pekerjaan Anda dengan cara yang paling sesuai untuk Anda.

Itulah beberapa hal seputar fleksibilitas yang perlu Anda ketahui untuk menunjang karier pekerjaan Anda di masa mendatang. Dengan begitu, Anda dapat menjadi individu yang bisa diandalkan dan juga mahir untuk menyelesaikan berbagai masalah. Semoga ulasan di atas dapat membantu!