tidak masuk kerja

Karyawan Sering Tidak Masuk Kerja Atau Bolos? Gunakan Aplikasi Absen Online!

Tidak masuk kerja atau bolos yang dilakukan karyawan merupakan salah satu penghambat kelancaran dalam bekerja. Untuk menanggapi hal ini, tentu saja perusahaan khususnya HRD harus mencari tahu penyebab dari bolos kerja dan memberikan solusi kepada mereka. Salah satu caranya, Anda bisa menggunakan sistem absensi berbasis online seperti halnya yang dimiliki oleh Aplikasi Absensi Online LinovHR.

 

Dampak Negatif Karyawan Bolos Kerja

Bolos kerja menjadi contoh ketidakdisiplinan karyawan kepada aturan perusahaan. Terdapat beberapa dampak negatif dari adanya tindakan ini. Apa saja dampaknya?

 

  • Menjadi Penghambat Penyelesaian Target

Karyawan yang tidak masuk tanpa memberikan keterangan yang jelas hanya akan menambah beban pekerjaan kepada karyawan lainnya. Akibatnya, proses penyelesaian target menjadi lebih lama dan tidak kondusif.

 

  • Menurunkan Kinerja Anggota Tim

Adanya karyawan yang bolos ini membuat kinerja dalam sebuah divisi atau anggota tim menjadi menurun. Hal ini disebabkan karena karyawan yang bolos tidak mengerjakan tugas dan tanggung jawabnya. Sehingga penyelesaian projek kerja harus menunggu karyawan masuk atau melimpahkannya kepada karyawan lain.

 

  • Mempengaruhi Karyawan Lain untuk Bolos Kerja

Jika karyawan sering bolos atau mangkir dan perusahaan tidak segera menanggulanginya, dapat mempengaruhi karyawan lainnya untuk melakukan hal yang sama. Maka dari itu, sangat penting bagi perusahaan untuk memperketat aturan absensi karyawan.

 

  • Menurunkan Citra Perusahaan

Perusahaan pastinya memiliki hubungan kerja dengan berbagai perusahaan lain dan juga para kliennya. Jika karyawan sering tidak hadir ke kantor dan melalaikan tugasnya tersebut, proses kerja dengan pihak klien akan terhambat dan membuat perusahaan kehilangan kepercayaan konsumen hingga menurunkan nama baiknya.

Baca Juga : Hal yang Harus Dilakukan HRD saat Karyawan Mangkir!

 

Aplikasi Absensi, Atasi Karyawan Bolos Kerja!

Ketidakhadiran karyawan ke kantor terkadang memiliki beberapa alasan dari yang logis sampai yang tidak. Jika karyawan ingin tidak masuk kerja, pastinya mereka harus mengajukan izin, cuti, sakit, atau datang terlambat kepada pihak HRD dan menunggu pengajuannya diterima. Namun jika hal tersebut masih dilakukan dengan cara manual, akan menjadi penghambat bagi karyawan dan memilih untuk bolos.

Solusi dari permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan Aplikasi Absensi Online seperti halnya LinovHR.

Dengan Aplikasi Absensi LinovHR, karyawan Anda bisa melakukan absensi secara mudah dan cepat. Selain itu, proses pengajuan izin, cuti, dan juga sakit bisa dilakukan secara otomatis melalui smartphone pribadinya. Sehingga HRD bisa segera menerima pengajuan karyawan dan segera untuk memprosesnya.

Penggunaan absensi online ini menjadi solusi bagi perusahaan untuk meminimalisir karyawan untuk bolos dan meningkatkan kedisiplinan.

 

Baca Juga : Cara Membuat dan Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja

 

Cara Kerja Aplikasi Absensi

Aplikasi absensi LinovHR dapat melakukan seluruh proses pengerjaan secara otomatis. Berbagai fitur yang dihadirkan dalam aplikasi ini akan membuat karyawan dan juga HRD bisa mengaksesnya secara mudah. Berikut ini terdapat cara aplikasi absensi online LinovHR bekerja.

 

Pengelolaan Status Kehadiran Karyawan

Status kehadiran karyawan dapat dijadikan sebagai acuan untuk menghitung jumlah gaji hingga proses penilaian karyawan. Dengan aplikasi absensi online LinovHR, Anda bisa mengakses menu Timesheet untuk mengelola catatan kehadiran karyawan. 

HRD bisa menginput data kehadiran karyawan untuk dibandingkan dengan jadwal kerja mereka. Sehingga pengelolaan tersebut akan menghasilkan status kehadiran karyawan yang akurat.

 

Pengaturan Jadwal Kerja Karyawan

Dalam menentukan jadwal kerja karyawan haruslah disusun dengan baik agar dalam sehari mereka bisa efektif dalam menyelesaikan pekerjaan. 

Melalui fitur Time Group, Anda bisa membuat jadwal kerja karyawan dengan mengelompokkan karyawan yang memiliki jadwal yang sema serta mengelola status kehadiran karyawan. Lalu, data tersebut akan dibandingkan agar bisa mendapatkan status kehadiran.

 

Fitur Calendar untuk Menampilkan Setiap Agenda

Selain bekerja, perusahaan memiliki agenda lain yang harus dihadiri oleh para manajer hingga seluruh karyawan. Dengan fitur Calendar ini, manajemen perusahaan bisa menentukan waktu libur dan juga setiap agenda yang harus mereka hadiri dan karyawan bisa melihatnya dengan mudah hanya dengan mengakses aplikasi.

 

Baca Juga : Inilah Rumus Membuat Jadwal Shift Kerja yang Efektif!

 

Mengganti Jadwal Kerja dengan Fitur Schedule Exception

Jika dalam sehari karyawan Anda tidak bisa masuk kerja karena adanya urusan penting yang mendadak, mereka bisa mengganti jadwal kerja di hari lain atau menukarnya jadwal dengan kerja rekan kerja dengan fitur Schedule Exception. Dengan fitur ini, perusahaan juga akan sangat terbantu apalagi jika Anda menerapkan sistem kerja shift.

 

Mengatur Cuti Karyawan

Cuti bisa dikatakan sebagai hak yang bisa karyawan dapatkan. Melalui fitur Leaves pada aplikasi absensi online LinovHR, Anda bisa mengatur konfigurasi cuti untuk menentukan kuota cuti, jangka waktu cuti, dan memilih siapa saja yang berhak untuk mendapatkan cuti.

 

Pengajuan Izin Kerja Secara Online

Karyawan bisa mengajukan izin untuk datang terlambat atau pulang lebih cepat dengan mengandalkan fitur Permit Request. Jadi, Anda bisa menyesuaikan kehadiran karyawan dengan jumlah jam kerja mereka secara mudah.

 

Mengajukan Cuti Melalui Fitur Leave

Fitur Leave pada aplikasi ini dapat digunakan karyawan untuk mengajukan cuti dan melihat sisa kuota cuti yang mereka punya. Jadi, sebelum mengajukan, mereka bisa melihat jumlah jatah cuti sehingga bisa mengajukan cuti pada waktu yang tepat.

 

Mengelola Waktu Lembur

Karena tidak terselesaikan pekerjaan, karyawan akan mengajukan lembur kepada HRD. Pengajuan ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan fitur Overtime Request. Lalu, admin atau HRD yang sedang bertugas bisa segera mengurus pengajuan tersebut.

 

LinovHR Solusi untuk Meningkatkan Kehadiran Karyawan!

Dari pembahasan di atas, karyawan yang bolos akan mempengaruhi produktivitas kerja di perusahaan. Hal ini menyebabkan terhambatnya perusahaan untuk mencapai tujuannya. Dengan begitu, solusi terbaik untuk meminimalisir karyawan tidak masuk kerja adalah dengan menggunakan aplikasi absensi online dari LinovHR.

Aplikasi ini dapat menyesuaikan kebutuhan perusahaan baik yang berskala besar maupun berskala kecil. Seluruh proses kerja yang berkaitan dengan kehadiran karyawan bisa dikerjakan melalui satu aplikasi dengan proses pengerjaan yang sangat mudah dan cepat.

Segera gunakan aplikasi absensi online LinovHR dan atasi karyawan yang sering tidak masuk kerja atau bolos kerja!