5 Manfaat Sistem Cloud Computing bagi HR, Apa Saja?

.

Newslater

Newsletter

Isi Artikel

Bagikan Artikel Ini :

sistem cloud computing
Isi Artikel

Banyak perusahaan sekarang mulai beralih ke sistem cloud computing untuk pengelolaan fungsi HR mereka. 

Sistem ini merupakan solusi terbaik bagi perusahaan yang menginginkan kemudahan dalam mengelola sumber daya manusia, seperti mengelola informasi karyawan hingga sistem penggajian.

Dalam artikel ini, kita akan membahas sistem cloud computing HR dari LinoVHR sebagai solusi untuk mempermudah kerja HR di perusahaan.

 

 

Mengapa Sistem Cloud Computing Penting?

Sistem cloud computing adalah model pengelolaan dan penyediaan sumber daya komputasi melalui jaringan internet.

Cloud computing memungkinkan pengguna untuk mengakses dan menggunakan sumber daya komputasi, seperti server, penyimpanan data, jaringan, perangkat lunak, dan layanan lainnya.

Akses dapat dilakukan secara fleksibel dan sesuai kebutuhan, tanpa perlu memiliki infrastruktur komputer fisik sendiri.

Karena kemudahan ini membuat banyak perusahaan beralih pada sistem cloud computing, termasuk dalam mengelola urusan HR.

Berikut beberapa  hasil riset terkait cloud computing yaitu:

  • Melansir dari cloudwars.net, sebanyak 48% perusahaan mempercayakan cloud computing untuk menyimpan data rahasia dan paling penting milik mereka.
  • Masih merujuk dari sumber yang sama, sebanyak 92% perusahaan memiliki strategi multi-cloud yang memungkinkan perusahaan mempunyai beberapa penyedia layanan cloud. 
  • Mengutip dari leftronic.com  , 90% perusahaan menggunakan layanan cloud.

Tren di atas menunjukkan popularitas cloud computing bukannya tanpa alasan. Sistem Cloud Computing menjadi sebuah sistem yang ideal untuk divisi HR. 

 

Manfaat Sistem Cloud Computing bagi HR

Semua permasalahan dan kompleksitas HRD bisa dilakukan melalui integrasi cloud computing.

Fungsi-fungsi yang bisa diaplikasikan dengan sistem ini kedalam ruang lingkup HR, di antaranya:

 

1. Membuat Proses Rekrutmen Lebih Efektif

Sudah seharusnya perusahaan menyediakan website yang user friendly sehingga para pelamar dapat lebih mudah mengisi data pribadi mereka.

Salah satu cara yang dapat dilakukan perusahaan untuk membuat sistem rekrutmen jadi lebih efektif adalah dengan menggunakan Modul Rekrutmen dari LinovHR.

Lantas, apa itu Modul Recruitment LinovHR?  

Modul Recruitment  LinovHR adalah sistem yang akan melakukan perubahan terhadap sistem rekrutmen dan talent management dimiliki oleh perusahaan Anda, dari manual menjadi otomatis.

Modul ini akan mengotomatisasi seluruh proses rekrutmen yang perusahaan rencanakan mulai dari tahap seleksi, interview, hingga tahap akhir.   

Sistem cloud computing pada Modul Recruitment dari LinovHR dilengkapi dengan berbagai fitur yang mendukung proses rekrutmen menjadi efektif, seperti:

  • Manpower Planning: memaksimalkan kinerja manajemen HR dalam melakukan perencanaan perekrutan karyawan
  • Recruitment Request: membantu pengajuan request untuk melakukan proses rekrutmen pada posisi terkait.
  • Stage: berperan dalam mengelola proses rekrutmen mulai dari penyerahan lamaran, assessment, hingga proses interview. 

Dengan menggunakan Modul Recruitment dari LinovHR, HRD bisa memonitor perkembangan proses rekrutmen, mulai dari lamaran, interview, hingga pemberian kontrak.

Selain itu, juga memudahkan HRD mendapatkan kandidat terbaik sesuai kebutuhan perusahaan. 

 

Baca Juga: Proses Rekrutmen Lebih Mudah Dengan LinovHR

 

2. Mengelola Payroll Lebih Cepat

Sistem penggajian yang mudah untuk dikelola dan tidak memakan banyak waktu dalam prosesnya merupakan impian hampir setiap perusahaan.

Untuk mewujudkan hal tersebut, perusahaan perlu melakukan perubahan terhadap sistem penggajian yakni dengan menggunakan Modul Payroll LinovHR.   

Modul ini sudah banyak digunakan oleh berbagai perusahaan besar di Indonesia dalam pengelolaan gaji dan administrasi HRD.

Sebab, modul  ini mampu mengotomatisasi hal-hal yang berkaitan dengan administrasi HRD, mulai dari sistem payroll karyawn, hingga pengelolaan Pajak Penghasilan (PPh21) dan BPJS, dan lain-lain. 

Modul Payroll LinovHR adalah sistem berbasis web yang dirancang dengan tampilan sederhana sehingga mudah dipahami oleh pengguna.

Tak hanya itu, sistem ini juga dapat membantu perusahaan dalam menilai kinerja dan produktivitas karyawan dengan mudah, tepat, dan akurat. 

Melalui modul ini, HRD dapat menginput data dengan nyaman tanpa khawatir akan terjadi human error karena seluruh sistem sudah dikelola otomatis.

 

3. Evaluasi Kinerja Karyawan Menjadi Tepat

Di setiap perusahaan, kegiatan evaluasi kinerja karyawan merupakan salah satu aspek penting untuk mendukung pertumbuhan perusahaan.

Evaluasi karyawan ini dilakukan untuk mengetahui seberapa jauh kinerja karyawan dalam mencapai tujuan perusahaan.

Agar kegiatan evaluasi karyawan dapat berjalan sukses, perusahaan perlu mengandalkan sistem yang tepat. 

Kegiatan evaluasi atau penilaian kinerja karyawan bukanlah proses yang mudah untuk dilakukan.

Akan tetapi, dengan menggunakan sistem cloud computing yang tepat seperti Modul Performance Management dari LinovHR, maka evaluasi kinerja karyawan dapat berjalan lebih mudah, efektif, dan hasilnya objektif. 

Melalui Modul Performance Management System LinovHR, perusahaan bisa lebih efektif melakukan berbagai kegiatan terkait performance management karena adanya dukungan fitur-fitur seperti berikut ini:

  • Performance Appraisal: berfungsi untuk mereview seluruh kinerja karyawan secara otomatis
  • Performance Goals: membantu menentukan dan mengetahui sejauh mana kemajuan yang dicapai perusahaan dalam mencapai tujuannya. 
  • Performance Feedback: mengelola masukan atau feedback dari seluruh karyawan dalam rangka memberikan feedback untuk rekan kerja, manajer, atau dirinya merek sendiri. 
  • Result: digunakan perusahaan untuk melihat hasil performance review dari individu, unit divisi, maupun departemen.

Selain diatas, masih ada banyak lagi fitur-fitur yang terdapat di dalam Modul Performance Management LinovHR.

Melalui modul ini, proses evaluasi kinerja karyawan dapat berjalan lebih efektif. 

 

4. Mengatur Pelatihan Karyawan Jadi Lebih Mudah

Memiliki Sumber Daya Manusia yang unggul merupakan impian seluruh perusahaan.

Sebab, kualitas SDM yg unggul dapat membantu perusahaan mencapai tujuannya secara lebih cepat.

Tak hanya itu, SDM yg unggul biasanya memiliki performa kerja yang jauh lebih baik.

Oleh sebab itu, penting bagi manajemen SDM untuk merencanakan program pelatihan dan pengembangan yang kepada karyawan. 

Untuk membuat program pelatihan dan pengembangan karyawan jadi lebih mudah, manajemen SDM dapat mengandalkan Modul Learning Management System dari LinovHR.

Modul ini dapat membantu departemen HR kelola segala hal yang berhubungan dengan kegiatan pembelajaran dan pengembangan yang ada di perusahaan.

Program pelatihan dan pengembangan ini penting untuk diselenggarakan dalam rangka meningkatkan kapabilitas, skill, dan kompetensi jajaran karyawan.

Melalui modul ini, HRD dapat mengelola keseluruhan program pelatihan mulai dari menghitung estimasi biaya yang sudah dikeluarkan hingga mengukur skill dan kompetensi apa saja yang akan dicapai, dan sebagainya.  

Data karyawan yang terkumpul di cloud bisa digunakan untuk melihat karyawan yang belum, sedang, dan sudah menjalani program training perusahaan.

Karyawan juga bisa mendaftar training online melalui perangkat mereka sesuai dengan kebutuhan dan jadwal kerja departemen bersangkutan.

 

Baca Juga: Manfaat Program Orientasi Dan Pelatihan Bagi Karyawan Baru

 

5. Menyimpan Data Karyawan dengan Baik

Metode pengarsipan berkas secara manual untuk penyimpanan data karyawan sudah tidak relevan lagi pada saat ini.

Bahkan dapat meningkatkan risiko kehilangan data atau masalah serius seperti kebocoran informasi.

Oleh karena itu, sangat penting bagi HRD untuk beralih ke penggunaan sistem cerdas guna mempermudah dan menjamin pengelolaan data karyawan perusahaan.

Modul Personal Administration LinovHR merupakan solusi yang tepat untuk meningkatkan kinerja pengelolaan data perusahaan dengan lebih efektif dan efisien.

Dengan fitur-fitur yang solutif dalam aplikasi ini, HRD tidak hanya dimudahkan dalam mengatur data karyawan, tetapi juga dalam mencatat kehadiran karyawan, mengatur reimbursement, serta mengelola informasi gaji karyawan.

Selain itu, pihak HRD juga dapat mencatat dan memberikan penghargaan atau hukuman kepada karyawan berdasarkan kinerja mereka selama periode tertentu.

Semua kegiatan tersebut dapat dilakukan melalui fitur manajemen penghargaan dan hukuman dalam modul dari LinovHR.

 

Permudah Kerja HR dengan Sistem Cloud Computing dari LinovHR

 

software hris

 

Alasan utama mengapa perusahaan harus menggunakan sistem cloud computing HR adalah untuk menyederhanakan dan mempercepat pengelolaan karyawan.

Penggunaan sistem juga merupakan bagian dari transformasi digital yang penting bagi perusahaan.

Namun, saat Anda ingin mengadopsi perangkat lunak HRIS di perusahaan, pastikan bahwa sistem tersebut dapat memenuhi kebutuhan khusus perusahaan Anda.

Pastikan bahwa HRIS (human resources information system) yang Anda pilih tidak hanya membuat pekerjaan HR menjadi lebih rumit.

Pilihlah HRIS yang memiliki modul dan fitur yang lengkap. Jangan lupa untuk melihat seberapa mudah digunakan antarmuka yang ditawarkan.

Jika Anda mencari HRIS yang menyediakan modul lengkap dan mudah digunakan, Software HRIS LinovHR adalah solusinya.

Software HRIS LinovHR dilengkapi dengan 13 modul dan puluhan fitur yang terintegrasi.

Dengan ke-13 modul tersebut, Anda dapat mengelola data perusahaan, karyawan, penggajian, absensi, dan merencanakan keberhasilan perusahaan Anda dalam satu tempat.

Seluruh kemudahan mengenai pengelolaan sumber daya manusia (SDM) perusahaan terdapat pada Software HRIS LinovHR. Tunggu apa lagi? Gunakan sekarang juga!

Tentang Penulis

Picture of Sella Melati
Sella Melati

Cuma senang menulis, yang suka nonton sama traveling
Follow them on Linkedin

Bagikan Artikel Ini :

Related Articles

Newslater

Newsletter

Tentang Penulis

Picture of Sella Melati
Sella Melati

Cuma senang menulis, yang suka nonton sama traveling
Follow them on Linkedin

Artikel Terbaru

Telusuri informasi dan solusi HR di sini!

Subscribe newsletter LinovHR sekarang, ikuti perkembangan tren HR dan dunia kerja terkini agar jadi yang terdepan di industri

Newsletter