cloud computing

Sistem Cloud Computing bagi HR, Satu Solusi untuk Semua Masalah

Setelah kita mengenal cloud computing dan manfaatnya bagi perusahaan, pada artikel ini kita akan membahas bagaimana Sistem Cloud Computing menjadi sebuah sistem untuk divisi HR. Banyak perusahaan sekarang mulai beralih ke cloud computing untuk pengelolaan fungsi HR mereka. Beberapa hasil riset yang dilakukan oleh berbagai institusi menghasilkan data berikut:

  • Perusahaan-perusahaan yang memiliki sistem HR yang ditingkatkan (upgrade) mendapatkan penghematan biaya sebesar 22% per karyawan.

  • Pengeluaran perusahaan untuk software HR berbasiskan cloud bertumbuh lebih cepat daripada sistem HR berbasiskan instalasi atau di tempat kerja, dan software HR berbasiskan cloud diperkirakan menghabiskan 50% atau lebih dari total pengeluaran di bidang teknologi di tahun 2017.

  • 48% dari pelaku dan profesional HR berniat menggantikan software mereka dengan software HR berbasiskan cloud di tahun 2018.

  • 54% dari pelaku dan profesional HR yang berniat menggantikan software mereka dengan software HR berbasiskan cloud tahun depan mengatakan fungsi dan kemampuan yang lebih baik sebagai pertimbangan utama.

Tren di atas menunjukkan popularitas cloud computing bukannya tanpa alasan. Semua permasalahan dan kompleksitas HRD bisa dilakukan melalui integrasi cloud computing. Fungsi-fungsi yang bisa diaplikasikan dengan teknologi ini, di antaranya:

1. Rekrutmen

Menjadi lebih mudah dengan mengijinkan para pelamar kerja mengisi data pribadi di website rekrutmen. Dengan analytic tools yang tersedia HRD bisa memonitor perkembangan proses rekrutmen, mulai dari aplikasi, interview, hingga pemberian kontrak. Scanning atau pemindaian pelamar pun bisa dilakukan dengan mudah, untuk memastikan tidak terjadi aplikasi ganda. Data dan kinerja karyawan yang sudah ada pun bisa diolah untuk menjadi perekrutan internal.

Baca Juga: Proses Rekrutmen Lebih Mudah Dengan Software HRD Indonesia

2. Payroll

Sistem penggajian juga menjadi lebih mudah. Karyawan bisa melihat data keuangan pribadi mereka, mulai dari gaji pokok, tunjangan, asuransi, insentif, bonus hingga pemotongan dan kas bon. Aplikasi cloud computing juga bisa memampukan karyawan untuk mengajukan pertanyaan dan menerima respons dari HRD dengan lebih nyaman tanpa mengantre (melalui sistem dan email).

3. Evaluasi

Perusahaan bisa memasukkan sistem kompensasi berdasarkan kinerja (promosi, perjalanan dengan biaya perusahaan, kontes, dan lainnya) sehingga karyawan bisa secara pro aktif memantau progres dan memacu motivasi pribadi mereka. Perusahaan juga bisa melakukan evaluasi secara keseluruhan dengan membuat daftar karyawan pencapai target, nominasi karyawan terbaik, atau semacamnya.

 

4. Training dan Development

Masalah lain yang bisa diselesaikan adalah juga merupakan salah satu fungsi utama HRD, yaitu mengembangkan potensi karyawan melalui pelatihan, seminar, dan program lainnya. Data karyawan yang terkumpul di cloud bisa digunakan untuk melihat karyawan yang belum, sedang, dan sudah menjalani program training perusahaan secara berjenjang. Karyawan juga bisa mendaftar training online melalui perangkat mereka sesuai dengan kebutuhan dan jadwal kerja departemen bersangkutan.

Baca Juga: Manfaat Program Orientasi Dan Pelatihan Bagi Karyawan Baru

5. Kepatuhan / Compliance

Cloud computing juga membuat update peraturan yang berlaku menjadi lebih cepat. Penyedia jasa cloud computing senantiasa berhubungan degan pemerintah untuk menjamin teknologi mereka patuh terhadap peraturan terbaru di bidang administrasi, perpajakan, atau lainnya, sebagai bagian dari jaminan kepuasan pelanggan.

Perusahaan sebagai pengguna juga bisa membuat aturan HRD internal dalam sistem tersebut yang memungkinkan pembuatan keputusan secara otomatis. Sebagai contoh, karyawan bagian Sales yang biasa bergelut dengan target bisa mendapatkan peringatan otomatis jika data penjualan tidak diinput setiap hari dan/atau target mingguan/bulanan/tahunan belum tercapai sedangkan sudah mendekati tanggal penutupan pencatatan.

6. Pemutusan Hubungan Kerja

Seperti contoh sebelumnya, data HRD mengenai karyawan yang tersimpan bisa dibuat analisa otomatis untuk mengeluarkan rekomendasi karyawan yang akan dieliminasi karena kinerja yang kurang sesuai, masalah disiplin, atau faktor lainnya.

Untuk saat ini, teknologi cloud computing untuk HRD menjadi bagian yang memiliki peran yang cukup signifikan untuk membuat sistem HRD lebih baik. Namun, itu semua tidaklah cukup. Diperlukan dedikasi dan kerja sama untuk membuat teknologi ini lebih sempurna. LinovHR merupakan Software HR berbasis web yang memiliki itu semua. Dapat membuat sistem HR dan Payroll anda menjadi lebih baik.