Sociopreneur

Sociopreneur: Tidak Hanya Cari Cuan, Tetapi Juga Bangun Kehidupan

Menjalan kegiatan bisnis tentunya dilakukan untuk mendapatkan keuntungan yang besar. Namun pernahkah Anda bayangkan terdapat bisnis yang mempergunakan seluruh keuntungan tersebut untuk kegiatan sosial kehidupan? Istilah bisnis tersebut bisa Anda kenal dengan sociopreneur.

 

Apa itu Sociopreneur?

Sociopreneur berasal dari dua kata yaitu social dan entrepreneur, yang jika diartikan sociopreneur adalah seseorang yang menjalankan kegiatan bisnis atau wirausaha sembari berfokus untuk melahirkan dampak sosial di masyarakat.

Dalam praktiknya, pebisnis ini memiliki 2 fokus utama yaitu cara untuk mendapatkan keuntungan dan bagaimana keuntungan tersebut dapat menciptakan dampak positif di masyarakat dengan cara membantu dalam mencari solusi dari setiap permasalahan di masyarakat.

Di Indonesia sendiri, terdapat berbagai contoh usaha sociopreneur yang pastinya sudah sering Anda temui. Contoh dari usaha tersebut antara lain usaha kerajinan tangan, badan penggalangan dana seperti Kitabisa.com, atau organisasi energi dan lingkungan seperti Waste4Change.

 

Apa Perbedaan Sociopreneur dan Entrepreneur Biasa?

Istilah antara sociopreneur dan entrepreneur terkadang masih suka disama artikan, padahal sudah sangat jelas bahwa keduanya memiliki pengertian yang berbeda-beda.

Seperti pada penjelasan di atas bahwa sociopreneur adalah seseorang yang menjalankan kegiatan bisnis untuk membantu kegiatan sosial masyarakat. Sedangkan entrepreneur biasa adalah seorang yang memiliki usaha dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan dari usaha yang ia jalankan untuk kepentingan pribadi.

Jika dilihat keuda istilah di atas memiliki kegiatan yang sama yaitu menjalankan kegiatan bisnis. Namun perbedaannya dapat dilihat dari skala prioritasnya dan tujuan dari menjalankan usaha tersebut.

 

Baca Juga : Apa itu HAKI dan Mengapa Perusahaan Anda Membutuhkannya? 

 

Keuntungan Menjadi Sociopreneur

Memiliki bisnis yang dapat menciptakan kesejahteraan dan kebahagiaan bagi orang banyak pastinya terdapat kebahagiaan tersendiri. Berikut ini terdapat beberapa keuntungan untuk menjadi sociopreneur. Apa saja keuntungan tersebut?

 

Dapat Bermanfaat Bagi Orang Banyak

Bisnis yang dibangun ini tidak hanya semata untuk mencari keuntungan pribadi. Sebagai pemilik bisnis, pastinya akan memutar otaknya untuk menciptakan keuntungan agar dapat memenuhi kebutuhan orang banyak dan menciptakan nilai yang baik di masyarakat. Sehingga, sociopreneur tentunya dapat bermanfaat atau berguna bagi banyak orang.

 

Menjadi Sosok yang Menginspirasi

Selain bermanfaat bagi banyak orang, menjadi seorang sociopreneur dapat menjadikan sosok inspiratif bagi banyak orang. Hal ini disebabkan karena kegiatan yang dijalankan memiliki dampak positif bagi keberlangsungan hidup orang banyak.

Tentunya tidak banyak orang yang bisa menjalankan kegiatan mulia ini dengan sungguh-sungguh. Maka dari itu, banyak orang yang ingin belajar dari sosok sociopreneur.

 

Meningkatkan Kepedulian Konsumen

Saat ini tingkat kepedulian masyarakat tentang kesejahteraan sosial sangatlah tinggi, apalagi hal tersebut diiringi dengan pandemi virus korona yang belum usai.

Dengan adanya sociopreneur, konsumen akan merasa bahwa uang yang mereka belanjakan pastinya akan disalurkan kepada orang-orang yang membutuhkan. Sehingga hal ini dapat meningkatkan kepedulian konsumen serta meningkatkan penjualan produk.

 

Menciptakan Hubungan di Luar Tujuan Ekonomi

Bisnis yang bergerak di bidang sosial akan meningkatkan hubungan yang kuat antara individu dalam bidang sosial dan ekonomi .

Selain itu, bisnis ini dapat membangun hubungan yang melebihi batas geografis dan menciptakan peluang untuk membentuk hubungan baik antar dua negara dengan membantu orang-orang yang terpinggirkan, serta tentu akan meningkatkan aktivitas kegiatan ekonomi di dua negara.

 

Cara Menjadi Sociopreneur

Selain memiliki keahlian dalam berbisnis, terdapat beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk membangun bisnis dalam bidang sosial ini. Simak tips di bawah ini!

 

Memahami Isu yang Mau Diangkat

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memahami isu apa yang ingin diangkat. Untuk memahami isu apa yang ingin diangkat, tentukanlah target dan cari tahu masalah apa yang ingin diselesaikan.

Dengan mengetahui kedua komponen tersebut, Anda bisa dengan mudah untuk menentukan isu apa yang ingin diangkat dan bisnis yang dijalankan bisa memberikan dampak yang besar.

 

Riset

Setelah mengetahui tentang isu yang ingin diangkat, lakukanlah riset secara keseluruhan mulai dari target pasar hingga bagaimana bisnis bisa menyelesaikan masalah. Cari tahu tentang bisnis atau organisasi dengan konsep yang sama yang sekiranya dapat melakukan kolaborasi dengan bisnis Anda.

 

Buatlah Konsep yang Unik!

Buatlah secara matang tentang konsep bisnis yang akan dibuat. Usahakan untuk membuat konsep yang unik dan belum pernah diterapkan oleh organisasi lain. Konsep unik tersebut dapat menarik perhatian konsep dan mendapatkan pengalaman yang luar biasa saat membeli dan menggunakan produk Anda.

 

Baca Juga : Pengertian, Contoh, dam Kiat Pemasaran UMKM

 

Tentukan Model Bisnis

Penentuan model bisnis dilakukan agar bisnis yang dijalankan bisa lebih terarah. Dari sini, Anda bisa menentukan seberapa luas jangkauan bisnis dan dampak apa yang akan diberikan.

 

Tentukan Jenis Pendanaan Apa Untuk Bisnis

Tentukanlah jenis pendanaan apa yang akan digunakan untuk menjalankan bisnis, apakah dana tersebut didapatkan dari dana pribadi, pinjaman bank, mencari investor, atau pinjaman dari keluarga/teman. Dengan mengetahui jenis pendanaan ini, Anda bisa dengan mudah untuk menentukan cara yang tepat untuk mengatur dan mengelola pengeluaran bisnis secara efektif.

 

Lakukan Secara Transparan

Karena bisnis yang dilakukan memiliki tujuan untuk mensejahterakan orang banyak, tentu saja Anda harus melakukan secara transparan agar tidak memunculkan kecurigaan berbagai pihak.

Cara ini bisa Anda lakukan dengan cara menampilkan pemasukan yang didapatkan dan kepada siapa pemasukan tersebut disalurkan.

 

Gunakan Media Sosial

Media sosial saat ini menjadi tempat paling efektif untuk menyebarkan informasi. Agar bisnis sosial ini bisa diketahui oleh banyak orang, manfaatkanlah media sosial untuk mengiklankan bisnis Anda dan menyebarkan kegiatan sosial yang dilakukan.

Menjalani sebuah bisnis yang bertujuan untuk membahagiakan banyak orang pastinya terdapat kepuasan tersendiri. Selain memikirkan keuntungan yang akan didapatkan, sociopreneur juga memikirkan apakah bisnis tersebut bisa memberikan dampak positif terhadap orang banyak.

 

Baca Juga: Pengertian Pembangunan Berkelanjutan Tujuan, dan Contohnya

 

Karena pegiat bisnis di bidang sosial masih sedikit dibandingkan dengan bisnis pada umumnya membuat sociopreneur adalah bisnis yang sangat dibutuhkan di masyarakat khususnya di negara-negara berkembang. Terdapat banyak keuntungan yang bisa didapatkan dari bisnis sosial tersebut. Apakah Anda tertarik?