offering kerja

Kiat Memberikan Offering Kerja Kepada Kandidat Unggulan

Penawaran kerja menjadi tahap akhir dalam proses pencarian kandidat untuk ditempatkan dalam suatu posisi di perusahaan. Hal merupakan tawaran yang diberikan kepada perusahaan kepada kandidat yang terpilih meliputi penawaran pekerjaan, gaji, tunjangan hingga tanggung jawab pekerjaan.

 

Mengapa Memberikan Offering Kerja Kepada Kandidat?

Seperti pembahasan sebelumnya, offering merupakan penawaran kerja kepada kandidat. Penawaran ini bisa dilakukan setelah kandidat melamar dan mengikuti rangkaian proses rekrutmen, atau bisa juga perusahaan mencari kandidat karyawan sendiri.

Alasan perusahaan langsung memberikan offering kepada kandidat karena memang perusahaan sedang membutuhkan kandidat untuk mengisi posisi-posisi penting dalam waktu yang dekat.

Biasanya, pencarian kandidat akan dilakukan melalui social media seperti Linkedin untuk melihat portofolio atau pengalaman kerja yang sudah dilakukan.

Setelah perusahaan menemukan kandidat yang cocok, selanjutnya HR akan menghubungi kandidat tersebut untuk menawarkan offering. Jika kandidat tersebut menerima tawaran kerja, proses selanjutnya adalah interview dengan HRD dan user, melakukan test, dan terakhir adalah perekrutan.

 

Apa yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Offering Kerja?

Offering kerja menjadi tahap penentuan untuk merekrut kandidat. Berikut ini terdapat beberapa faktor yang bisa Anda pertimbangkan saat memberikan penawaran kerja.

 

Feedback dari Recruiter

Recruiter menjadi orang pertama yang akan bertemu dengan beberapa calon kandidat untuk melakukan proses interview. Dari proses interview ini, tentunya recruiter memiliki pandangan dan penilaian yang berbeda pada masing-masing kandidat. Maka dari itu, feedback dari seorang recruiter sangat dibutuhkan untuk memberikan penawaran kerja kepada kandidat yang tepat.

 

Kesesuaian Budaya

Setiap perusahaan memiliki budaya kerjanya masing-masing, namun tidak semua orang bisa menerima dengan baik budaya di tempat kerjanya. Maka dari itu, sebelum memberikan penawaran kerja pastikan bahwa Anda memilih kandidat yang tepat. Ketepatan ini bukan hanya sekadar skill yang mereka miliki, tetapi apakah karakteristik dari seorang kandidat sesuai dengan budaya di perusahaan.

 

Kemampuan dalam Bekerja

Anda harus yakin kepada kandidat apakah mereka mampu melakukan pekerjaan yang akan diberikan nantinya. Untuk melihat kesiapan dan kesanggupan mereka dalam bekerja, lihat lah pengalaman kerja yang telah mereka lakukan serta hal apa saja yang telah dikerjakan atau keberhasilan yang telah dicapai. Dari situ, Anda bisa menilai kesiapan kandidat untuk menerima tugas baru yang harus dikerjakan.

 

Komitmen untuk Bertumbuh

Selain kesiapan untuk bekerja, tanyakanlah kepada kandidat Anda apakah mereka siap untuk bertumbuh bersama perusahaan. Komitmen dalam bertumbuh ini adalah untuk mendapatkan skill baru yang bisa diterapkan pada tugas-tugas dengan level atau tingkatan yang lebih tinggi. 

 

Potensi Kepemimpinan

Dalam menarik kandidat untuk dipekerjakan bukan berarti selamanya mereka akan terus melakukan pekerjaan yang diberikan. Saat proses wawancara, Anda bisa menanyakan beberapa pertanyaan kepada kandidat tentang cara mereka dalam menyelesaikan tugas atau mencari solusi dalam permasalahan.

Jawaban yang kandidat berikan ini bisa menjadi penilaian dan melihat apakah mereka memiliki potensi dalam memimpin.

 

Baca Juga: Panduan Menyusun Surat Penawaran Kerja Karyawan

 

Cara Mudah dalam Mendapatkan Kandidat Unggulan

Dalam proses pencarian kandidat unggulan bukanlah suatu proses yang bisa dilakukan dengan cepat dan mudah. Salah satu kendala mengapa hal ini sulit dilakukan karena keterbatasan akses yang digunakan rekruter saat mencari kandidat.

Jika hal tersebut masih sering terjadi pada perusahaan Anda, sudah saatnya Anda beralih menggunakan Modul Recruitment dari LinovHR.

Dengan memanfaatkan modul Recruitment LinovHR, seluruh proses pencarian kandidat bisa dilakukan secara mudah dan sistematis. Modul ini dilengkapi berbagai fitur canggih yang memudahkan Anda untuk proses rekrutmen karyawan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Seluruh proses kerja sudah memanfaatkan sistem teknologi, sehingga Anda bisa mengerjakan banyak pekerjaan secara otomatis hanya dengan mengakses satu sistem saja.

 

Baca Juga: Contoh Pertanyaan untuk Mengetahui Kandidat Unggulan “A-Players”

 

Sudah Siap untuk Offering Kandidat Unggulan?

Penawaran kerja atau offering merupakan salah satu upaya perusahaan dalam menarik kandidat. Penawaran ini dilakukan dengan cara menawarkan job desc yang akan mereka kerjakan, gaji, serta benefit lainnya yang akan mereka dapatkan.

Proses offering kandidat tentunya harus melewati beberapa tahap rekrutmen karyawan hingga bisa mendapatkan calon-calon kandidat unggulan. Agar memudahkan proses ini, gunakan modul  Recruitment LinovHR sebagai solusi untuk mencari talenta terbaik perusahaan! Klik tautan berikut untuk konsultasi bersama tim kami. 

 

Referensi:

https://www.thebalancecareers.com/before-making-job-offer-1918948

https://www.smartrecruiters.com/blog/how-to-make-a-job-offer/