one on one meeting

Manager Harus Tahu! One on One Meeting Khusus Bersama Karyawan

One on One meeting secara rutin antara karyawan dan atasan sangat penting untuk memastikan bahwa karyawan merasa dihargai dan didukung di tempat kerja.  Pertemuan ini dapat dijadikan sebagai alat untuk memantau kinerja karyawan, membangun hubungan yang kuat antara karyawan dan atasan, serta meningkatkan motivasi. LinovHR telah merangkum informasi seputar pertemuan satu lawan satu tersebut pada artikel dibawah ini!

 

Apa Itu One on One Meeting? 

Definisi dari one on one meeting adalah pertemuan rutin yang dilakukan antara dua orang, yakni seorang karyawan dan seorang manajer. Pertemuan ini dimanfaatkan untuk memberikan umpan balik, menyelesaikan masalah, dan membantu karyawan untuk tumbuh dalam peran mereka.

Jadi, One on one meeting adalah jadwal khusus bagi manajer sebagai atasan dan karyawan sebagai bawahan untuk terhubung dalam pekerjaan, pengembangan dan pertumbuhan karir. Melalui pertemuan satu lawan satu ini, manager dapat terlibat langsung untuk mempertahankan anggota tim. 

 

Tujuan One on One Meeting?

Meeting yang dilaksanakan antara manager dan karyawan bukan hanya sekedar acara biasa, tentunya terdapat tujuan yang ingin dicapai, seperti dibawah ini:

 

Membangun Hubungan yang Baik dengan Karyawan

Pertemuan rutin one on one memberikan kesempatan kepada manajer untuk berinteraksi dan membangun hubungan yang kuat dengan tim. Bahkan, menurut riset dari Gallups, karyawan yang bertemu secara rutin lebih dari tiga kali dengan manager mereka akan merasa lebih terikat. 

 

Mengukur Tingkat Keterlibatan Karyawan

Pertemuan satu lawan satu memberikan kesempatan bagi para manager untuk melihat dan mengukur seberapa jauh tingkat keterlibatan karyawan. Pertemuan ini ibarat sebagai wadah khusus untuk manager dan bawahan, yang dimana manager dapat mengungkapkan rasa terima kasih, mengajukan pertanyaan-pertanyaan sulit untuk menghilangkan keraguan dan bias dalam pekerjaan sehari-hari.

 

Melatih Karyawan

Pertemuan satu lawan satu ini memberikan peluang besar untuk membimbing setiap bawahan secara individu dan membantu mereka untuk tumbuh. Selain itu, manager juga dapat membantu mereka mengatasi kelemahan yang dimiliki. Manager lebih memahami apa yang terbaik untuk karyawan dan memberikan nasihat kepada masing-masing karyawan.

 

Baca Juga:  Tahapan Praktis Membuat MoM Selama Meeting

 

 

Pertanyaan yang Harus Manajer Ajukan ke Karyawan Selama One on One Meeting

Pertemuan satu lawan satu ini akan membuka sesi tanya jawab antara manajer dan karyawan. Namun, biasanya manager yang lebih aktif dalam menanyakan pertanyaan. Berikut 10 pertanyaan dasar yang dapat manager ajukan ke karyawan, yaitu:

  1. Apa yang harus saya lakukan untuk mendukung Anda dengan lebih baik?
  2. Apa yang dapat saya lakukan sebagai manajer agar pekerjaan yang Anda jalani terasa lebih mudah?
  3. Hal apa yang perlu saya lakukan dengan lebih baik? Apa kritik Anda untuk saya?
  4. Apa yang ingin Anda ketahui tentang saya?
  5. Apa yang dapat saya lakukan untuk Anda agar bisa lebih menikmati pekerjaan?
  6. Apa yang Anda sukai dari gaya manajemen saya? Dan apa yang Anda tidak suka?
  7. Apakah ada situasi yang memerlukan bantuan saya?
  8. Apa tujuan Anda dalam pengembangan karir jangka panjang? Keterampilan apa yang Anda butuhkan untuk mencapainya?
  9. Apakah ada acara atau pelatihan yang ingin Anda ikuti untuk membantu Anda mengembangkan keterampilan?
  10. Apakah Anda merasa tertantang di tempat kerja? Apakah Anda mempelajari hal-hal baru?

 

Baca Juga : Inilah Daftar 10  Pertanyaan untuk Mengetahui Tingkat Kepuasan Karyawan

 

Tips Mengadakan One on One Meeting

Agar pertemuan satu lawan satu antara manager dan karyawan berjalan dengan lancar, berikut beberapa tips yang dapat Anda ikuti untuk membuat pertemuan jadi lebih baik:

 

Tetapkan Jadwal Meeting

Jadikan pertemuan satu lawan satu sebagai acara rutin dan jadikan sebagai prioritas.  Dengan menjadikan pertemuan ini sebagai prioritas, maka kemungkinan pertemuan ini dibatalkan atau ditunda sangat kecil. Oleh sebab itu, usahakan memilih hari yang kosong  dalam seminggu agar tidak berbenturan dengan meeting yang lain. 

 

Memiliki Rencana yang Jelas

Penting untuk Anda menyiapkan hal-hal yang ingin Anda diskusikan bersama karyawan. Luangkan waktu 5-10 menit sebelum rapat dan tuliskan apa tujuan yang ingin Anda capai. Selain itu, informasikan kepada karyawan Anda untuk menyiapkan hal-hal yang ingin disampaikan. Lalu, buat agenda yang tentunya disesuaikan dengan keperluan Anda dan karyawan.

 

Fokus Kepada Karyawan

Selama meeting berlangsung, usahakan Anda tidak terus-menerus menatap layar ponsel atau melakukan hal-hal yang dapat membuat karyawan terganggu ketika sedang berbicara. Jika hal ini terjadi, maka karyawan akan merasa tidak benar-benar didengarkan oleh Anda. Jadi, pastikan Anda tetap fokus selama meeting dengan mematikan ponsel agar tidak ada notifikasi yang masuk

 

Gunakan Data

Saat mendiskusikan kinerja karyawan selama meeting,  penting bagi Anda untuk menggunakan data insights dari laporan langsung untuk membandingkan kemajuan setiap karyawan dalam memenuhi ekspektasi pekerjaan mereka. Melalui cara ini, Anda dapat membantu membuat rencana peningkatan kinerja karyawan.

 

Catat Poin-Poin Penting

Sepanjang meeting diadakan, pastikan Anda membuat catatan sehingga Anda dapat mengingat poin-poin penting yang disampaikan oleh karyawan. Cara ini juga dapat membantu Anda dan karyawan tetap bertanggung jawab karena adanya catatan tertulis yang dapat dirujuk kembali jika ada hal-hal yang tidak berjalan sesuai dengan apa yang telah dibahas saat meeting.

 

Itulah beberapa tips untuk mengadakan one on one meeting. Jika pertemuan ini dilaksanakan secara rutin dapat menjadi cara efektif untuk meningkatkan hubungan komunikasi antara Anda dan karyawan untuk mencapai tujuan bersama yang telah ditetapkan.