Kepemimpinan transformasional

Kepemimpinan Transformasional: Pengertian, Ciri, Manfaat, dan Faktor yang Mempengaruhi

Apakah Anda tahu terdapat berbagai macam kepemimpinan selama ini? Cara memimpin juga menjadi faktor bagaimana perusahaan tersebut berjalan. Kini cukup banyak perusahaan yang menerapkan kepemimpinan transformasional.

Sebenarnya seperti apa kepemimpinan transformasional itu? Mari kita simak bersama!

 

Apa Itu Kepemimpinan Transformasional?

Secara harfiah, pengertian kepemimpinan transformasional adalah sebuah nilai, keyakinan, dan kebutuhan yang mencakup segala upaya perubahan sebagai bentuk perlawanan akan terobosan baru.

Dengan gaya kepemimpinan seperti ini, pimpinan akan mempengaruhi kinerja karyawan secara menyeluruh.

Teori kepemimpinan transformasional atau yang sering disebut sebagai kepemimpinan kharismatik adalah sikap kepemimpinan yang menciptakan visi dan lingkungan yang memotivasi para karyawan untuk berprestasi melampaui harapan.

Sehingga para karyawan akan kagum dan percaya serta hormat pada pimpinannya sehingga termotivasi untuk melakukan hal lebih dari sebelumnya. 

 

Baca Juga: Seberapa Penting Perencanaan Kinerja dalam Manajemen SDM? 

 

Faktor Kepemimpinan Transformasional

Menurut Bass dan Avolio (1994), terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi kepemimpinan transformasional :

 

  1. Idealized influence : Bertindak sebagai role model dalam perilaku, sikap, maupun komitmen bagi karyawannya.
  2. Inspirational motivation : Memotivasi dan menginspirasi karyawannya dengan memberikan ekspektasi yang jelas, menggunakan berbagai metode untuk menerangkan pekerjaan, dan mengekspresikan tujuan yang ingin dicapai dengan cara sederhana.
  3. Intellectual stimulation : Menciptakan iklim yang kondusif bagi berkembangnya inovasi  dan kreativitas. 
  4. Individualized consideration : Memberikan perhatian khusus dengan pendekatan pribadi untuk menilai kebutuhan per individunya agar dapat berprestasi dan berkembang sesuai arahan yang tepat, dari coach dan mentor.
Kepemimpinan transformasional
Ilustrasi Kepemimpinan Transformasional

 

Mengapa Kepemimpinan Transformasional Dibutuhkan Perusahaan?

Kepemimpinan transformasional berbeda dengan gaya kepemimpinan tradisional. Gaya kepemimpinan transformasional cocok dengan zaman sekarang, oleh karena itu sangat dibutuhkan. Mengapa dibutuhkan?

 

1. Memberikan Motivasi Karyawan

Dengan menjadikan pimpinan menjadi role model, membuat karyawan menjadi semakin termotivasi dan berkembang sesuai dengan role modelnya. Sehingga produktivitas karyawan semakin meningkat dan memajukan perusahaan secara bersama sesuai dengan tujuan dan visi awal.

 

2. Karyawan Merasa Dekat dengan Atasannya

Dengan koneksi dan keakraban yang semakin terjalin, membuat karyawan terasa dekat dengan atasan tanpa adanya gap yang terlalu jauh. Dengan ini, komunikasi terjalin baik dan tidak ada miss communication selama bekerja, dan secara tidak langsung dapat bekerja secara efektif dan efisien.

 

3. Inovasi dan Terobosan Baru Bermunculan 

Gaya kepemimpinan transformasional ini menjadi gaya kepemimpinan yang tidak kaku serta luwes untuk berinovasi. Tidak perlu takut untuk mengutarakan ide dan inovasi yang sekiranya dapat membantu perusahaan berkembang. Diharapkan dengan gebrakan baru yang akan membantu menaikkan profitabilitas perusahaan.

 

Baca Juga: Faktor yang Mempengaruhi Indikator Employee Engagement

 

Ciri Kepemimpinan Transformasional

Dengan benefit yang dirasakan bila menerapkan gaya kepemimpinan transformasional, pastinya Anda semakin tertarik untuk bisa dikategorikan pemimpin dengan gaya kharismatik ini.

Namun bagaimana ciri menjadi pemimpin dengan gaya transformasional?

 

1. Menjadi Mentor yang Baik

Menjadi seorang pemimpin bukan hanya sebagai atasan belaka, namun menjadi mentor yang baik dan dapat dicontoh oleh karyawannya. Hal ini dapat membantu karyawan agar selalu berkembang sesuai dengan arahan yang benar.

Hal ini berdampak langsung pada skill dan kinerja karyawan yang akan meningkat. Jika karyawan meningkat, perusahaan juga akan meningkat dan berkembang secara sendirinya.

 

2. Memberikan Peluang atau Tanggung Jawab Lebih

Menjadi atasan juga harus memiliki asas kepercayaan kepada karyawannya. Dengan ini, karyawan juga senang karena merasa dihargai, begitu juga dengan atasannya yang akan terbantu. Jangan langsung berpikir takut salah atau tidak bisa untuk karyawan, beri kesempatan untuk belajar.

 

3. Mampu Memotivasi dan Menjadi Contoh

Memiliki nilai dan tujuan yang jelas merupakan ciri kepemimpinan transformasional. Dengan beragamnya sifat dan cara pandang, dibutuhkan seseorang yang menjadi contoh dan dijadikan motivasi, dan itu pemimpinnya!

Oleh karena itu, menjadi seorang pemimpin bukan hanya cerdas namun juga cakap dan  ulet serta selalu bersikap tenang agar karyawan dapat meniru hal yang baik dari pimpinannya.

 

4. Memperlakukan Karyawan Seperti Teman Sendiri

Masih banyak atasan yang memperlakukan karyawan seperti budaknya. Jangan sampai Anda berlaku seperti itu! Patut diingat bahwa karyawan merupakan investasi terbesar dalam perusahaan.

Buatlah karyawan seperti teman Anda, buatlah karyawan menjadi nyaman agar betah di perusahaan Anda dan dapat memajukan perusahaan bersama-sama.

 

Manfaat Kepemimpinan Transformasional Bagi Perusahaan

Dengan beralihnya kepemimpinan transformasional, terdapat manfaat yang dirasakan oleh perusahaan.

 

1. Karyawan Lebih Berkomitmen dalam Pekerjaan

Dengan timbulnya rasa nyaman dalam pekerjaan, membuat karyawan lebih berkomitmen dan menunjukkan itikad seriusnya dalam bekerja. Dengan begitu, karyawan tidak mudah untuk resign dan alur kerja lebih teratur. Dengan begitu, performa perusahaan juga ikut berkembang.

 

2. Memberi Kesempatan Karyawan Mengembangkan Potensi

Dengan ragamnya tugas yang diberikan serta tanggung jawab besar yang diberikan untuk berkembang, membuat karyawan juga semakin meningkat baik skill dan pengalaman.

Hal ini tentu akan membawa pengaruh baik bagi perkembangan perusahaan. 

 

3. Menjalin Keakraban Antara Atasan dan Karyawan

Tidak adanya gap antara atasan dan karyawan membuat rasa canggung itu sehingga jalur komunikasi juga semakin lancar dan kesalahan teknis antar karyawan dan atasan juga kecil. Pada akhirnya, segala konflik perusahaan juga dapat diminimalisir. 

 

LinovHR: Ciptakan Pemimpin Masa Depan Melalui Modul Succession!

software hris

Bagaimana cara merubah gaya kepemimpinan menjadi transformasional? LinovHR bisa menjadi solusinya! 

LinovHR menyediakan Modul Succession yang dapat membantu Anda untuk mengelola hal-hal yang berhubungan dengan membentuk pemimpin masa depan. Modul Succession akan membantu Anda untuk menentukan dan meneliti posisi-posisi penting yang available dan memiliki calon karyawan yang sesuai dengan posisi tersebut.

Dengan perencanaan yang tepat, maka jajaran perusahaan hanya akan diisi oleh orang-orang bertalenta dan unggulan yang siap mengembangkan perusahaan. 

 

Kesimpulan

Kepemimpinan transformasional merupakan gaya kepemimpinan yang mendahulukan kharismatik si pemimpin agar menjadi panutan bagi karyawannya.

Gaya kepemimpinan yang cocok dengan era sekarang akan membantu menaikkan semangat dan kinerja perusahaan. Mari ubah gaya kepemimpinan Anda yang lebih kekinian dan berdampak bagi pengembangan perusahaan!