organizational skills

Jenis-Jenis Organizational Skills dan Cara Meningkatkannya

Dalam dunia kerja, seorang karyawan atau pekerja dituntut untuk bisa menyelesaikan tugas secara baik dan sesuai dengan waktu yang diberikan.

Namun, tidak semua karyawan mampu untuk melakukan hal tersebut. Hal ini tentu saja berkaitan dengan kemampuan yang dikuasai oleh setiap karyawan berbeda-beda. Salah satu kemampuan yang harus dikuasai oleh setiap karyawan, terutama dalam dunia kerja yaitu organizational skills.

Dalam kesempatan ini kita akan membahas mengenai skills ini mulai dari pengertian hingga cara meningkatkan kemampuan ini.

Simak secara lengkap uraian di bawah ini!

 

Baca juga: Life Skill: Kunci Penting untuk Bertahan dalam Dunia Kerja

 

Apa Itu Organizational Skills?

Organizational skills adalah kemampuan dalam mengelola berbagai tugas secara bersamaan dan juga menggunakan waktu, energi, kemampuan fisik dan mental untuk mencapai hasil yang maksimal.

kemampuan ini berkaitan dengan kemampuan mengorganisir segala sesuatu yang berhubungan dengan pekerjaan.

Kemampuan tersebut bisa membantu seorang karyawan untuk melakukan dan menyelesaikan pekerjaan yang dimilikinya secara efisien, artinya tepat pada waktu dan jadwal yang ditentukan.

Seseorang yang memiliki organizational skills yang baik mampu memanfaatkan dan memberdayakan sumber daya yang ada secara efektif dan efisien.

 

Baca juga: Kapan dan Bagaimana Cara Membentuk Program Upskilling & Reskilling?

 

Jenis-jenis Organizational Skills

Kemampuan ini dibagi ke dalam beberapa tipe.

 

1. Menentukan Goals

Menetapkan goals memiliki tujuan untuk tetap memotivasi karyawan untuk selalu bekerja dengan baik guna mencapai tujuan yang sudah dibuatnya.

Seorang karyawan yang memiliki kemampuan pengorganisasian mampu membuat goals untuk dirinya dan juga perusahaan, serta menetapkan tujuan jangka panjang dan pendek.

Setiap tujuan atau goals yang tercapai akan menandakan bahwa karyawan tersebut memiliki kemampuan pengorganisasian yang baik dan mampu memanfaatkan sumber daya yang ada dengan baik dan optimal.

 

2. Membuat Perencanaan

Sebuah perencanaan yang dilakukan dengan baik akan memberikan hasil optimal juga. Karyawan yang memiliki kemampuan ini tentunya selalu membuat perencanaan matang serta hal-hal yang harus dilakukan secara lebih terperinci.

Dengan begitu, segala pekerjaan yang ada bisa diselesaikan sesuai dengan rencana yang sudah dibuat, sehingga tidak ada waktu dan tenaga terbuang sia-sia.

 

3. Pengambilan Keputusan

Dalam mengambil sebuah keputusan yang baik diperlukan berbagai macam pertimbangan dan pemikiran yang matang.

Karyawan dengan kemampuan pengorganisasian yang baik, pada umumnya memiliki pola pikir yang baik dan logis. Mereka mampu berkomunikasi dengan baik, dan sikap yang berorientasi pada goals, sehingga pengambilan keputusan bisa dilakukan dengan baik.

 

4. Manajemen Waktu

Jenis selanjutnya yaitu manajemen waktu. Tak bisa dipungkiri bahwa memiliki kemampuan manajemen waktu akan memudahkan Anda dalam menyelesaikan seluruh pekerjaan dengan tepat waktu.

Manajemen waktu diperlukan untuk mengatur dan mengorganisir segala pekerjaan yang dimiliki serta cara terbaik untuk diselesaikan berdasarkan pada tingkat urgensinya.

Dengan menerapkan sistem ini, Anda tidak perlu khawatir lagi akan lembur yang disebabkan oleh kerjaan yang menumpuk, sehingga bisa mengurangi tingkat stres Anda dalam bekerja.

 

5. Berpikiran Analitis

Memiliki pola pikir analitis termasuk ke dalam organizational skills yang harus dimiliki oleh karyawan.

Berpikir analitis berarti memiliki kemampuan dalam membaca situasi maupun informasi yang ada. Nantinya hal itu bisa dijadikan kesimpulan akhir yang masuk akal atau logis. Memiliki pemikiran yang analitis akan membantu karyawan dalam menyelesaikan suatu konflik yang mungkin terjadi setiap saat.

 

Baca juga: Goal Measurement: Mengukur Goals Perusahaan Tepat & Akurat

 

Mengapa Organizational Skills Penting dalam Dunia Kerja?

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa dalam dunia kerja, segala sesuatu tidak bisa diprediksi secara akurat. Sehingga para karyawan harus mampu untuk beradaptasi dan sigap dalam menghadapi segala situasi yang memungkinkan untuk terjadi.

Organizational skills dibutuhkan dalam menghadapi situasi-situasi tersebut, terutama ketika dihadapkan pada jadwal dan pekerjaan yang padat dari atasan. Pengorganisasian yang baik harus dikuasai oleh setiap karyawan yang terlibat dalam dunia kerja, hal ini bisa mempengaruhi perjalanan karir dari setiap orang.

Seseorang dengan kemampuan organisasi yang baik akan lebih mudah untuk survive atau bertahan dalam lingkungan kerja yang cepat dan fleksibel. Selain itu, hal penting lainnya adalah untuk membuat diri Anda menjadi karyawan yang berkompeten dan mampu memanfaatkan sumber daya seadanya tapi mampu untuk memberikan hasil atau output yang maksimal.

 

Cara Meningkatkan Organizational Skills

Anda tidak perlu khawatir, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kemampuan organisasi lebih baik lagi.

 

1. Membuat List Pekerjaan

Cara pertama tentunya dengan membuat list-list dari pekerjaan yang ingin Anda kerjakan. Tujuannya yaitu untuk memudahkan Anda dalam mengatur apa saja tanggung jawab yang Anda miliki di perusahaan tempat Anda bekerja saat ini.

Selain itu, pembuatan list bertujuan untuk mengidentifikasi pekerjaan mana yang harus diselesaikan terlebih dahulu dan mana yang bisa dilakukan setelahnya.

 

2. Mengikuti Jadwal yang Dibuat

Setelah Anda selesai membuat list dari pekerjaan yang Anda miliki. Langkah wajib selanjutnya yaitu menyelesaikan segala pekerjaan yang Anda punya sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan.

Mengikuti jadwal yang dibuat akan membuat Anda tetap pada jalur yang seharusnya, sehingga tidak menyebabkan menumpuknya pekerjaan yang berakibat tidak selesainya pekerjaan sesuai dengan deadline yang ditentukan.

 

3. Melakukan Cukup Komunikasi dengan Tim

Cara yang terakhir yaitu dengan melakukan cukup komunikasi dengan teman satu divisi atau tim. Komunikasi merupakan kunci penting dari setiap keberhasilan. Tujuannya melakukan komunikasi yaitu untuk mengurangi atau menghindari terjadinya miskomunikasi di antara tim atau divisi.

Peningkatan komunikasi yang signifikan dalam lingkungan kerja, akan berpengaruh pada keberhasilan organisasi atau perusahaan dalam mencapai goals yang sudah ditetapkan.

 

Baca Juga: Strategi Komunikasi Yang Bisa Diterapkan di Tempat Kerja

 

Itulah pembahasan mendalam mengenai jenis-jenis organizational skills dan cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kemampuan tersebut.

Kemampuan pengorganisasian yang baik akan memberikan dampak yang baik bagi individu maupun perusahaan, sehingga sangat penting untuk dikuasai oleh setiap karyawan yang terlibat.

Keuntungan selanjutnya yaitu bisa mengurangi tingkat stres yang kemungkinan dialami oleh banyak pekerja, terutama ketika pekerjaan yang mereka miliki sangat padat dan deadline yang sangat singkat.

Semoga bermanfaat!