strategi komunikasi

7 Strategi Komunikasi yang Bisa Anda Terapkan di Tempat Kerja

Komunikasi merupakan suatu hal yang terlihat sederhana namun memiliki peran terpenting di dalam kehidupan bermasyarakat. Dalam beberapa kondisi, Anda perlu menerapkan strategi komunikasi dengan tepat khususnya ketika berada di tempat kerja.

Komunikasi yang baik akan menciptakan keadaan atau kondisi yang baik sesuai dengan maksud dari komunikasi itu sendiri. Umumnya konflik atau permasalahan terjadi karena adanya kesalahpahaman dalam berkomunikasi atau menafsirkan suatu informasi dengan salah.

Begitu juga di tempat kerja. Penting untuk mengetahui cara berkomunikasi yang baik selama berada di lingkungan kerja. Banyak sekali strategi dalam berkomunikasi yang dapat Anda pelajari dan Anda terapkan di tempat kerja.

Kira-kira apa saja strategi yang dibutuhkan supaya proses komunikasi dengan orang-orang di lingkungan kantor bisa berjalan dengan baik tanpa adanya kesalahpahaman. Simak selengkapnya di sini!

 

Bentuk-bentuk Komunikasi

Pertama-tama Anda perlu mengetahui bentuk-bentuk dari komunikasi itu sendiri. Komunikasi terbagi ke dalam beberapa bentuk, diantaranya adalah.

 

Komunikasi Intrapersonal

Bentuk yang pertama ini tidak membutuhkan orang lain untuk melakukannya. Sesuai dengan namanya, bentuk yang pertama ini dilakukan di dalam diri Anda sendiri, gambaran sederhananya yaitu seperti berbicara dalam hati atau berbicara kepada diri sendiri.

Biasanya orang-orang melakukan komunikasi intrapersonal bila ada suatu pertanyaan-pertanyaan yang tidak ingin mereka bicarakan kepada orang lain.

 

Komunikasi Interpersonal

Selanjutnya adalah komunikasi intrapersonal. Komunikasi yang sering sekali untuk kita lakukan, yaitu bentuk komunikasi yang membutuhkan lawan bicara dan biasanya hanya dari satu orang ke satu orang lainnya.

Komunikasi interpersonal bisa juga disebut juga seperti berdialog, yang dilakukan secara tatap muka dan bisa menangkap reaksi lawan bicara kita secara langsung.

 

Komunikasi Kelompok

Komunikasi satu ini dilakukan dengan minimal ada tiga orang yang terlibat di dalamnya. Orang-orang yang termasuk dalam bagian dari kelompok tersebut melakukan komunikasi dengan anggota-anggota kelompok yang lain, untuk mencapai tujuan bersama, dan saling mengenal satu sama lain.

 

Komunikasi Organisasi

Tidak jauh berbeda dengan komunikasi kelompok, namun yang membedakan yaitu skala kelompoknya yang jauh lebih besar dari komunikasi kelompok.

Selain skalanya yang besar, komunikasi organisasi juga bisa bersifat formal maupun informal menyesuaikan dengan kondisi dan juga lawan bicara anda  dalam organisasi tersebut. 

Contohnya, ketika sedang ada acara formal atau berbicara dengan atasan, maka gaya komunikasi yang digunakan yaitu formal, tetapi ketika tidak ada acara formal dan berbicara dengan teman sederajat, maka menggunakan bahasa yang informal.

 

Komunikasi Massa

Bentuk yang terakhir yaitu komunikasi massa. Bentuk komunikasi ini membutuhkan medium ataupun alat untuk melaksanakannya, seperti media massa.

Tujuan dari komunikasi massa pun berbeda dengan bentuk-bentuk lainnya. Umumnya orang-orang menggunakan bentuk satu ini untuk memberikan informasi kepada khalayak banyak secara cepat dan tepat, baik menggunakan media cetak maupun media elektronik, dan biaya yang dibutuhkan relatif mahal, tergantung dari media komunikasi apa yang ingin digunakan.

 

Faktor Penghambat Komunikasi di Tempat Kerja

Perlu diingat bahwa banyak sekali hal-hal yang bisa menghambat anda dalam menerapkan strategi komunikasi di tempat kerja. Hambatan-hambatan tersebut bisa bersumber dari internal (diri sendiri) maupun dari faktor eksternal (orang lain).

Kira-kira faktor apa saja yang jadi penghambatnya?

 

Tidak Fokus pada Pembicaraan

Tidak memperhatikan lawan bicara ketika berkomunikasi bisa menimbulkan kesalahpahaman informasi. Otak manusia tidak bisa melakukan multi-tasking pada saat waktu yang bersamaan.

Oleh sebab itu, penting untuk fokus dan memperhatikan lawan bicara Anda, serta memfokuskan pikiran kepada topik yang sedang dibahas, agar tidak menimbulkan suatu mislead informasi kedepannya.

 

Lingkungan Tempat Berlangsungnya Komunikasi

Seperti yang sudah disebutkan di atas, hambatan bisa datang juga dari luar, seperti lingkungan yang tidak mendukung.

Lingkungan yang tidak mendukung tersebut bisa seperti, suara bising, tempatnya tidak nyaman, atau kotor. Hal ini tentunya akan menjadi sebuah distraksi ketika sedang melakukan komunikasi, yang nantinya akan berujung kepada kesalahpahaman antar individu.

 

Bersikap Pasif

Bersikap pasif ketika sedang melakukan pembicaran dengan orang lain bukanlah opsi yang baik. Sebisa mungkin Anda harus memberikan feedback atau respon kepada lawan bicara Anda dengan sejelas dan sebaik mungkin.

Komunikasi yang baik yaitu berjalan secara dua arah antara individu yang terlibat. Dengan bersikap pasif, maka arah dari komunikasi tersebut hanya berjalan satu arah. Tentu Anda tidak ingin bukan, jika orang lain tidak memberikan respon atas percakapan yang kalian lakukan.

 

Bahasa dan Kultur

Perbedaan bahasa yang dikuasai dan kultur yang dianut bisa menjadi masalah dalam berkomunikasi juga, lho!

Bayangkan jika lawan bicara Anda tidak bisa berbahasa yang sama, atau begitu sebaliknya, akan menjadi pertanda yang buruk bukan?

Maka dari itu penting untuk bisa menyesuaikan bahasa dengan lawan bicara Anda nantinya.

Selain itu, kultur dari masing-masing individu juga berpotensi untuk menjadi penghambat dalam berkomunikasi. Seperti, gaya berbicara budaya timur yaitu terlalu basa basi, berbeda dengan gaya berbicara budaya barat yang langsung to the point.

 

Kurang Ekspresif

Hambatan yang terakhir yaitu kurang ekspresif ketika berbicara. Hal ini tentu saja bisa membuat bingung lawan bicara, ketika Anda tidak bisa menunjukan ekspresi ketika percakapan berlangsung.

Hal ini sangat penting, karena termasuk ke dalam komunikasi non-verbal. Artinya gesture tubuh, ekspresi muka, dan juga intonasi nada berbicara akan mempengaruhi percakapan yang Anda lakukan.

Pastikan Anda memperhatikan hal-hal tersebut.

 

Baca juga: Cara Mengatasi Jika Miskomunikasi Terjadi

 

Strategi Komunikasi di Tempat Kerja yang Efektif

Setelah mengetahui bentuk dan juga hambatan yang ada dalam berkomunikasi. Ini dia 7 strategi komunikasi yang baik untuk Anda coba dan terapkan  di tempat kerja.

 

Jadikan diri sendiri sebagai pendengar yang baik di setiap percakapan

Maksudnya adalah posisikan diri Anda sebagai orang yang selalu siap mendengarkan cerita maupun keluhan dari orang dengan baik. Tidak melakukan penghakiman, dan tidak memberikan saran atau masukan bila orang yang bercerita tidak meminta itu.

 

Berbicaralah dengan suara yang jelas, singkat dan padat

Komunikasi akan terganggu dan bisa menyebabkan kesalahan dalam menangkap informasi, jika diberikan dengan tidak jelas atau memiliki makna ganda/ambigu. Karena itu, penting untuk selalu memperhatikan intonasi, suara, dan juga inti dari komunikasi tersebut.

 

Terbuka dengan segala bentuk masukan/feedback

Komunikasi berjalan secara dua arah. Menerima feedback merupakan salah satu bentuk dari komunikasi dua arah, karena selain memberikan informasi kepada lawan bicara, Anda juga mendapatkan informasi dari lawan bicara Anda.

 

Bersikap ramah dan terbuka kepada orang

Banyak orang menyukai berkomunikasi dengan orang yang terbuka dan memiliki sifat yang ramah, dibandingkan dengan orang yang tertutup dan dingin.

Maka dari itu, penting untuk menjadi pribadi tersebut, ketika hendak berbicara dengan orang lain, agar mereka merasa nyaman ketika berbicara dengan Anda.

 

Menghindari konflik yang mungkin terjadi ketika berkomunikasi

Selama proses melakukan komunikasi, tentunya selalu ada kemungkinan-kemungkinan konflik akan terjadi, seperti kesalahpahaman. Sebaiknya Anda menghindari hal tersebut terjadi ketika berkomunikasi, agar tidak menimbulkan masalah yang berkepanjangan atau membuat orang enggan untuk berbicara dengan Anda nantinya.

 

Melakukan percakapan secara langsung

Berbicara menggunakan media, seperti telepon bisa membuat komunikasi terganggu karena adanya gangguan seperti, sinyal, suara yang terputus-putus, dan hal lainnya. Ada baiknya untuk melakukan percakapan secara langsung, untuk menghindari hal-hal tersebut terjadi, ketika proses komunikasi berlangsung.

 

Selalu menghargai perbedaan pendapat, ide, gagasan, dan juga sudut pandang

Terakhir yaitu selalu menghargai perbedaan sudut pandang, ide, gagasan dari lawan bicara Anda. Dengan melakukan hal tersebut, lawan bicara Anda akan merasa dihargai dan mereka akan menganggap Anda sebagai pribadi yang dewasa dan nyaman untuk diajak berbicara.

 

Baca juga: 8 Etika Komunikasi yang Harus Diterapkan Saat Bekerja

 

Itu dia 7 strategi komunikasi yang bisa anda ikuti dan terapkan di tempat bekerja. Karena komunikasi merupakan salah satu elemen yang sangat penting dalam kehidupan bermasyarakat.

Semoga saja setelah membaca artikel ini, anda jadi lebih paham secara mendalam mengenai pentingnya komunikasi dan juga hambatan-hambatan yang sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Semoga membantu!