Panduan Pembayaran Pajak Online dengan SSE Pajak

Pemerintah selalu berusaha memberikan kemudahan kepada masyarakat, baik dalam program pembangunan, mulai dari program pemberian bantuan pendidikan, program KUR (Kredit Usaha Rakyat), maupun program pembayaran pajak Online dengan SSE Pajak.

Dilansir dari website resmi Kementrian Keuangan Republik Indonesia, pembayaran pajak secara elektronik atau secara online atau yang kemudian lebih familiar dengan sebutan e-billing, mulai diberlakukan pada tanggal 01 Juli 2016.

 

Apa Itu SSE Pajak?

SSE Pajak adalah Surat Setoran Elektronik yang dikeluarkan secara resmi oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) sebagai bagian dari program pemerintah dalam memberikan bantuan berupa layanan pajak secara online dengan cara memberikan 15 kode digit numerik untuk memudahkan Wajib Pajak dalam pembayaran pajak sehingga mereka tidak perlu datang mengantri ke bank ataupun kantor pajak untuk bisa melakukan pembayaran pajak.

Untuk bisa melakukan pembayaran pajak dengan e-billing, Wajib Pajak (WP) harus memiliki kode billing berupa kode digit sebanyak 15 angka yang nantinya akan diterbitkan melalui Sistem Billing Pajak.

Lalu, bagaimana caranya mendapatkan kode billing pajak? 

Untuk mendapatkannya, setiap Wajib Pajak harus melakukan registrasi SSE (Surat Setoran Elektronik) Pajak melalui website resmi pajak yang beralamat di https://sse.pajak.go.id.

 

Apa Sajakah Manfaat SSE Pajak?

Dengan adanya SSE Pajak, Anda dan seluruh Wajib Pajak yang ada dimanapun akan memperoleh beberapa kemudahan sebagai berikut:

1. Hemat Waktu, Tenaga, dan Biaya

Berapa jarak tempuh yang Anda perlukan untuk sampai ke kantor pajak atau ke bank untuk melakukan pembayaran pajak? 

Dengan menggunakan SSE Pajak, Anda bisa mengatakan bahwa jarak tempuh menjadi 0 karena Anda bisa dengan mudah melakukan transaksi pembayaran online dengan perangkat elektronik Anda hanya dalam waktu beberapa menit saja.

Pastinya, Anda juga tidak akan mengeluarkan energi yang begitu besar untuk aktivitas ini. Sebagai gantinya, Anda bisa alihkan untuk mengerjakan tugas lainnya sehingga lebih efisien. 

Anda pun akan sangat menghemat biaya karena tidak perlu menggunakan alat transportasi ke kantor pajak atau ke bank untuk melakukan pembayaran pajak.

 

Baca Juga: Tidak ingin lembur urus pembayaran gaji? Ini Solusinya

 

2. Pembayaran Pajak Menjadi Lebih Mudah dan Fleksibel

Dalam kesibukan pekerjaan, faktanya, Anda tidak selalu memiliki banyak waktu luang, bukan? Pembayaran pajak dengan menggunakan SSE Pajak akan sangat membantu mobilitas Anda dalam pekerjaan. 

Anda cukup duduk, buka laptop atau komputer kantor Anda, buka halaman web resmi pajak sse.pajak.go.id, kemudian lakukan pembayaran dengan internet banking dengan cara memasukkan ID biling pajak milik perusahaan Anda.

 

Baca Juga: Lapor Pajak Anda Secara Online Dengan E-Filling

 

3. Lebih Tepat, Detail, dan Akurat

E-billing dengan menggunakan SSE Pajak juga akan meminimalisir terjadinya kesalahan input pada Kode Jenis Setoran dan Kode Akun Pajak karena sudah ada beberapa pilihan yang tinggal Anda klik, ini sangat berbeda dengan ketika Anda melakukan pembayaran pajak secara konvensional yang harus dilakukan dengan cara mencatat dua kode tersebut secara manual. 

Sistem yang terdapat pada SSE Pajak akan selalu mengarahkan dan memberikan pilihan yang tepat, detail, dan akurat.

 

Lalu, Bagaimana Tahap-tahap yang Harus Dilalui dalam Menggunakan SSE Pajak?

Betapapun kemudahan selalu diberikan oleh Direktorat Jenderal Pajak kepada seluruh Wajib Pajak, namun bukan berarti bahwa tidak akan pernah terjadi kesalahan dalam penginputan e-billing menggunakan SSE Pajak.  

Jika Anda adalah seorang karyawan atau bagian dari Human Capital Management yang pertama kali diberikan tugas untuk melakukan penginputan e-billing pajak, sebaiknya pelajari beberapa tahapan di bawah ini untuk meminimalisir terjadinya salah input:

 

SSE Pajak Online

 

Pertama, yang perlu Anda lakukan adalah masuk ke website sse.pajak.go.id dengan cara memasukkan NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) dan password Anda. Jangan lupa untuk mengisi kode keamanan yang muncul dalam kotak sebagai bentuk autentifikasi.

 

2. Klik Icon Billing System

sse pajak

 

Selanjutnya, perhatikan icon atau gambar di sebelah kiri atas yang bertuliskan “BILLING SYSTEM”. Klik icon tersebut untuk berpindah ke halaman Isi SSE.

 

3. Klik Icon Isi SSE

 cara isi sse pajak

 

Pada bagian ketiga ini, Anda perlu memilih icon berwarna hijau bertuliskan “Isi SSE” pada bagian kiri atas.

4. Isi Form SSE

cara mengisi form sse

Kini, Anda akan diarahkan pada pengisian form Surat Setoran Elektronik. Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan adalah Pengisian NPWP, Nama Perusahaan, Alamat, Kode Jenis Pajak, Kode Jenis Setoran Pajak, Masa Pajak, Tahun Pajak, dan Jumlah Setoran. 

sse pajak

Isilah semua data tersebut dengan teliti, jika perlu, Anda ulangi untuk pengecekan sampai 2-3 kali. Jika memang Anda perlu menambahkan informasi, Anda bisa tambahkan pada bagian paling bawah, kemudian klik simpan.

 

5. Muncul Dua Kotak Dialog

cara isi sse pajak online

 

Pada bagian ini, akan muncul dua kotak dialog. 

Kotak pertama berisi pertanyaan “Apakah diisikan sudah benar?” Jika Anda yakin dan sudah melakukan pengecekan data, Anda bisa bilih “Ya”

Kotak nomor dua berisi uraian “Rekam SSE berhasil dengan nomor transaksi: (berisi 12 digit angka dan huruf kapital). Silakan klik tombol ‘Ubah SSP’ untuk mengubah atau klik tombol ‘Kode Billing’ untuk melanjutkan” Jika Anda sudah yakin akan kebenaran data Anda, silakan klik tombol “OK”

 

6. Muncul Kotak Dialog Berisi Pemberitahuan

sse pajak online

Jika Anda telah klik tombol OK, selanjutnya akan informasi tentang masa pajak, tahun pajak, jumlah setor, terbilang, dan uraian yang telah Anda isi sebelumnya. 

Jika Anda sudah yakin benar, Anda bisa klik icon pada kanan bawah berwarna ungu bertuliskan “Kode Billing. Kemudian, akan muncul kotak dialog baru yang berisi pemberitahuan bahwa kode billing perusahaan Anda telah dibuat. Anda bisa klik OK.

7. Nomor Kode Billing Pajak dan Masa Berlakunya Berhasil Dibuat

isi sse pajak berhasil

Terakhir, Anda akan menemukan halaman berisi informasi kode billing pajak dan masa berlaku kode billing pajak tersebut. Bila perlu, Anda bisa mencetak kode billing pada icon berwarna kuning bagian paling bawah sebelah kanan dengan tulisan “Cetak Kode Billing”.

Setelah kode billing pajak berhasil dibuat, Anda bisa melakukan pembayaran pajak perusahaan dengan menggunakan SSE yang sudah dilengkapi dengan kode billing tadi melalui internet banking perusahaan untuk memudahkan pekerjaan Anda.

Bagaimana, tidak sulit bukan, belajar menggunakan SSE untuk mendapatkan kode billing pajak secara online?