pantang menyerah

8 Cara Menumbuhkan Sikap Pantang Menyerah Bagi Para Pekerja

Ketika Anda mengejar suatu target atau bahkan jenjang karir, hampir tidak dapat dihindari bahwa pada titik tertentu Anda merasa kesulitan dan tidak yakin untuk dapat menyelesaikannya. Maka dari itu, Anda perlu memiliki sikap pantang menyerah atau resiliensi yang baik.

Contoh sikap pantang menyerah dapat ditemukan di berbagai aspek kehidupan. Namun, menumbuhkan sikap pantang menyerah memanglah tidak mudah. Pantang menyerah adalah ketika Anda tidak mudah patah semangat dalam menghadapi berbagai hambatan dan rintangan untuk mencapai tujuan Anda.

Dalam artikel ini, Anda akan menemukan bahasan mengenai cara menumbuhkan sikap pantang menyerah. Simak selengkapnya di bawah ini!

 

Apa Manfaat Memiliki Sikap Pantang Menyerah dalam Lingkungan Kerja? 

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa Anda raih apabila memiliki sikap pantang menyerah dalam lingkungan kerja.

  • Meningkatkan kreativitas dalam bekerja. Ketika Anda memiliki sikap pantang menyerah, Anda dapat melihat value dari hidup Anda yang sebenarnya dan memberanikan diri untuk melakukan hal-hal diluar batas kemampuan diri Anda. Anda pun dapat menciptakan hal-hal baru yang lebih baik bagi diri Anda sendiri dan orang-orang di lingkungan kerja Anda. 
  • Kecerdasan emosional Anda meningkat. Ada kalanya kita memberikan 100% usaha kita, tapi tetap saja, tujuan yang kita rencanakan untuk dicapai tidak berjalan semulus seperti yang kita harapkan. Ketika Anda memiliki sikap pantang menyerah, maka Anda dapat mengontrol emosi Anda dengan jauh lebih baik dalam semua jenis situasi dan belajar dari kegagalan tersebut. 
  • Menciptakan effective work ethics. Anda akan belajar bahwa akan selalu ada cara untuk menyelesaikan sesuatu dan bagaimana memprioritaskan hal-hal yang perlu diselesaikan terlebih dahulu.
  • Belajar banyak hal baru. Ketika memutuskan untuk tidak menyerah, Anda akan belajar banyak hal dan menemukan kekuatan dan potensi tersembunyi di dalam diri Anda. Anda dapat melakukan hal-hal yang lebih besar di masa depan dan menjadi inspirasi bagi orang lain.
  • Anda menjadi siap untuk segalanya. Anda harus ingat bahwa dalam setiap usaha yang kita lakukan, kita perlu mempersiapkan diri untuk kegagalan. Ketika Anda pantang menyerah, Anda akan semakin kuat dan berjuang lebih keras untuk impian Anda. Sebaliknya, jika Anda menyerah di tengah perjalanan, maka Anda tidak akan berhasil.

 

Baca Juga: Jaga Performa Saat Bekerja! Inilah 8 Cara Mempertahankan Konsistensi Kerja

 

Cara Menumbuhkan Sikap Pantang Menyerah 

Di bawah ini adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan dalam menumbuhkan sikap pantang menyerah.

 

Siapkan Rencana Matang

Sebelum Anda melakukan sesuatu, pastikan Anda selalu memiliki rencana utama dan cadangan.  Anda dapat melihat rencana dan memfokuskan kembali pada langkah-langkah yang diperlukan untuk mencapai tujuan. 

Pikirkan juga rencana cadangan sebelum memulai sebagai cadangan. Dengan cara ini ketika Anda frustasi dan ingin menyerah, Anda akan memiliki rencana alternatif untuk dilakukan.

 

Cari Support System 

Carilah dukungan dari orang atau support system terdekat Anda. Jangan mengisolasi diri Anda atau menyembunyikan perasaan frustasi Anda, dan jangan takut untuk mencari dukungan dari orang lain. 

Jangkau keluarga, teman, rekan kerja, atau bahkan forum online untuk menemukan seseorang yang dapat Anda ajak bicara dan singkirkan diri Anda dari apa yang menyebabkan Anda ingin menyerah Menemukan orang lain yang telah mengalami masalah serupa akan memperkuat tekad Anda dan membantu Anda kembali bersemangat.

 

Ingatlah Alasan Anda Memulai 

Pada awalnya, tujuan yang Anda rancang terukir indah di benak Anda berjalan mulus dan sesuai rencana. Namun kenyataannya makin kesini menjadi sulit. 

Saat hal itu terjadi, pikirkan kembali saat tujuan ini disusun. Ingatlah seberapa besar Anda menginginkan hal ini untuk berhasil. Tanyakan pada diri sendiri apakah Anda siap untuk melepaskan tujuan tersebut. Dengan begitu, Anda dapat memfokuskan kembali pikiran Anda ke tujuan di awal. 

 

Rayakan Kemenangan Anda 

Anda layak untuk mengakui semua kemenangan yang telah Anda buat dalam proses yang Anda jalani. Alih-alih merasa terbebani dengan semua yang harus Anda lakukan, tulislah daftar pencapaian yang telah Anda selesaikan, tidak peduli seberapa kecil kelihatannya. 

Dengan merayakan kemajuan atau keberhasilan kecil, Anda akan memperbarui energi Anda untuk menyelesaikan apa yang Anda lakukan. Ketika Anda melihat semua yang telah Anda lakukan, itu akan membuat Anda bersemangat untuk mengambil tindakan lebih lanjut hingga garis finish.

 

Bayangkan Hasil Akhir yang Anda Inginkan

Bayangkanlah dari apa yang ingin Anda capai, hal ini akan membuat Anda terus bergerak maju. Cobalah bayangkan sensasi kemenangan yang akan Anda rasakan jika dapat menyelesaikan pekerjaan atau mencapai tujuan Anda.  

Kapanpun Anda merasa ingin menyerah, tanyakan pada diri Anda, apakah Anda menginginkan sensasi itu? Atau apakah Anda lebih suka perasaan kecewa karena gagal di tengah jalan? Tanamkan mindset bahwa Anda bisa melakukan ini.

 

Percaya Kemampuan Anda

Tanamkan mindset bahwa Anda bisa dan akan berhasil meraih yang Anda inginkan dengan kemampuan yang Anda miliki. Menurut para ahli, orang dengan pikiran yang positif dan optimis memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk berhasil dibandingkan orang yang pesimis. 

Mengapa begitu? Karena pikiran yang positif akan mempengaruhi fisik dan mental Anda secara signifikan untuk mendapatkan apa yang Anda yakini. Fokuskan pikiran Anda pada tujuan, bukan pada hambatan. Dengan fokus pada tujuan, maka hambatan tidak akan terlihat semenakutkan itu. 

 

Baca Juga: 8 Tips Mengatasi Rasa Minder atau Kurang Percaya Diri di Kantor

 

Belajarlah dari Kegagalan

Jangan biarkan diri Anda terpengaruh oleh kegagalan orang lain. Sebaliknya, jadikanlah keberhasilan orang lain sebagai motivasi Anda. Belajarlah dari kegagalan orang lain tanpa harus mengalaminya sendiri, dengan cara itu Anda akan menghemat banyak tenaga dan waktu. 

Namun, jika Anda mengalami kegagalan, usahakanlah jangan terlalu lama bersedih dan segera mencari rencana baru atau menggunakan rencana lain yang sudah Anda persiapkan sebelumnya. 

 

Bersyukur

Anda mungkin merasa ingin menyerah karena merasa kewalahan saat ini. Mungkin bersyukur tampak seperti hal yang menjengkelkan untuk dilakukan, tetapi ingatlah untuk bersyukur. 

Kapan pun Anda merasa ingin menyerah, berhentilah dan buatlah daftar hal-hal yang Anda syukuri dalam hidup Anda. Ketika Anda mengalihkan fokus Anda untuk bersyukur atas semua hal, tugas-tugas yang tampaknya berlebihan akan terasa lebih ringan. 

Mencapai tujuan yang besar tidaklah mudah. Namun, Anda pasti dapat mencapainya dengan menolak untuk menyerah begitu saja. Anda dapat mulai menerapkan 8 cara menumbuhkan sikap pantang menyerah di atas. Semoga berhasil dan tetap semangat!