leadership

Apa itu Leadership? Pengertian, Sikap, Manfaat & Cara Membangun nya

Apa itu Leadership?

Leadership adalah salah satu fungsi manajemen untuk mempengaruhi, mengarahkan memotivasi dan mengawasi orang lain untuk menyelesaikan tugas-tugas yang telah direncanakan untuk mencapai tujuan dan sasaran organisasi. keterampilan Leadership akan sangat mempengaruhi kinerja organisasi, khususnya dalam hal mencapai tujuan organisasi.

 

Sikap Seorang Leader

Seseorang dapat dikatakan memiliki skill leadership yang baik jika memiliki beberapa kemampuan khusus dalam bersikap. Sikap yang diperlukan untuk skill leadership, antara lain; 

 

Keterampilan sosial. 

Seorang individu harus mempunyai kepekaan terhadap situasi sosial dan dapat bertindak sesuai dengan situasi.

 

Kebijaksanaan 

Ada banyak orang yang terlibat dalam suatu tim. Semakin banyak orang, semakin banyak pemikiran dan perspektif yang ada. Oleh karena itu, diharapkan seorang yang leader harus terbuka untuk perspektif orang lain.

 

Keberanian 

Sebuah tim dalam perusahaan akan menghadapi banyak masalah yang menghadang. Oleh karena itu, leader harus berani dan memahami kapan waktu untuk mempertahankan dan melakukan hal-hal yang dianggap benar serta mampu menghadapi permasalahan.

 

Mampu membuat keputusan 

Suatu permasalahan membutuhkan solusi yang harus diputuskan kemudian dieksekusi. Keputusan yang dibuat harus mempertimbangkan kebaikan bersama dan mengatasi masalah yang ada untuk memberi pengaruh yang besar dalam tim. 

 

Mengapa Leadership Diperlukan dalam Perusahaan?

Leadership merupakan hal penting dalam suatu perusahaan atau organisasi sebab leadership adalah kunci keberhasilan tim tercapai dengan baik. Semua keputusan, gerakan dan laju pembangunan membutuhkan Leadership. Alasan penting mengapa Leadership penting adalah membangun tim yang kuat. Visi dan misi sebuah tim harus dicapai melalui kerja keras dan membutuhkan bimbingan dari orang yang memiliki kemampuan leadership sangat kuat.  Dengan kekuatan leadership yang baik dan kerja sama tim bentuk yang baik pula, hambatan dan rintangan dapat dihadapi oleh tim.

 

Manfaat Leadership dalam Perusahaan

Keberadaan leadership juga memiliki manfaat yang besar untuk sebuah tim dalam perusahaan, yaitu: 

1.Peningkatan produktivitas tenaga kerja. 2.Peningkatan kemampuan untuk berhasil di bawah tekanan. 3.Meningkatkan kecerdasan emosional. 4.Meningkatkan karisma dan keseriusan dalam operasi bisnis. 5.Menumbuhkan rasa percaya diri dalam tim Anda. 6.Peningkatan keterampilan mendengarkan dan komunikasi. 7.Meningkatnya kesadaran akan keberagaman di dunia kerja.

 

Baca Juga : Pentingnya Program Pengembangan Karir untuk Karyawan

 

Cara Menumbuhkan Skill Leadership di Perusahaan

Karena dianggap sangat penting, sebaiknya setiap individu terutama pihak Manajer berusaha untuk menumbuhkan skill leadership dalam diri masing-masing. Selain akan menguntungkan perusahaan dalam mencapai tujuan, memiliki skill leadership juga menguntungkan bagi individu. Skill leadership yang kuat dalam individu akan membuat seorang individu tegar dan lihai dalam mengatasi masalah di hidupnya. Adapun cara untuk menumbuhkan skill leadership antara lain: 

 

Berlatih disiplin

Mengembangkan disiplin dalam kehidupan profesional dan pribadi Anda adalah suatu keharusan untuk memiliki skill leadership yang efektif sekaligus  untuk menginspirasi orang lain turut menjadi disiplin. Orang akan menilai kemampuan dan kredibilitas dengan sikap disiplin yang diperlihatkan di tempat kerja.

Tunjukkan disiplin di tempat kerja dengan selalu memenuhi tenggat waktu, menepati janji, dan mengakhiri pertemuan tepat waktu. Jika merasa kesulitan untuk disiplin, cobalah dari hal yang kecil seperti; bangun pagi dan berolahraga setiap hari,rutin membersihkan rumah, dan sebagainya. Ketika sudah terbiasa untuk mengerjakan dan disiplin terhadap hal kecil, maka seorang individu akan terbiasa untuk mengerjakan hal besar lainnya.  

 

Menginspirasi Orang Lain

Menjadi seorang leader berarti secara tidak langsung membuat seorang individu menjadi bagian suatu tim.  Seorang yang ditunjuk sebagai leader atau leader harus dapat memotivasi dan menginspirasi orang-orang yang bekerja untuk berkolaborasi sebaik mungkin. Ketika seorang anggota tim membutuhkan dorongan atau bimbingan, tawarkan itu. Terkadang, yang dibutuhkan seseorang hanyalah seseorang untuk mendengarkan dan bersimpati.

 

Baca Juga: Hak dan Kewajiban Warga Negara

 

Terus Belajar

Jalan terbaik untuk menjadi leader yang baik adalah selalu belajar hal-hal baru. Hal itu membuat pikiran semakin tajam dan peka terhadap situasi yang ada.  Dengan pikiran yang tajam dan peka, individu akan semakin tertantang untuk menghadapi tantangan baru yang mungkin menghadang ketika berada dalam suatu perusahaan atau organisasi.

 

Berdayakan Rekan Tim 

Memberdayakan tim bisa melalui memberikan kepercayaan atau delegasi tugas kepada individu yang lain. Tidak mungkin suatu pekerjaan mampu dihadapi sendiri. Mendelegasikan tugas kepada orang lain tidak hanya membantu pekerjaan untuk cepat selesai, tetapi juga memberdayakan orang lain di tim dan melatih skill orang lain tersebut.

 

Tetapkan Tujuan yang Kuat

Visi dan misi termegah tidak akan pernah berhasil jika tidak adanya tujuan yang kuat untuk merencanakan jalan untuk sampai ke sana. Saat seorang individu mengembangkan keterampilan leadership, investasikan waktu untuk mengklarifikasi tujuan dan memperkuatnya. 

 

Merumuskan rencana yang tepat dan menetapkan tolak ukur yang realistis akan memberi jalan untuk memandu proses bisnis dari waktu ke waktu.  Setelah mencapai tujuan tertentu tetapkan tujuan lain. Ketika berhasil terhadap tujuan tertentu, sebuah tim akan memiliki rasa bangga dan kepemilikan yang tinggi terhadap perusahaan.  Kemajuan tim dalam mencapai tujuan juga akan membawa tim lebih tangguh untuk mencapai tujuan lain yang lebih besar.

 

Pahami Kekuatan dan Cara Menggunakannya 

Setiap individu dilahirkan memiliki keunikan dan kekuatan yang berbeda-beda. Kekuatan pada setiap individu akan bermanfaat besar ketika dimanfaatkan dengan cara yang baik. Salah satu cara terbaik untuk melakukannya adalah benar-benar menguji kekuatan dan kelemahan. Setelah individu menyadari bakat tersembunyi, individu tersebut akan menikmati kekuatan dari dirinya sendiri. 

Selain mengevaluasi diri dengan cara konvensional, individu juga dapat mengevaluasi diri mereka menggunakan alat bantu. Salah satu alat bantu yang dapat digunakan adalah Metode SWOT. Metode SWOT akan mempermudah dalam mengelompokkan kekuatan dan potensi yang jika digabungkan akan menjadi manfaat besar. 

 

Baca Juga: Manfaat Membuat Analisis SWOT untuk Perusahaan

 

Berani Mengakui Kesalahan dan Terus Melangkah

Semua manusia di dunia pasti pernah membuat kesalahan. Mengakui kesalahan dan bergerak maju untuk memperbaikinya adalah cara efektif untuk memperbaiki diri. Kesalahan yang ada dapat menjadi pembelajaran untuk tidak jatuh ke lobang yang sama. Proses arah tim pun akan semakin terarah karena sudah memahami titik mana yang akan membawa tim pada kegagalan

 

Harap diingat, setiap orang memiliki tempo dan waktu yang berbeda. Begitu pula dalam mengembangkan atau menumbuhkan skill baru. Jadi, tetaplah gigih dalam berusaha mengembangkan diri karena tidak ada skill atau sesuatu yang  dapat dimiliki secara instan! Beberapa cara di atas dapat kembali dieksplorasi demi mengembangan skill leadership yang lebih baik. Semoga panduan di atas dapat bermanfaat bagi Anda yang ingin mengembangkan skill leadership.