peran teknologi informasi dalam perusahaan

Peran Teknologi Informasi dalam Perusahaan

Peran teknologi informasi dalam perusahaan adalah salah satu hal yang penting demi menunjang kelancaran aktivitas kerja dan bisnis. Seiring berjalannya waktu, pembuatan teknologi ini dirancang agar semua orang bisa dengan mudah menggunakannya tanpa memerlukan tenaga ahli khusus. Jadi, proses kerja dalam perusahaan bisa dilakukan secara efektif dan efisien.

Pengelolaan karyawan memiliki banyak tugas yang harus dikerjakan. Jika masih dikerjakan secara manual tanpa adanya bantuan teknologi informasi, maka hanya akan pengerjaan tugas menjadi sangat lama dan tidak efektif.

Lalu, apa saja pengaruh teknologi terhadap kegiatan pengelolaan sumber daya manusia?

 

Penggajian Karyawan

Gaji merupakan hak bagi seluruh karyawan setelah melakukan aktivitas kerja selama satu bulan penuh. Proses penggajian tentu saja tidak bisa dilakukan secara sembarang dan harus melalui perhitungan yang valid.

Dengan banyaknya jumlah karyawan dalam perusahaan, hadirlah aplikasi penggajian karyawan yang dapat digunakan secara otomatis tanpa harus menghitungnya secara manual. Melalui aplikasi ini, hasil perhitungan gaji akan sangat akurat dan dapat dilakukan dengan cepat.

 

Baca Juga : Mudahkan Hitung Gaji Rapel Karyawan dengan Payroll LinovHR 

 

Absensi Karyawan

Data absensi karyawan menjadi peran yang penting untuk menilai kedisiplinan karyawan dan sebagai salah satu komponen dalam menghitung gaji. Selain memanfaatkan teknologi seperti fingerprint atau pendeteksi wajah, proses absensi juga bisa dilakukan melalui ponsel pribadi.

Dengan adanya perkembangan teknologi informasi, karyawan yang sedang melakukan dinas luar ke daerah tertentu dapat melakukan absensi hanya melalui ponsel atau smartphone mereka. Selain itu, mereka juga bisa mengajukan datang terlambat, izin, cuti, atau sakit tanpa harus datang langsung ke kantor. Serta, aplikasi ini dapat membuat jadwal kerja bagi masing-masing karyawan dan mengacu pada UU Ketenagakerjaan

 

Rekrutmen dan Talent Management

Untuk mendapatkan calon karyawan terbaik, tentu saja diawali dengan proses rekrutmen. Maka dari itu sebagai HRD atau recruiter harus menyiapkan dengan sangat detail apa saja yang harus dibutuhkan saat ingin melakukan rekrutmen karyawan.

Melalui aplikasi rekrutmen karyawan, perusahaan bisa mencari bakat-bakat terbaik tanpa memakan waktu yang lama dan melibatkan tumpukan kertas yang banyak. Dengan memanfaatkan aplikasi ini, Anda hanya cukup mengakses sistem dan melihat data calon kandidat yang sudah terasing secara otomatis, sehingga proses pemilihan kandidat dapat lebih cepat.

 

Penilaian Kinerja Karyawan

Setelah bekerja selama satu periode, biasanya HRD akan melakukan penilaian kinerja untuk melihat apakah terdapat perkembangan atau justru penurunan. Proses penilaian ini haruslah dilakukan dengan sangat teliti dan tidak melibatkan emosional pribadi yang mengakibatkan hasil penilaian bersifat subjektif.

Melalui software penilaian kinerja, Anda bisa melihat hasil kinerja karyawan dan apakah target yang diberikan bisa tercapai semua. Sehingga proses penilaian bisa lebih terukur dan memberikan hasil yang objektif dan adil.

 

Pelatihan dan Pengembangan Karyawan

Untuk meningkatkan kinerja dan skill karyawan, tentu saja perusahaan harus mengadakan program pelatihan dan pengembangan karyawan. Program tersebut tentu akan jauh lebih efektif jika menggunakan sistem yang terdapat dalam software atau aplikasi.

Karena dengan aplikasi, perusahaan bisa lebih mudah untuk mengetahui hal apa yang harus ditingkatkan. Jadi, pemberian program pelatihan kepada karyawan akan lebih tepat.

 

Baca Juga : Materi yang Harus Ada dalam Leadership Training

 

Manajemen Suksesi Perusahaan

Perusahaan tentunya memiliki beberapa perencanaan demi kemajuan bisnisnya. Untuk mewujudkan hal tersebut, diperlukan adanya manajemen suksesi. Dengan memanfaatkan sistem pada aplikasi manajemen suksesi perusahaan, Anda bisa mengatur dan mengelola hal-hal yang berkaitan dengan program sukses perusahaan serta menempatkan karyawan pada posisi atau jabatan yang sesuai dengan skill mereka.

 

Bagaimana Cara untuk Mengimplementasi Teknologi Tersebut?

Kelancaran proses kerja tentu akan berdampak pada pencapaian tujuan perusahaan. Dari keenam aplikasi di atas, Anda bisa mendapatkannya dengan mudah melalui Software HRD dari LinovHR.

Melalui LinovHR, Anda bisa menggunakan seluruh aplikasi tersebut yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Dengan mengaplikasikan LinovHR, akan membantu perusahaan dalam mengelola sumber daya manusia secara teknis dan juga strategis.

LinovHR menerapkan Human Resource Information System (HRIS) agar pengelolaan administrasi karyawan bisa dilakukan secara praktis, efektif, dan efisien. Software ini juga menawarkan layanan yang bersifat premis dan juga cloud

Untuk keamanan, LinovHR sudah dipercaya oleh banyak perusahaan besar untuk menangani lebih dari 1000 karyawan dengan kebutuhan yang berbeda-beda. Sehingga software akan menyimpan seluruh data karyawan secara aman agar tidak terjadi kerusakan, kehilangan, atau penjualan data karyawan dan perusahaan kepada oknum yang tidak bertanggung jawab.

Hilangkan kompleksitas SDM perusahaan Anda dengan mempercayakannya kepada LinovHR!