payroll process rapel gaji

Fitur Payroll Process LinovHR Mudahkan Hitung Gaji Rapel Karyawan

Pernahkah Anda mendengar perusahaan merapel gaji? Rapel gaji merupakan penggabungan gaji karyawan yang akan dibayarkan pada bulan berikutnya. Tentu saja, perhitungan rapel gaji akan berbeda dengan perhitungan gaji biasanya.

Pada kesempatan kali ini, LinovHR akan memberikan penjelasan tentang kemudahan perhitungan rapel gaji menggunakan dengan fitur Payroll Process. Untuk itu, simaklah artikel di bawah ini!

 

Alasan Perusahaan Melakukan Rapel Gaji

Pada umumnya, alasan utama perusahaan merapel gaji karena anggaran yang dimiliki pada bulan tersebut tidak cukup untuk membayar gaji pegawai. 

Penyebabnya bisa jadi karena jumlah pengeluaran lebih besar dari pemasukan, perusahaan sedang mengalami kerugian/masalah finance, atau pemasukan pada bulan tersebut sedang menurun.

Misalnya, Perusahaan ABCDE pada bulan Juni mengalami penurunan pemasukan sehingga tidak bisa membayar gaji karyawannya. Untuk itu, Perusahaan ABCDE menentukan langkah untuk melakukan rapel gaji. Jadi, karyawan akan menerima gaji dua kali pada bulan Juli.

 

Baca Juga : Cara Hitung Kenaikan Gaji Berkala Perusahaan

 

Modul Payroll dari LinovHR Sebagai Solusi Penggajian

Payroll merupakan sistem yang digunakan perusahaan untuk mengatur penggajian karyawan dalam jangka waktu yang sudah ditentukan.

Agar proses perhitungan gaji dapat berjalan dengan baik, LinovHR menawarkan Modul Payroll untuk menunjang kegiatan penggajian di perusahaan.

Selain mengelola gaji, modul ini juga dapat mengelola pajak, BPJS Kesehatan atau Ketenagakerjaan, asuransi, membuat slip gaji, menyimpan data bank, dan juga membuat laporan payroll.

Tidak hanya kemudahan dalam pengelolaan gaji, modul payroll dari LinovHR pun menjamin keamanan dan kerahasiaan informasi penggajian karyawan. Sehingga kemungkinan kebocoran atau manipulasi data dapat diminimalisir. Tentu hal ini tidak ditemukan dalam pengelolaan gaji manual. 

payroll

 

Fitur Payroll Process dalam Payroll LinovHR

Untuk menghitung rapel gaji karyawan, Modul Payroll memiliki fitur Payroll Process untuk memudahkan proses perhitungan rapel gaji karyawan. Dari fitur ini, terdapat 4 proses yang dapat dilakukan.

 

1. Standard

Proses standard akan menghitung jumlah gaji pada periode yang sedang berjalan. Proses ini biasanya berjalan setiap bulan. 

 

2. THR

Selain gaji, karyawan juga berhak mendapatkan uang tunjangan hari raya atau THR. Fitur payroll process ini dapat melakukan perhitungan THR yang akan diberikan kepada karyawan.

 

3. Severance

Severance atau pesangon adalah dana yang diberikan perusahaan kepada karyawan jika sudah selesai masa kerja atau telah melakukan pemutusan hubungan kerja. Besarnya pesangon yang diberikan akan dihitung pada fitur ini,

 

4. Retroactive / Rapel Gaji

Pada proses ini berfungsi untuk menghitung selisih gaji pada periode yang sudah terlewat. Jadi perusahaan dapat melakukan rapel gaji dengan memanfaatkan fitur payroll process.

 

Baca Juga: Pengelolaan Pembayaran Gaji Menggunakan Payroll Online

 

Mudahkan Pengelolaan Manajemen Karyawan dengan LinovHR

Selain melakukan proses penggajian, perusahaan atau tim HRD juga memiliki beberapa tugas dalam mengelola manajemen sumber daya manusia. 

Agar proses tersebut dapat berjalan secara efektif, LinovHR menyediakan solusi untuk dalam membantu manajemen karyawan perusahaan. 

Dengan menerapkan Human Resource Information System (HRIS), Anda bisa mengefisiensikan pengelolaan administrasi karyawan dan bisa berfokus pada perkembangan bisnis perusahaan.

Selain modul Payroll, LinovHR juga menyediakan beberapa modul yang akan mensukseskan proses kerja HRD, antara lain:

  • Learning and Development untuk melakukan pelatihan dan peningkatan skill karyawan
  • Kelola pinjaman dana karyawan dengan modul Loan
  • Memungkinkan karyawan mengakses informasi data melalui modul Employee Self Services (ESS)
  • Succession Management untuk melakukan perencanaan sukses perusahaan
  • Mengatur jadwal karyawan dengan Time Management
  • Competency Management untuk memudahkan dalam mengelola kompetensi pada tiap unit kerja
  • Performance Management membantu dalam proses penilaian karyawan
  • Reimbursement mengelola sistem reimburse pada karyawan
  • Modul Recruitment untuk membantu proses rekrutmen perusahaan
  • Personnel Administration, mengelola data karyawan secara terperinci
  • Organization Management, menampilkan gambaran besar perusahaan

 

Setelah membaca penjelasan artikel di atas, dapat kita tarik kesimpulan bahwa rapel gaji dapat dilakukan perusahaan jika sewaktu-waktu perusahaan sedang mengalami masalah financial. Sehingga perusahaan tidak bisa membayar gaji karyawan pada bulan tersebut. 

Perhitungan rapel gaji dapat dilakukan dengan mudah dengan memanfaatkan fitur Payroll Process dari LinovHR. Fitur ini dapat membantu perusahaan dengan menghitung gaji atau rapel gaji secara akurat. Jadi tunggu apa lagi? Segera hubungi LinovHR sekarang juga!

 

LinovHR.COM/Contact-Us/