Perbedaan Visi dan Misi

Apa Perbedaan Visi dan Misi? Ini Pembahasan Lengkapnya!

Bagi sebagian orang, masih ada juga yang seringkali bingung dalam menentukan perbedaan visi dan misi. Bahkan tak jarang, ada yang terbalik dalam menuliskan isi visi, di mana kasus ini banyak ditemukan pada pembuatan karya ilmiah pendidikan.

Secara logika, memang tidak mudah untuk menentukan perbedaan antara visi dan misi yang akan dicapai dalam sebuah perusahaan atau organisasi. Karenanya, harus dipelajari secara detail dengan pemahaman khusus agar tidak tertukar antara visi dan misi ini.

Lalu, apa perbedaan visi dan misi sebenarnya? Berikut ini ulasan lengkap tentang pengertian, perbedaan, serta pemahaman tentang visi dan misi.

 

Pengertian Visi dan Misi

Secara luas, visi adalah tujuan atau pandangan jauh perusahaan yang sekiranya akan dicapai dan apa yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut di masa depan demi kemajuan perusahaan.

Karena perubahan ilmu pengetahuan dan situasi yang sulit untuk memprediksi dalam jangka panjang, maka visi bersifat tidak dapat dituliskan secara lebih jelas atau menerangkan penjelasan rinci tentang sistem dan target.

Sedangkan, misi merupakan pernyataan tentang apa yang harus dilakukan oleh perusahaan dalam upaya mewujudkan visi tersebut.

Tujuan dan alasan tentang perusahaan tersebut adalah misi perusahaan yang harus dijalankan, selain memberikan arah sekaligus membatasi proses mencapai tujuan.

 

Baca Juga: Tugas Manajer dalam Memantau Kinerja Karyawan Bersama LinovHR

 

Manfaat Visi dan Misi

Selain yang pasti untuk membawa arah perusahaan serta segala yang terkait di dalamnya untuk lebih maju dan terarah, adapun beberapa manfaat visi dan misi lainnya.

 

  1. Membawa semua yang terkait dengan perusahaan kedalam mimpi atau cita-cita yang sama.
  2. Mampu membantu dan membentuk individu untuk bekerja sama dalam suatu kegiatan.
  3. Membantu individu dalam mengambil keputusan yang sesuai keputusan yang sesuai tujuan perusahaan yang ada.
  4. Menjadi landasan utama bisnis yang akan dijalankan.
  5. Mengungguli kompetitor perusahaan yang sudah ada untuk melakukan inovasi dalam tingkat kemapanan.

 

Perbedaan Visi dan Misi

Agar dapat memberikan pemahaman yang lebih jelas, berikut ini perbedaan dari keduanya yang telah dirangkum.

 

1. Jangka Waktu

Selain berbeda maksud dan pengertian, perbedaan selanjutnya dari yang bisa dilihat dari visi dan misi adalah jangka waktunya.

Visi merupakan rencana yang bersifat jangka panjang yang bisa jadi merupakan tujuan dari perusahaan atau organisasi maupun individu tersebut di dalam hidupnya.

Sementara, misi bisa berjalan bergantung pada visi dan tujuan apa yang dibuat.

 

2. Sifat

Selanjutnya, perbedaan visi dan misi juga bisa dilihat dari sifatnya. Biasanya, sifat visi cenderung lebih umum dan hanya berupa pernyataan berorientasi namun tetap sederhana.

Sedangkan, sifat dari misi lebih khusus dan mendetail, yang biasanya berupa poin-poin penting tentang hal apa saja yang harus dilakukan untuk mewujudkan visinya. Oleh sebab itu, penting untuk membuat metode visi dan misi yang saling melengkapi.

 

3. Kajian

Perbedaan selanjutnya dapat dilihat dari kajiannya, seperti visi yang cara pandangnya jauh ke depan sebagai bentuk antisipasi dan inovasi.

Sementara, kajian misi fokus menjelaskan mengapa perusahaan itu ada, apa yang dilakukan, serta bagaimana melakukannya.

 

4. Tujuan

Perbedaan visi dan misi yang tak kalah menonjol yaitu dari tujuan keduanya.

Jika visi merupakan bayangan dan cara semua yang terkait di dalam perusahaan melihat gambaran suatu tujuan di masa depan, maka misi merupakan langkah langkah atau cara yang bisa individu lakukan demi mewujudkan visi yang sudah direncanakan saat ini juga.

 

5. Sejarah

Selain itu, visi juga biasa menjelaskan mengenai latar belakang mengapa suatu organisasi atau perusahaan didirikan.

Sedangkan misi berisikan mengenai pedoman bagaimana suatu perusahaan harus berjalan dan beroperasi untuk mencapai tujuan bersama.

 

Baca Juga: Pengertian Company Profile dan Contohnya

 

6. Cara Penyampaian

Visi seringkali dipaparkan dengan menggunakan tanpa bertele-tele menggunakan kalimat yang jelas, padat, dan singkat, sehingga mudah sekali untuk diingat.

Sedangkan, misi lebih mendetail dan dipaparkan secara luas mengenai setiap strategi yang diterapkan, tahapan tindakan, serta bagaimana upaya pencapaian lainnya.

 

7. Konsistensi

Perbedaan yang terakhir dari visi dan misi adalah konsistensinya.

Visi bersifat permanen ketika suatu perusahaan menentukan alur pembuatannya, sehingga pantang bagi mereka untuk mengubah visi tersebut karena berkaitan dengan kredibilitas serta konsistensi.

Sementara, misi biasanya diubah ketika poin-poin dari misi tersebut dianggap gagal mewujudkan visi.

 

Dalam pembentukan atau pembangunan sebuah organisasi, perusahaan atau instansi, visi dan misi merupakan hal wajib untuk dibicarakan dan tidak boleh ketinggalan. Dengan adanya kedua hal ini, tujuan pembangunan serta pengembangan bisa tercapai dengan mudah. Semoga ulasan mengenai perbedaan visi dan misi di atas bermanfaat!