workshop

Apa Perbedaan Workshop dan Training? HRD Harus Tahu!

Keahlian dan kemampuan karyawan akan mempengaruhi operasional perusahaan. Semakin banyak keahlian yang dimiliki, maka akan berpengaruh besar terhadap kinerja karyawan tersebut. Peranan HRD dalam membantu karyawan menguasai hal baru pun sangat besar. Mengadakan workshop merupakan salah satu upaya HRD dalam meningkatkan skill dan kemampuan karyawan. Seperti apa lengkapnya? 

 

Apa itu Workshop? 

Pengertian workshop adalah pertemuan dari sekelompok orang dari minat, keahlian, dan pekerjaan yang sama untuk berdiskusi secara insentif dan melakukan kegiatan. Tujuan utamanya adalah meningkatkan keahlian tiap individu yang mengikuti acara pada suatu hal yang  masih bersangkutan dengan pekerjaan kelompok tersebut.

Kegiatan workshop fokus membahas berbagai problema tertentu yang dialami oleh karyawan. Pelatihan untuk mengatasi problem tersebut pun juga diajarkan dalam workshop. Para karyawan yang mengikuti program ini diharapkan akan mendapatkan wawasan dan keterampilan baru yang dapat diimplementasikan sesuai bidang kerja masing-masing.

 

Perbedaan Workshop dan Training

Ada beberapa orang yang mengira bahwa workshop dan training merupakan kegiatan yang salah. Padahal keduanya sangat berbeda. Untuk memahami perbedaan dari workshop dan training, simak perbandingan berikut ini! 

 

Tujuan

Workshop bertujuan menemukan penyelesaian atas problema yang dijadikan topik pembahasan. Karyawan diajak secara aktif untuk memecahkan masalah berdasarkan konsep masalah dan cara yang dijelaskan.  Sedangkan training melatih karyawan agar jauh profesional dan handal melalui berbagai kegiatan insentif  dalam beberapa periode dan sesi sampai karyawan benar-benar bisa. 

 

performance review

Konsep Materi

Narasumber dalam workshop akan menjelaskan teori dan menyatukan persepsi dari peserta untuk bersama memecahkan problematika melalui solusi. Secara langsung pun karyawan akan berperan aktif. Sedangkan training dirancang untuk meningkatkan kualitas karyawan melalui berbagai kegiatan yang dapat menunjang produktivitas dan jauh lebih terorganisir. 

 

Peserta

Peserta dari kegiatan workshop adalah karyawan yang sudah menguasai atau bekerja di bidang tertentu. Dapat dikatakan bahwa karyawan akan menggali lebih dalam materi pekerjaannya melalui program ini. Berbeda dengan training, karyawan yang mengikuti training adalah karyawan yang belum menguasai keterampilan dalam tingkat profesional. Sehingga diharapkan setelah mengikuti training, karyawan dapat menguasai keterampilan baru yang belum pernah dikuasai sebelumnya. 

 

Durasi

Sesi sebuah workshop umumnya berkisar 1 hari sampai 3 hari, tergantung materi atau hal apa yang mau angkat. Durasi tiap sesi memakan waktu 5-9 jam. Lalu, bagaimana dengan training? Durasi training jauh lebih lama. Training dapat memakan waktu lebih dari sehari bahkan bisa beberapa minggu. 

 

Mempersiapkan Workshop Terbaik dengan LinovHR

HRD dan manajerial adalah pihak yang aktif merumuskan berbagai kegiatan pengembangan dan pelatihan karyawan. Hal ini semata-mata demi perkembangan karyawan dan perusahaan yang jauh lebih baik. Namun, mempersiapkan workshop tidaklah mudah. Ada banyak rencana yang harus didokumentasikan dengan sistematis sehingga penyelenggaraan acara dapat berlangsung lancar. 

 

LinovHR membantu perusahaan dalam pengelolaan khususnya kegiatan workshop melalui modul learning and development dalam Software HRD. Apa saja kemampuan unggulan Software HRD dari LinovHR? 

  1. Ada banyak sekali pembelajaran yang berguna bagi karyawan. HRD dapat membuat daftar pembelajaran atau materi yang akan disampaikan kepada karyawan melalui fitur learning checklist. 
  2. Setiap program pelatihan dan pengembangan perlu biaya khusus. Fitur budget calculation dapat membantu HRD untuk mengkalkulasikan biaya yang dibutuhkan selama acara berlangsung. 
  3. Dokumentasi materi pelatihan dan pengembangan sangat penting untuk evaluasi dan pengambilan keputusan. HRD semakin mudah melakukan dokumentasi hasil workshop melalui fitur activity catalog.  
  4. Jenis pelatihan dan pengembangan pasti memiliki sesi yang berbeda tergantung materi yang akan dijelaskan. Fitur session dapat membantu HRD untuk menyusun sesi tiap pelatihan yang akan diadakan HRD. 
  5. Perencanaan yang baik adalah rencana yang dikelola dengan matang dari awal sampai selesai. Fitur development activity dapat membantu HRD menyusun jenis pelatihan, durasi, biaya, peserta, sampai biaya yang akan dikeluarkan.

Modul learning and development dalam Software HRD dari LinovHR dapat menyukseskan program pelatihan dan pengembangan karyawan secara menyeluruh. Mulai dari workshop dan training, semua bisa direncanakan sistematis dan terpusat.  Percayakan pengelolaan karyawan perusahaan Anda kepada LinovHR! Untuk informasi selengkapnya, klik tautan berikut ini!