kerja part time

Mau Penghasilan Tambahan? Mari Coba Kerja Part Time!

Pernahkah Anda mendengar istilah kerja part time? Istilah ini cukup populer di kalangan mahasiswa dan pekerja kantoran dengan hustle culture yang kuat. Sebenarnya apa itu part time? Sederhananya, kerja part time adalah kerja paruh waktu, di mana para pekerja hanya bekerja kurang dari 30 jam perminggu.

Dinamika pekerja paruh waktu sangat beragam. Biasanya upah yang diterima para pekerja paruh waktu ini berdasarkan jam kerja atau project tertentu. Bahkan, tak jarang ada beberapa orang yang memilih bekerja paruh waktu di beberapa tempat sekaligus dibandingkan berkomitmen di satu tempat saja sebagai posisi full time.  

 

Manfaat Kerja Part Time

Dari ulasan sekilas mengenai apa itu part time dan dinamikanya, pasti terbayang mengapa beberapa orang memutuskan untuk bekerja paruh waktu terlepas dari kepadatan rutinitas mereka, bukan? Tak hanya itu, berikut beberapa manfaat jika Anda melakukan kerja paruh waktu!

 

Uang Tambahan

Siapa yang tak suka uang tambahan? Semua orang pasti menyukainya. Mungkin upah dari kerja paruh waktu memang tidak sebesar full time. Tetapi, pekerjaan yang satu ini merupakan sumber uang tambahan yang cukup menjanjikan jika ditekuni dengan baik.

Oleh karenanya tak heran para mahasiswa atau pekerja full time memilih bekerja paruh waktu di luar kesibukan mereka. 

 

Mengembangkan Keterampilan

Manfaat selanjutnya ketika Anda memutuskan kerja paruh waktu adalah mengembangkan keterampilan. Memiliki kerja paruh waktu menjadikan Anda mempunyai waktu untuk mengembangkan keterampilan lebih luas.

Umumnya tugas yang dilakukan selama pekerjaan paruh waktu adalah tugas umum atau dasar dan membuat Anda harus bekerja sama bersama berbagai pihak yang beragam. 

Dengan begitu, Anda menjadi pribadi yang lebih terampil dan handal karena setiap keterampilan tersebut bisa diterapkan di kehidupan kerja dan kehidupan sehari-hari.

 

Bisa Lebih Fleksibel

Bekerja part time memiliki jadwal yang fleksibel, para pekerjanya menjalani shift tertentu yang sudah diberikan. Fleksibilitas ini justru membuat Anda bisa lebih rileks dan mempunyai waktu lebih untuk mempelajari hal-hal baru.

Mempelajari hal-hal baru secara kontinu dapat membuat Anda bekerja lebih produktif serta meningkatkan kemampuan untuk mengembangkan networking demi menunjang pekerjaan. 

 

Mengasah Kemampuan Manajemen Waktu

Bekerja paruh waktu memiliki shift tertentu yang harus Anda jalani. Adanya penjadwalan ini membuat Anda dapat mengasah kemampuan manajemen waktu.

Menguasai manajemen waktu tentu merupakan soft skill yang layak diperhitungkan di dunia kerja. 

Bila kemampuan manajemen waktu Anda semakin baik, maka Anda dapat bekerja lebih giat dan produktif ketika menduduki posisi yang lebih tinggi dengan rutinitas yang cukup padat.

 

Jenis Kerja Part Time

Sebenarnya, apa saja jenis kerja paruh waktu yang paling umum? Berikut adalah daftar beberapa jenis pekerjaan paruh waktu!

 

Appointment Setter

Jika Anda memiliki keterampilan komunikasi yang baik, appointment setter bisa menjadi pekerjaan paruh waktu yang tepat. Anda akan mengatur janji temu untuk tenaga penjualan, baik secara langsung atau melalui telepon.

Seorang appointment setter akan  menelepon calon pelanggan atau menindaklanjuti prospek yang dilakukan oleh perusahaan.

 

Barista

Kepopuleran dan menjamurnya kedai kopi membuat pekerjaan barista semakin dibutuhkan. Seorang barista akan menyajikan kopi atau minuman lain dengan berbagai macam teknik yang digunakan oleh cafe atau kedai kopi tersebut.

Para mahasiswa umumnya sering menjalani profesi ini karena banyak cafe atau kedai kopi yang tersebar di sekitar kampus. 

 

Ojek Online

Apakah Anda memiliki motor pribadi dan mampu menghafal rute daerah tertentu? Maka Anda dapat mencoba menjadi ojek online.

Seorang ojek online memiliki tugas yang lebih modern dibandingkan ojek konvensional. Contohnya adalah mengantarkan makanan, bunga, paket langsung ke pintu depan pelanggan.

 

Fitness Instructor

Bagi Anda yang suka menghabiskan waktu di gym dan menyukai olahraga, Anda bisa mencoba profesi instruktur fitness freelance. Anda tetap bis menjalani gaya hidup sehat sembari mendapatkan bayaran dari para client.

Anda akan memberikan instruksi dan melatih client untuk berolahraga di gym, baik itu secara individu maupun berkelompok.

 

Baca Juga: Siapa itu Personal Assistant? Kenali Tugas-tugasnya!

 

Tips Mendapatkan Kerja Part Time

Bagi Anda yang ingin bekerja paruh waktu, apa saja yang perlu dilakukan atau dipertimbangkan? Simak tipsnya di bawah ini! 

 

Pertimbangkan Jadwal Pribadi

Pertimbangkan jadwal utama dan jumlah jam kerja paruh waktu Anda. Sebab, Anda memiliki rutinitas utama yang sudah dijalani sebelumnya. Pastikan jadwal kerja part time tidak mengganggu pekerjaan atau kesibukan utama Anda, begitu pula sebaliknya.

Anda juga harus mempertimbangkan ketahanan tubuh, mengingat bekerja paruh waktu berarti mengharuskan Anda harus bekerja lebih ekstra. 

 

Rutin Perbaharui CV

Selanjutnya Anda harus rajin mengupdate CV Anda. Jadi begitu Anda menemukan pekerjaan paruh waktu yang menarik, Anda dapat langsung mengirimkan lamaran dan CV saat itu juga.

Walau terlihat lebih fleksibel, pekerjaan paruh waktu tetap mengharuskan Anda mengirimkan surat lamaran kerja ketika hendak melamar. 

 

Baca Juga: 7 Contoh CV Menarik dan Kreatif

 

Perluas Jaringan

Beberapa pekerjaan paruh waktu disebarkan dari mulut ke mulut atas rekomendasi orang lain. Memiliki jaringan sosial yang luas sangat penting agar Anda mendapatkan pekerjaan part time lebih cepat.

Terkadang, beberapa perusahaan yang membuka lowongan part time untuk menguji apakah karyawan layak dinaikkan statusnya menjadi pekerja full time.

 

Baca Juga: Pekerja Penuh Waktu dan Part Time, Bedanya Apa?

 

Manfaatkan Sosial Media

Selain dari mulut ke mulut dan rekomendasi, informasi mengenai lowongan paruh waktu juga sering didapatkan dari sosial media. Anda harus rajin-rajin membuka sosial media untuk menggali informasi lowongan part time.

Sisi positifnya, Anda pun dapat menunjukkan skill Anda melalui personal branding di sosial media supaya kesempatan bertemu dengan perusahaan yang membutuhkan pekerja freelance bisa lebih besar. 

Bekerja part time membuat Anda mempunyai pemasukan tambahan yang cukup menjanjikan. Namun, Anda juga harus memperhatikan apakah kerja paruh waktu akan bentrok dengan jadwal utama Anda atau tidak.

Anda dapat memilih jenis kerja part time yang cocok dengan keterampilan Anda. Semoga ulasan di atas dapat membantu!