Apa Itu Performance Bands dan Seperti Apa Formatnya?

.

Newslater

Newsletter

Isi Artikel

Bagikan Artikel Ini :

Apa Itu Performance Bands dan Seperti Apa Formatnya?
Isi Artikel

Ada banyak metode yang bisa digunakan perusahaan dalam menilai kinerja karyawan. Salah satunya adalah performance bands yang membantu dalam memetakan kinerja, kontribusi, dan kompetensi karyawan.

Metode ini disebut-sebut bisa meningkatkan motivasi karyawan dan membantu perusahaan memaksimalkan SDM sebagai aset mereka.

Mari simak penjelasannya dalam artikel LinovHR berikut ini!

Apa Itu Performance Bands

Secara singkat, performance bands merupakan kerangka yang dipakai perusahaan untuk mengelompokkan karyawan berdasarkan kinerja, kontribusi, kemahirannya di dalam organisasi. Metode ini merupakan cara yang terstruktur dan objektif untuk mengevaluasi kinerja karyawan secara berkala.

Setiap bands menggambarkan kategori tingkat kinerja tertentu yang membantu perusahaan dalam menilai dan mengurus para karyawannya dengan lebih efektif.

Istilah lainnya juga dikenal sebagai performance ratings atau performance levels, perkembangan karyawan biasa diukur sejak hari pertama mereka bekerja oleh pihak perusahaan.

Mengapa Performance Bands Penting

Menurut laporan dari McKinsey Company, melacak kinerja karyawan sangat penting bagi bisnis. Performance bands, menjadi salah satu metode yang bisa diterapkan untuk melacak kinerja, adapun manfaat dari penerapan metode ini adalah:

1. Membuat Manajemen Karyawan Lebih Teratur

Lewat pengukuran kinerja karyawan, pengusaha dapat mengidentifikasi mana pekerja yang merupakan aset bagi tim dan memberi banyak kontribusi.

Perusahaan juga bisa dengan mudah memilih karyawan untuk diberi kenaikan di masa mendatang berdasarkan kinerja mereka di masa lalu.

2. Memotivasi Karyawan

Karyawan senang jika pekerjaan mereka diapresiasi. Karyawan yang merasa dihargai akan cenderung meningkatkan performa mereka ke depannya.

Adanya performance ratings membuat karyawan termotivasi untuk bekerja secara efisien untuk perusahaan dan menjadi percaya diri dengan pekerjaan mereka.

3. Menetapkan Kompensasi yang Sesuai

Lewat penilaian kinerja, kompensasi yang diberikan kepada karyawan bisa menjadi lebih adil dan layak karena sesuai dengan tingkat kontribusi mereka kepada perusahaan.

Tentunya, hal ini juga membuat karyawan merasa kerja keras mereka diakui dan dihargai sehingga mendorong mereka untuk meningkatkan performa lagi.

4. Sebagai Aset Masa Depan

Performance bands tidak hanya menentukan kinerja karyawan saat ini, melainkan juga melihat potensi karyawan tersebut di masa yang akan datang.

Perusahaan tidak hanya mencari karyawan yang bisa bertindak sebagai aset penting organisasi dalam jangka pendek, melainkan juga untuk jangka panjang.

5. Sebagai Metode Evaluasi

Adanya performance ratings membantu perusahaan untuk menilai dan mengevaluasi kinerja karyawan.

Dengan begitu, mereka tahu mana saja karyawan yang memenuhi atau bahkan melebihi ekspektasi dari tim dan perusahaan selama bekerja.

Baca Juga: Contoh Performance Management Cycle

Bagaimana Karyawan Mengembangkan Performance Bands Mereka

Lalu, bagaimana karyawan bisa meningkatkan kinerja mereka untuk meningkatkan kualitas pekerjaan dan membuat mereka lebih menonjol dalam penilaian performance bands? Berikut cara-cara yang bisa ditempuh.

1. Dedikasi

Dedikasi dan kerja keras menunjukkan komitmen dan kesungguhan karyawan terhadap pekerjaannya.

Maka dari itu, hal ini penting dimiliki bagi mereka yang ingin menjadi karyawan teladan atau menonjol di antara pekerja lain. Oleh karenanya, tunjukkan kesungguhan dan keseriusan selama bekerja.

2. Tepat Waktu

Kedisiplinan adalah hal yang sangat penting ketika mengerjakan sebuah tugas, terutama mengenai waktu.

Menghargai dan mematuhi waktu yang telah ditetapkan, seperti jam masuk, deadline pekerjaan, dan jadwal acara atau meeting mencerminkan integritas dan etos kerja karyawan yang tinggi.

3. Sikap dan Perilaku

Ketika bekerja di lingkungan profesional, perusahaan menuntut standar sikap dan perilaku tertentu dari karyawannya. Maka, tunjukkan sikap yang sopan, positif, dan ramah.

Jika terdapat selisih paham atau ketidaksetujuan di antara rekan kerja atau atasan, gunakan gaya komunikasi asertif untuk mengatasi masalah yang ada tanpa menimbulkan keributan.

4. Sanggup Memotivasi

Karyawan yang hebat bukan hanya mereka yang mampu bekerja dengan baik, melainkan juga membantu orang lain ketika dibutuhkan, baik rekan kerja maupun klien, yang sedang mengalami kendala.

Dari sini, perusahaan akan menilai bahwa pegawai tersebut tidak hanya mampu memotivasi dirinya sendiri, melainkan juga menyebarkan semangat dan pengaruh positif kepada orang-orang di sekelilingnya.

Format Performance Bands

Performance bands dapat  diklasifikasikan dalam berbagai cara untuk mengkategorikan karyawan. Berikut ini adalah di antaranya:

1. Format Numerik

Format ini menggunakan angka dalam mengklasifikasi para karyawannya. Contohnya:

  • Band 1: Untuk karyawan yang melakukan pekerjaan dengan sangat baik.
  • Band 2: Untuk karyawan yang melakukan pekerjaan dengan memuaskan.
  • Band 3: Untuk karyawan yang melakukan dengan pekerjaan baik.
  • Band 4: Untuk karyawan yang perlu meningkatkan kinerjanya sedikit lagi, dan seterusnya.

2. Format Alfabet

Format ini paling sering digunakan, di mana klasifikasi terhadap kinerja karyawan didasarkan pada urutan alfabet, contohnya:

  • Band A: Untuk karyawan yang melakukan pekerjaan dengan sangat baik.
  • Band B: Untuk karyawan yang melakukan pekerjaan dengan baik.
  • Band C: Untuk karyawan yang perlu sedikit meningkatkan kinerja lagi, dan seterusnya.

Lakukan Penilaian Karyawan Lebih Mudah dengan Software Performance LinovHR

performance review

Penilaian karyawan membantu perusahaan untuk mengukur kinerja karyawan sesuai dengan standar dan goals yang ditetapkan perusahaan.

Dengan mengukur kinerja karyawan, perusahaan pun bisa mengetahui tingkat produktivitas dan kompetensi karyawan dalam menyelesaikan tugas hariannya.

Software Performance Management LinovHR, yang dilengkapi dengan fitur Balance Scorecard, dapat memfasilitasi perusahaan dalam melakukan pemetaan tingkat kinerja karyawan.

Dengan memetakan Goals dan KPI di awal, lalu melakukan monitoring progres pencapaian KPI. Sistem akan secara otomatis melakukan perhitungan pencapaian KPI.

Karyawan pun bisa dengan mudah melaporkan progres KPI mereka, menggunakan aplikasi ESS yang bisa diinstall di smartphone mereka.

Ayo, ajukan demo gratisnya sekarang untuk tahu lebih dalam fitur dan manfaat dari Software Performance Management LinovHR!

Tentang Penulis

Picture of Amanda Alodyasari
Amanda Alodyasari

Bagikan Artikel Ini :

Related Articles

Newslater

Newsletter

Tentang Penulis

Picture of Amanda Alodyasari
Amanda Alodyasari

Artikel Terbaru

Telusuri informasi dan solusi HR di sini!

Subscribe newsletter LinovHR sekarang, ikuti perkembangan tren HR dan dunia kerja terkini agar jadi yang terdepan di industri

Newsletter