deadline adalah

Deadline adalah hal yang Harus Ditakuti dalam Bekerja?

Sebagian besar karyawan tidak menyukai deadline, bahkan menganggapnya sebagai tekanan di kehidupan kerja. Tapi, sadarkah Anda bahwa dengan adanya deadline justru membantu menjaga seluruh tugas dan kewajiban terselesaikan dengan baik.

Simak artikel ini sampai akhir untuk mengetahui lebih lanjut bagaimana tips dalam menghadapi deadline kerja!

 

Mengenal Arti Deadline 

Sebelum menyelami lebih dalam ke bagaimana tips menghadapi deadline, Anda harus mengenal terlebih dahulu arti deadline.

Deadline adalah tenggat waktu di mana sebuah proyek atau tugas harus diselesaikan sebelum waktu yang telah ditentukan. Jika Anda memenuhi deadline berarti Anda telah menyelesaikan dan mengirimkan pekerjaan Anda sebelum waktu dan tanggal yang ditetapkan. 

Ketika diberi deadline, Anda bertanggung jawab penuh untuk menyelesaikan pekerjaan yang telah diberikan oleh atasan Anda. Mereka telah menentukan deadline berdasarkan tujuan spesifik dari proyek yang ada. Jadi penting sekali untuk memenuhinya demi keberhasilan dalam mencapai tujuan bersama. 

 

Perbedaan Deadline dan Dateline

Tulisan dan pengucapan ‘deadline’ dan ‘dateline’ yang hampir mirip membuat keduanya sering tertukar dalam penggunaannya.

Berbeda dengan deadline yang memiliki pengertian menyelesaikan tugas sebelum waktu yang telah ditentukan, dateline berarti jatuh tempo. Dalam kata lain Anda menyelesaikan pekerjaan tepat pada saat waktu yang telah ditentukan.

Sebenarnya, Istilah dateline lebih umum digunakan dalam bidang jurnalistik. Dilansir dari situs kamus online dictionary.cambridge.org, dateline diartikan sebagai baris dalam artikel surat kabar yang menyertakan tempat dan tanggal penulisan.

Jadi, dateline merupakan salah satu unsur dalam produk jurnalistik yang menunjukkan tempat dan tanggal dari suatu pemberitaan. Jadi, jangan sampai keliru lagi, ya! 

 

Perlukah Khawatir dengan Deadline Kerja?

Kebanyakan orang merasa sulit untuk memenuhi deadline. Tak jarang deadline kerja membuat Anda merasa cemas dan stress. Padahal tanpa Anda sadari deadline memiliki manfaat yang baik bagi pekerjaan.

Adanya deadline membuat Anda menjadi lebih produktif, fokus, dan menetapkan prioritas. Penting untuk tidak menganggap deadline sebagai bom waktu.

Tahukah Anda bahwa banyak yang bisa diselesaikan dalam waktu singkat jika Anda tetap tenang dan tidak membiarkan stres mengelabui pikiran Anda.

Anda  tidak perlu khawatir lagi untuk menghadapi deadline karena tips-tips di bawah ini akan membantu Anda dalam menghadapi deadline kerja. 

 

Tips Menghadapi Deadline Kerja

Berikut ini  beberapa tips mudah yang dapat membantu Anda dalam menghadapi deadline kerja. Simak baik-baik!

 

Pahami Tujuan 

Anda harus memahami tujuan spesifik yang ingin Anda capai di awal. Pahami betul-betul apa yang diharapkan atasan anda dari Anda. Jika ada yang tidak Anda mengerti, ajukanlah pertanyaan sampai Anda memahami secara spesifik apa yang mereka minta dari Anda.

Jika Anda telah mengetahuinya, cobalah uraikan tujuan Anda menjadi tiga atau lebih tujuan yang lebih kecil dan kerjakan secara berurutan untuk memudahkan Anda dalam mencapainya. 

 

Buat To-Do-List

Buatlah to-do-list atau daftar yang berisi semua langkah yang harus Anda ambil untuk menyelesaikan pekerjaan Anda. Catatlah secara rinci. To-do-list membuat Anda tetap sadar akan apa yang ingin Anda capai setiap saat sekaligus menjaga motivasi Anda. 

Lihat to-do-list Anda sesering mungkin dan periksa pekerjaan yang telah berhasil Anda selesaikan untuk memastikan tidak ada yang terlewatkan.

 

Baca Juga: 7 Kiat Membuat To-Do-List Efektif dan Efesien

 

Fokus di Satu Tugas

Ketika Anda tahu tugas mana yang perlu Anda kerjakan terlebih dahulu, curahkan perhatian Anda sepenuhnya  hanya pada tugas itu. Meskipun Anda memiliki tugas lain yang memerlukan perhatian, berfokus pada satu satu hal memungkinkan Anda untuk menyelesaikan pekerjaan dengan akurat dan minim kesalahan. 

 

Tanamkan Sikap Positif

Sikap yang Anda bawa menentukan suasana lingkungan kerja Anda, jadi buatlah itu menjadi lingkungan yang positif. Jadikanlah deadline sebagai tantangan yang harus Anda penuhi sehingga Anda dapat lebih mengasah keterampilan Anda dan tumbuh menjadi aset yang lebih baik bagi perusahaan Anda.

Melihat hal-hal secara positif menciptakan motivasi untuk membantu Anda tetap bekerja dan memenuhi deadline Anda.

 

Kerjakan dengan Segera 

Cara terbaik untuk memenuhi deadline adalah mengerjakan pekerjaan sesegera mungkin. Setelah Anda selesai melakukan persiapan, mulailah bekerja sesuai perencanaan. Setelah Anda memulai, semakin besar kemungkinan Anda untuk melanjutkannya. 

Tidak perlu sempurna, karena jika Anda telah menganggarkan waktu ekstra untuk diri sendiri, Anda selalu dapat kembali lagi nanti untuk memperbaikinya. Sikap menunda atau prokrastinasi hanya akan membuat pekerjaan Anda semakin berantakan. 

 

Singkirkan Hal Tidak Penting

Jangan membuang-buang waktu dengan hal-hal yang tidak penting. Jika Anda memiliki deadline, gunakan waktu Anda sepenuhnya untuk bekerja. Jauhkan diri Anda dari ponsel dan matikan semua notifikasi untuk sementara waktu. 

 

Ketahui Waktu Produktif Anda

Setiap orang memiliki waktu produktif yang berbeda-beda. Ada yang merasa di siang hari  mereka paling produktif, beberapa lagi lebih produktif di malam hari. Penting untuk mengetahui waktu produktif Anda sehingga bisa mendedikasikan waktu tersebut untuk menyelesaikan deadline.

 

Ciptakan Ruang Kerja Ideal

Jika Anda ingin lebih produktif dan menghindari rasa sakit dan nyeri yang tak terhindarkan saat mengejar deadline, ruang kerja yang nyaman dapat membuat pikiran dan tubuh Anda lebih tenang dan energik dalam bekerja. 

 

Baca Juga: 10 Desain Ruang Kerja Nyaman untuk WFH Produktif di Rumah

 

Pulihkan Energi

Langkah penting dalam menghadapi deadline adalah memberi diri Anda waktu istirahat. Terkadang, Anda hanya perlu menjauh selama beberapa menit dan mengumpulkan energi sebelum kembali bekerja. Cobalah sisihkan waktu sekitar 10-15 menit untuk melakukan hal-hal yang dapat memulihkan kembali energi Anda. 

 

Kesimpulan

Tidak dapat dipungkiri bahwa deadline adalah hal yang akan selalu ada dalam setiap pekerjaan, terlepas dari di mana Anda bekerja atau apa yang Anda lakukan. Deadline memang terkadang membuat kita stress.

Namun di sisi lain, adanya deadline dapat membuat seluruh tugas lebih terencana. Dengan menerapkan tips-tips di atas, Anda akan lebih siap dalam menghadapi deadline.

Jadi tidak perlu takut untuk menghadapi deadline!