peta kompetensi pegawai

Tahapan Menyusun Peta Kompetensi Pegawai

Kompetensi karyawan perlu dikelola dengan baik. Sebab, kompetensi yang baik akan mempengaruhi performa karyawan dan pastinya akan meningkatkan produktivitas bisnis perusahaan. Agar kompetensi dapat berkembang dengan baik, perusahaan dapat melakukan pemetaan kompetensi dengan cara membuat peta kompetensi pegawai.  

Apa itu peta kompetensi pegawai, mengapa ini penting dan bagaimana cara menyusunnya?

Pengertian Peta Kompetensi Pegawai

Peta kompetensi Pegawai atau sering disebut dengan competency mapping adalah sebuah cara untuk mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan karyawan. Semua indikator akan dipetakan sehingga mempermudah HRD untuk menentukan cara terbaik untuk mengembangkan kemampuan karyawan. Dari pihak karyawan pun juga bisa memanfaatkan analisis tersebut untuk pengembangan kemampuan secara mandiri. 

 

Pentingnya Peta Kompetensi dalam Perusahaan

Saat ini persaingan bisnis semakin ketat. Agar mampu beradaptasi dengan persaingan bisnis tersebut, perusahaan harus terus melakukan inovasi atau meningatkan kualitas produk maupun jasa yang ditawarkan. Dibutuhkan pegawai/karyawan dengan kinerja baik agar dapat mendukung hal tersebut.

Namun, tidak selalu kinerja karyawan berjalan mulus. Ada masanya karyawan mengalami penurunan produktivitas atau tidak mampu berkembang sesuai kebutuhan perusahaan. Hal ini mengindikasikan bahwa adanya perbedaan antara kebutuhan perusahaan dengan kondisi kompetensi (Skill) karyawan saat ini. Sehingga diperlukan suatu metode untuk menganalisis kelebihan dan kekurangan karyawan yang akan digunakan demi peningkatan kompetensi. Di sinilah peran penting pemetaan kompetensi pegawai. 

Dengan memetakan setiap kelemahan dan kelebihan karyawan dengan akurat, HRD dapat menyusun strategi apa saja yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kompetensi karyawan. Dengan begitu, karyawan dapat meningkatkan kompetensi yang dimiliki demi operasional perusahaan yang lebih baik. 

 

software hris

Manfaat Membuat Peta Kompetensi Pegawai

Memetakan kompetensi dapat membantu HRD untuk merancang strategi pengembangan karyawan. Sehingga tujuan perusahaan dapat tercapai. Jika diuraikan, berikut manfaat lain dari pemetaan kompetensi pegawai: 

  1. Membantu organisasi untuk meningkatkan standar produksi dan kinerja keseluruhan.
  2. Mempermudah perusahaan untuk menyelaraskan strategi utama di berbagai departemen untuk tujuan yang sama dan hasil akurat.
  3. Membantu untuk menetapkan ekspektasi kerja di berbagai posisi.
  4. Membantu karyawan untuk memahami cara mencapai ekspektasi kerja dari masing-masing posisi.
  5. Mengidentifikasi standar perilaku keunggulan kinerja.
  6. Memberikan penilaian yang lebih spesifik tentang kekuatan serta kelemahan karyawan.
  7. Memudahkan komunikasi mengenai ekspektasi kinerja. 
  8. Landasan antara manajer dan karyawan untuk mendiskusikan masalah kinerja dan pengembangan yang berorientasi karier. 
  9. Meningkatkan kepuasan kerja karyawan melalui pengarahan yang jelas dan tepat sasaran.
  10. Menyediakan laporan guna analisis kinerja karyawan.

 

Baca juga: Apa Itu Competency Matrix System dan Manfaatnya Untuk Perusahaan

 

6 Tahap Membuat Peta Kompetensi

Peta kompetensi pegawai menunjukkan posisi setiap karyawan dan kaitannya terhadap tugas atau job desc tertentu. Berikut tahapan yang harus dilakukan untuk membuat pemetaan SDM:

 

1. Klasifikasi Kompetensi

Secara umum, kompetensi diklasifikasikan menjadi dua kategori yaitu fungsional dan perilaku. Namun, kompetensi dapat diklasifikasikan ke dalam lebih banyak kategori tergantung pada tujuan keseluruhan dari pengembangan melalui proses pemetaan kompetensi.

 

2. Mendefinisikan Kompetensi

Adalah hal yang sangat penting untuk mendefinisikan kompetensi dengan baik. Tahap Ini membantu dalam memberikan gambaran yang jelas tentang seperangkat keterampilan dan kemampuan yang diperlukan untuk melakukan pekerjaan tertentu. 

 

3. Mengidentifikasi Indikator Perilaku

Elemen kunci dari setiap proses pemetaan kompetensi adalah sekumpulan perilaku yang mendefinisikan kompetensi tersebut. Indikator ini akan berpengaruh terhadap pekerjaan tiap-tiap karyawan dari divisi atau departemen yang berbeda. 

 

4. Mengidentifikasi Tingkat Kemahiran

Tidak setiap orang dalam suatu departemen memiliki tingkat keahlian atau kemahiran yang sama. Oleh karena itu, sangat penting untuk memahami seberapa jauh tingkat kemahiran karyawan dalam sebuah perusahaan agar HRD mampu mengupayakan pengembangan yang akurat. HRD dapat berdiskusi dengan manajer tiap divisi untuk mengidentifikasi tingkat kemahiran. 

 

5. Implementasi

Lihat kembali tujuan awal Anda untuk mengembangkan kerangka kompetensi. Jangan lupa untuk mensosialisasi kepada karyawan mengenai implementasi pemetaan kompetensi dan tujuan dari pemetaan tersebut. Sebab, pemetaan kompetensi juga membutuhkan peranan karyawan agar terlibat secara aktif.

 

6. Membuat Laporan Pemetaan

Implementasi tidak akan lengkap tanpa adanya laporan yang jelas. Laporan pemetaan kompetensi membantu HRD untuk menganalisis dan menyoroti kinerja karyawan. Sehingga dapat dirumuskan strategi atau perencanaan serta evaluasi yang komprehensif demi perkembangan yang lebih baik. 

Peta kompetensi pegawai dapat menjadi salah satu cara dari sekian banyak metode dalam pengelolaan kompetensi karyawan. LinovHR dapat mewujudkan pemetaan kompetensi pegawai yang lebih efektif dan sistematis melalui modul competency management. Dengan modul competency management dari LinovHR, penyusunan competency mapping jauh lebih mudah dan praktis.

Modul Competency Management, dalam Software HRD LinovHR memiliki berbagai fitur penting untuk melakukan pemetaan dan memaksimalkan kompetensi pegawai seperti fitur Competency List yang memudahkan manajemen membuat daftar kompetensi yang dibutuhkan unit kerja. lalu ada fitur competency model untuk mengelompokan setiap daftar kompetensi ke role job tertentu.

Selanjutnya ada fitur Gap Analyst untuk memudahkan HR menganalisa setiap gap competency untuk meningkatkan efektifitas posisi tertentu. Masih banyak fitur lain yang dapat anda manfaatkan untuk memaksimalkan pengelolaan kompetensi atau skill karyawan.

Simak fitur hebat lainnya melalui tautan berikut ini https://www.linovhr.com/competency-management-modul/ atau undang Tim kami untuk melakukan demo Software HRD LinovHR