Competency Mapping

Mengelola Competency Mapping dengan Software HRD LinovHR

Competency Mapping adalah memetakan indikator-indikator penting untuk mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan karyawan agar divisi HRD bisa menentukan langkah yang tepat dalam mengembangkan skill karyawan. Selain itu, competency mapping juga bisa digunakan oleh karyawan untuk melihat sudah sejauh mana peningkatan skill yang dimilikinya.

Mengelompokan setiap kelemahan dan kelebihan karyawan dengan akurat, HRD bisa menyusun cara terbaik untuk meningkatkan skill karyawan. Untuk mengelola competency mapping karyawan secara efektif, perusahaan bisa memanfaatkan Software HRD dari LinovHR.

LinovHR sudah dikenal sebagai vendor penyedia Software HRD terbaik yang dipercaya banyak perusahaan. Melalui modul competency management, LinovHR akan membantu HRD mewujudkan pengelolaan kompetensi yang tepat sasaran dan akurat. 

performance review

Cara Software HRD LinovHR Mengelola Competency Mapping

Setiap perusahaan memiliki standar atau kualifikasi yang harus dipenuhi oleh para karyawan. Kemampuan setiap karyawan tentu saja akan berpengaruh kepada kelancaran bisnis perusahaan

Competency mapping akan membantu perusahaan meningkatkan kompetensi yang dimiliki karyawan dengan menganalisis apakah dalam satu periode kerja, karyawan mengalami penurunan produktivitas atau justru terdapat peningkatan. Competency Mapping akan berfungsi sebagai mensinkronisasi standar perusahaan dengan standar yang dimiliki karyawan.

Lalu bagaimana LinovHR mengelola Competency Mapping perusahaan?

Dalam modul Competency dari Software HRD LinovHR, terdapat menu Job Role dan Job Title yang akan membantu pemetaan kompetensi. Masing-masing menu akan menyajikan informasi terkait dengan standar atau kualifikasi dari setiap divisi di perusahaan.

Dari Job Role dan Job Title tersebut, karyawan harus memiliki standar yang sudah ditetapkan perusahaan. Contohnya, junior programmer harus menguasai kemampuan pemrograman berbahasa Java.  Namun jika karyawan memiliki skill atau kemampuan lain diluar standar tersebut, admin bisa menambahkan skill tersebut pada menu Employee.

 

Baca Juga: Tahapan Menyusun Peta Kompetensi Pegawai

 

Bagaimana jika semua standar yang sudah ditetapkan perusahaan belum bisa dimiliki karyawan? 

Bila karyawan tidak memiliki salah satu skill dari standar perusahaan, HRD bisa mengadakan program pelatihan kepada karyawan agar standar skill yang diminta perusahaan bisa terpenuhi. Program pelatihan dan pengembangan ini dapat dirancang menggunakan modul Learning and Development dari LinovHR. Maka, perancangan pun bisa dilakukan lebih sistematis dan terperinci. 

Jika perusahaan ingin mengatur kembali atau menambahkan standar kualifikasi dari setiap divisi, HRD akan me-reset kembali Job Role, Job Title, serta Employee sesuai dengan standar/kualifikasi yang dibutuhkan perusahaan dan melakukan setting dari awal.

Modul Competency Management LinovHR dapat mengelola Competency Mapping dengan menyajikan informasi secara jelas dan detail sehingga perusahaan bisa memudahkan dalam mengembangan skill karyawan.  

Tidak hanya itu, informasi mengenai kompetensi dalam modul Competency Management juga dapat dijadikan acuan dalam mengadakan rekrutmen sesuai kualifikasi yang sedang dibutuhkan.

 

Mudahkan Pengelolaan Standar Kualitas SDM Perusahaan dengan Modul Competency Management

Software HR Indonesia LinovHR memiliki modul Competency Management untuk memudahkan dalam mengatur standar kualitas dari setiap divisi maupun unit perusahaan. Melalui modul ini, perusahaan dapat membuat daftar untuk seluruh jenis kompetensi yang dibutuhkan oleh semua unit kerja.

 

Apa saja kemudahan dan keunggulan yang dimiliki modul Competency Management? 

  1. Membuat daftar untuk seluruh jenis kompetensi yang dibutuhkan oleh semua unit atau divisi kerja.
  2. Mampu membagi kompetensi berdasarkan dengan proses bisnis perusahaan.
  3. Mampu dalam menganalisa setiap kompetensi yang harus ditingkatkan untuk menunjang efektifitas posisi/job tertentu.
  4. Memudahkan saat perusahaan mengatur secara detail setiap competency yang sudah di ditetapkan ke job role, job title atau employee secara langsung.
  5. Menyimpan segala informasi dan data terkait kompetensi dengan aman serta rahasia secara terpusat. 

 

Dengan menempatkan karyawan dengan posisi sesuai dengan skill yang dimiliki, perusahaan akan lebih mudah meningkatkan produktivitas dan mencapai target. Sebab standarisasi kompetensi sangat berkaitan dengan kinerja dari tiap karyawan itu sendiri. Bisa dikatakan awal pengelolaan kinerja yang baik berawal dari pengelolaan kompetensi. 

 

Baca Juga: Keunggulan KPI System untuk Kinerja Karyawan

 

Demikianlah pembahasan mengenai pengelolaan competency mapping menggunakan software HRD LinovHR. Competency mapping akan sangat berguna untuk menyajikan informasi standar perusahaan secara jelas serta mensinkronisasi skill karyawan dengan standar perusahaan. Untuk memudahkan perusahaan dalam pengelolaan competency mapping, segera hubungi tim LinovHR sekarang juga!