prestasi kerja

Manfaat Pemberian Prestasi Kerja untuk Karyawan & Perusahaan

Setiap perusahaan tentu ingin sejahtera dan terus berkembang dari waktu ke waktu. Salah satu faktor penunjang hal tersebut adalah prestasi kerja.

Apa yang dimaksud dengan prestasi kerja dan manfaatnya? 

 

Pengertian Prestasi Kerja

Ada banyak ahli yang mengungkapkan arti dari istilah prestasi kerja. Adapun pengertian prestasi kerja menurut ahli sebagai berikut.

 

Andrew F. Sikula (2015 : 57)

Menurut Sikula, istilah tersebut adalah metode evaluasi kinerja yang sistematis yang telah dilakukan oleh karyawan dan berguna untuk pengembangan perusahaan.

 

Dale Yoder (2015 : 43)

Yoder menyatakan prestasi kerja merupakan prosedur yang formal dilakukan di dalam organisasi usaha untuk menilai pegawai atas sumbangan kinerja untuk kepentingan perusahaan.

 

Gary Dessler (2015 : 523)

Dessler mengungkapkan, prestasi kerja merupakan perbandingan antara persepsi aktual bawahan dan standar yang telah ditetapkan dalam langkah pertama. Selain itu, hal ini juga melibatkan beberapa jenis bentuk pengharkatan.

 

Malayu S.P. Hasibuan  (2015 : 87)

Menurut Hasibuan, dalam sebuah organisasi, prestasi kerja umumnya memiliki kaitan dengan usaha penentuan nilai suatu kinerja.

Melalui penilaian produktivitas karyawan, pemimpin badan usaha dapat mengetahui atas tingkat potensi dan kemampuan yang ada.

Hal ini akan menjadi dasar tolak ukur bagi pimpinan usaha dalam memberikan kompensasi, promosi, dan mutasi.

 

Kustartini (1977 : 22)

Kustartini menyatakan, prestasi kerja merupakan kesanggupan pelaksanaan kinerja sesuai waktu yang telah ditentukan, berkualitas, dan mampu mencapai tujuan yang telah ditentukan.

 

Siswanto Sastrohadiwiryo (2013 : 243)

Sastrohadiwiryo menggagaskan bahwa hal ini merupakan kinerja yang telah dicapai oleh seorang karyawan dalam melaksanakan tugas dan kewajiban pegawai yang telah diberikan kepadanya.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa prestasi kerja adalah hasil kinerja secara kualitas dan kuantitas seorang pegawai dalam menjalankan kinerja berdasarkan kewajiban dan tanggung jawab yang dilimpahkan kepadanya. 

 

Baca juga: Siapa itu Konsultan HR? Yuk, Kenali Lebih Lanjut! 

 

Manfaat Prestasi Kerja untuk Karyawan

Apabila seorang karyawan mampu bekerja melebihi ambang rata-rata kinerja pegawai lainnya, maka hal tersebut merupakan suatu prestasi. Apa saa manfaatnya?

 

  • Meningkatkan Motivasi 

Dalam perusahaan, kinerja masing-masing karyawan tentu akan berbeda. Untuk meningkatkan produktivitas, perusahaan dapat mengumumkan pencapaian para pegawainya.

Dengan demikian, semangat kerja atau motivasi karyawan akan meningkat.

 

  • Memberi Rasa Kepuasan Kerja

Melalui pencapaian ini, karyawan yang telah berusaha keras untuk memenuhi target perusahaan akan merasa terpuaskan jika dirinya dinilai memiliki kinerja baik.

Atas hal tersebut, perusahaan harus lebih memperhatikan kinerja pegawainya.

 

  • Kejelasan Standar Kerja Terbaik

Karyawan perlu tahu apa tolak ukur yang menentukan nilai kinerja. Nah, melalui hal tersebut, karyawan akan lebih paham sampai manakah standar yang baik. Alhasil, karyawan dapat bekerja sesuai apa yang diinginkan perusahaan.

 

  • Mencairkan Komunikasi antara Karyawan dan Atasannya

Umumnya, hubungan komunikasi di perusahaan cenderung kaku. Dengan menggunakan prinsip ini, karyawan bawahan dapat memulai pembicaraan kecil seputar cara dalam meningkatkan produktivitas.

 

Baca juga: Bagaimana Cara Meningkatkan Prestasi Kerja Karyawan? 

 

Manfaat Prestasi Kerja untuk Perusahaan

Tidak hanya bermanfaat bagi karyawan tapi juga untuk perusahaan. Apa saja manfaatnya?

 

  • Tingkatkan Suasana Kantor yang Kolaboratif

Guna meningkatkan produktivitas perusahaan, perlu akan adanya alur kerja yang kolaboratif. Namun, untuk menciptakan hal tersebut tidaklah mudah.

Nah, melalui konsep manifestasi, karyawan akan lebih giat dan tertarik untuk bekerja sama dengan rekan lainnya.

 

  • Mempermudah Menentukan Kompensasi

Di setiap perusahaan tentu ada karyawan yang giat dan tidak. Karyawan giat tersebut tentu berhak mendapat suatu penghargaan lebih dari perusahaan.

Perusahaan dapat lebih mudah untuk memberikan kompensasi kepada karyawan yang pantas mendapatkannya.

 

  • Penempatan Posisi Karyawan Lebih Optimal

Tiap karyawan punya potensi tersendiri. Terkadang untuk mengetahui di mana potensi aktivitas karyawan dapat dimaksimalkan, perusahaan perlu mengadakan rotasi jabatan.

Melalui hal itu, tolak ukur untuk penempatan posisi karyawan dapat ditentukan dengan lebih mudah.

 

Baca juga: Cara Menjadi Pemimpin yang Baik di Lingkungan Kantor

 

  •  Memudahkan Identifikasi Kebutuhan Pelatihan Karyawan

Setiap perusahaan perlu mengadakan program pelatihan untuk para pegawainya.

Apabila manifestasi karyawan dalam bidang tertentu ada di bawah rata-rata, maka perusahaan dapat melakukan program pelatihan.

Dengan demikian, kompetensi karyawan dapat terus meningkat dari waktu ke waktu.

 

Prestasi kerja ternyata dapat menguntungkan baik pihak karyawan dan perusahaan, bukan? Untuk bisa mencapainya, dibutuhkan kerja sama yang baik antara karyawan dan perusahaan.

Sehingga seluruh operasional bisa berjalan dengan baik. Semoga informasi di atas dapat membantu Anda!