kompensasi

Kompensasi: Pengertian, Jenis & Faktor yang Mempengaruhi Pemberian

Kompensasi menjadi topik yang penting sekaligus sensitif di dunia kerja. Terkadang perbedaan dalam hal ini akan memunculkan kecemburuan sosial. Namun, setiap karyawan perlu untuk mengetahui dengan detail mengenai hal ini serta faktor yang mempengaruhi hingga jenis dan sistem yang diberikan agar tidak mudah terjebak. Selain itu, HRD pun wajib untuk memahaminya sebagai divisi yang bertanggung jawab terhadap pengelolaan karyawan. Maka dari itu, simak pembahasan di bawah ini! 

 

Pengertian Kompensasi

Apa itu kompensasi? Secara umum, istilah ini dapat diartikan sebagai segala sesuatu yang diterima baik uang, barang, atau bentuk lainnya secara langsung maupun tidak langsung sebagai timbal balik dari jasa dan atau tenaga yang diberikan oleh karyawan atau pekerja. Kompensasi bukan merupakan pemberian cuma – cuma, sumbangan, donasi, atau hal yang sifatnya “gratis”. Ada suatu jasa, tenaga, atau usaha yang diberikan oleh karyawan sehingga ia mampu mendapatkannya. Dan perusahaan selaku pemberi kerja jelas harus memberikan kompensasi sebagai hak pekerja. 

hris

Jenis-Jenis Kompensasi

Kompensasi jelas menjadi hal yang wajib diberikan dari perusahaan kepada karyawan.  Sebelum karyawan atau pekerja memutuskan untuk bekerja di suatu badan usaha baik individu maupun perusahaan, karyawan diberitahu terlebih dahulu apa saja yang bisa mereka terima atas pekerjaan yang mereka lakukan. Di bawah ini adalah jenis – jenis kompensasi yang umum di perusahaan. 

 

Kompensasi Langsung

Pertama, ada kompensasi yang sifatnya langsung. Semua yang sifatnya bisa dilihat dan bisa diterima secara langsung masuk ke dalam jenis ini. Misalnya saja uang, bonus, dan tunjangan hari raya atau THR.  Karyawan menerima secara langsung bisa dalam bulanan maupun tahunan, tergantung dari kebijakan perusahaan. Karyawan pun dapat menggunakannya saat itu juga untuk kepentingan hidupnya. 

 

Kompensasi Tidak Langsung

Kompensasi tidak langsung bisa berbentuk asuransi kesehatan, klaim, asuransi kecelakaan kerja, dan masih banyak lagi. Sifatnya, karyawan sudah pasti berhak tetapi belum tentu akan mendapatkan. Karyawan akan mendapatkan kompensasi tidak langsung jika karyawan mengalami kejadian tertentu. Ada kondisi tertentu yang membuat karyawan tersebut mendapatkannya.

 

Baca Juga: Kenali Jenis Tunjangan Jabatan dalam Perusahaan

 

Kompensasi Non-Finansial

Non-finansial di sini sifatnya lebih abstrak dan biasanya lebih sering dirasakan. Contohnya, sebagai bentuk penghargaan perusahaan terhadap kerja keras karyawan, gedung perkantoran dipindahkan ke area yang lebih elit dengan fasilitas yang lebih lengkap. Bisa juga dengan memberikan penghargaan – penghargaan seperti karyawan terbaik, atau lainnya. Kompensasi non finansial biasanya tidak bersifat wajib namun sangat banyak digunakan oleh perusahaan atau badan usaha untuk memberikan kenyamanan bagi karyawan mereka. 

 

Baca Juga:  Ini dia Software untuk Membuat Jadwal Kerja Karyawan dengan Mudah !

 

Faktor yang Mempengaruhi Pemberian Kepada Karyawan 

Berbicara tentang faktor yang mempengaruhi pemberian kompensasi kepada karyawan sangat banyak. Perusahaan dan pemerintah turut mengambil peran dengan adanya faktor-faktor ini. Apa saja faktor-faktor tersebut?  

  1. Skala perusahaan
  2. Produktivitas perusahaan
  3. Jabatan dan posisi
  4. Latar belakang pendidikan
  5. Jenis pekerjaan
  6. Biaya hidup di wilayah tempat perusahaan berdiri
  7. Undang-undang dan regulasi
  8. Kebutuhan tenaga kerja
  9. Serikat buruh

 

Kondisi perusahaan meliputi keadaan keuangan, penjualan, keuntungan, dsb. Bisa juga dipengaruhi oleh visi dan misi perusahaan. Jika perusahaan sedang mengekspansi bisnisnya maka biasanya kinerja karyawan serta kenyamanan mereka sangat diperhatikan. Banyak manfaat – manfaat yang diberikan kepada para karyawan baru agar bisa merekrut banyak orang. Namun, ketika keadaan keuangan sulit, fokusnya berbeda dan akan berubah. Bisa saja perusahaan mengurangi pengeluaran dengan  penghilangan atau pengurangan dana tertentu. 

 

Ciptakan Sistem Kompensasi Efektif dengan LinovHR

Banyaknya jenis kompensasi dan variatifnya membuat HRD terkadang kewalahan untuk mengurusnya. Apalagi jika karyawan yang ada di perusahaan tersebut sangat banyak dan masing – masing mereka memiliki informasi yang berbeda. Spreadsheet tidak mampu menangani banyaknya komponen ini. Apalagi spreadsheet tidak dapat dapat terkoneksi secara online. 

Pemahaman tentang pengelolaan karyawan sangat penting bagi HRD. Mereka harus mengetahui pengertian dan berapa pembayaran atas jerih payah mereka. Hal ini harus diberikan secara jelas dan detail serta transparan. Untuk memberikan dan menyediakan fungsionalitas tersebut, HRD tidak lagi bisa menggunakan perangkat – perangkat biasa dan cara manual. Apalagi di era digital yang penuh dengan inovasi baru agar semua pekerjaan dapat terlaksana dengan baik dan jauh dari human error.

Terdapat teknologi perangkat lunak atau software yang bisa membantu HRD untuk menangani permasalahan dan kompleksitas pengelolaan karyawan. Software HRD dari LinovHR adalah solusinya. Staff HRD bisa dengan mudah mengatur untuk setiap karyawan. Perubahan dan penyesuaian juga bisa dilakukan dengan mudah bahkan hanya dengan jangkauan jari saja. Jadi, seluruh proses pengelolaan karyawan berjalan lebih sederhana dan simpel berkat LinovHR. 

LinovHR menawarkan kecanggihan fitur – fitur pengaturan kompensasi karyawan. Software HRD dari LinovHR bisa diakses lewat desktop maupun telepon genggam. Tampilannya pun lebih mudah dipahami sehingga staff HRD tidak membutuhkan waktu lama untuk beradaptasi. Sistem keamanan dari LinovHR mampu menyimpan semua data dan informasi dengan aman dan rahasia. Sehingga perusahaan tidak perlu khawatir mengenai kebocoran data ke tangan yang salah. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi LinovHR sekarang juga!