program penggajian

9 Fitur Wajib dalam Program Penggajian Pegawai

Program penggajian pegawai yang rutin dilakukan setiap bulannya ini harus dilakukan perhitungan yang sangat teliti dan akurat. Perusahaan pastinya harus menyiapkan sistem penggajian pegawai yang efektif dan otomatis agar hal tersebut bisa dilakukan dengan cepat.

Untuk mendukung seluruh kegiatan tersebut, terdapat 9 fitur wajib yang harus dimiliki oleh program penggajian karyawan. Apa saja fitur tersebut? Mari simak ulasannya di bawah ini!

 

Pembuatan Slip Gaji

Slip gaji merupakan dokumen yang berisi seluruh keterangan pendapatan pegawai. Dokumen tersebut tentu saja dapat dimanfaatkan tiap pegawai pada setiap kebutuhan. Fitur pembuatan slip gaji ini harus tersedia pada program penggajian agar pegawai bisa mengunduh dan mencetak sendiri slip gaji mereka dengan cepat dan mudah.

 

Baca Juga :Slip Gaji Otomatis? Percayakan Saja Bersama LinovHR

 

Menyimpan Seluruh Data Bank

Pada fitur ini tentu saja dapat dimanfaatkan perusahaan untuk menyimpan seluruh informasi data bank yang berkaitan dengan proses payroll. Agar nantinya perusahaan bisa dengan mudah informasi data bank yang sedang diinginkan.

 

Mengatur Komponen Payroll Pegawai

Selanjutnya, fitur wajib yang ketiga adalah fitur untuk mengatur komponen payroll pegawai. Fitur ini nantinya dapat mengelola seluruh komponen payroll yang diterima pegawai seperti halnya gaji pokok, tunjangan, BPJS, jaminan pensiun, dan lain sebagainya.

 

Mengelompokkan Karyawan untuk Penerimaan Gaji

Pada fitur ini, HRD dan juga payroll admin dapat melakukan pengelompokkan dari beberapa pegawai untuk menerima gaji yang sudah ditetapkan oleh manajemen perusahaan. Sehingga, HRD dan admin Payroll dapat dengan mudah melakukan pengelompokkan pegawai.

 

Melakukan Perhitungan Payroll Otomatis

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa perhitungan payroll harus dilakukan dengan sangat teliti, karena sedikit kesalahan akan berpengaruh pada perhitungan lainnya. Maka dari itu, diperlukannya fitur untuk menghitung payroll secara otomatis pada setiap periode. Fitur ini tentu saja harus bisa melakukan 4 proses perhitungan seperti standard, THR, Severance, dan Retroactive atau Rapel.

 

Mencetak Laporan Payroll

Selain slip gaji, laporan payroll juga merupakan dokumen yang penting. Fitur pencetakan laporan payroll ini dapat digunakan pengguna jika ingin melihat dan mencetak report atau laporan payroll yang dapat dipilih berdasarkan tahun, periode, payroll group, project, dan juga bank payroll. Nantinya, laporan ini akan digunakan HRD untuk menentukan strategi seputar penggajian karyawan. 

 

Menghitung Pajak Pendapatan atau PPh 21

Pajak atau PPh 21 adalah salah satu komponen gaji pegawai. Perhitungan pajak tentu saja harus disinkronisasikan pada aturan pemerintah. Maka dari itu, adanya fitur ini dapat membantu pihak payroll untuk menghitung besaran PPh 21 tiap karyawan.

 

Baca Juga : Aplikasi Menghitung PPh 21 Otomatis

 

Menyimpan Seluruh Metode Pembayaran Finansial

Transaksi finansial pada perusahaan memiliki metode atau cara pembayaran yang berbeda-beda. Agar tidak salah dalam melakukan pembayaran, perusahaan bisa melihat seluruh metode pembayaran yang berbeda-beda pada setiap transaksi finansial.

 

Penggolongan Kode Akuntansi

Melalui fitur penggolongan kode akuntansi ini, admin payroll dapat bisa dengan mudah melakukan pengelompokkan pada seluruh komponen payroll berdasarkan kode akuntansi yang telah dibuat.

 

Dimana Anda bisa Mendapatkan Seluruh Fitur Tersebut?

Itulah 9 fitur yang wajib ada pada program perhitungan gaji pegawai. Untuk mendapatkan seluruh fitur tersebut, tentu saja Anda bisa mendapatkannya dengan memanfaatkan Software Payroll dari LinovHR!

Software Payroll LinovHR, perusahaan dapat mengelola data payrollnya secara otomatis dan memberikan hasil dengan tingkat akurasi yang tinggi. Software ini telah dipercaya oleh banyak perusahaan di Indonesia dengan perhitungan gaji karyawan yang berbeda-beda.

Seluruh perhitungan gaji nantinya akan diolah secara otomatis sehingga Anda tidak perlu lagi melakukan perhitungan secara manual yang dapat meningkatkan resiko kesalahan yang tinggi.

Selain gaji, Payroll dari LinovHR dapat menghitung komponen-komponen lainnya seperti pajak, tunjangan, bonus, hingga menghitung rapel gaji. Untuk soal keamanan, LinovHR akan menjamin seluruh data payroll perusahaan sehingga data akan tersimpan secara aman dan meminimalisir terjadinya tingkat kerusakan, kehilangan, kebocoran, hingga penjualan data.

Segera beralih pada perhitungan gaji yang otomatis dengan Software Payroll dari LinovHR!