Pcare BPJS

Pcare BPJS: Layanan Digital dari BPJS Kesehatan

Karena banyaknya jumlah anggota BPJS Kesehatan dari seluruh warga Indonesia, sering kali para anggota merasa tidak nyaman ketika sedang melakukan perawatan kesehatan. Tidak jarang keluhan seperti penumpukan antrian pasien BPJS dilontarkan dari pihak rumah sakit maupun puskesmas. Untuk mengurangi ketidaknyamanan tersebut, BPJS meluncurkan aplikasi mobile Pcare BPJS.

 

 

Apa Itu PCare BPJS?

PCare atau Primary Care adalah aplikasi yang diluncurkan oleh BPJS kesehatan untuk meningkatkan pelayanannya yang akan memudahkan para anggotanya. Aplikasi ini menawarkan fasilitas kesehatan mulai dari tingkat dasar atau pertama seperti puskesmas dan klinik.

Melalui PCare, Anda bisa mengakses untuk melakukan pengobatan atau mendaftarkan diri sebagai pihak yang berobat di fasilitas kesehatan tingkat pertama. Selain itu, Anda bisa melakukan pengajuan laboratorium, penegakan diagnosa, dan terapi pengobatan langsung.

Untuk mendapatkan aplikasi ini, Anda bisa mengunjungi halaman website PCare BPJS Kesehatan atau dengan mengunduhnya di Google Play Store secara gratis. Perlu diingat sebelum menggunakan aplikasi PCare, Anda harus mendaftarkan akun di kantor BPJS Kesehatan.

 

Kembali ke Daftar Isi

 

Baca juga: Wajib Tahu! Inilah Tarif BPJS Kesehatan Terbaru 2021!

 

Fitur yang Terdapat di PCare BPJS Kesehatan

Sebelum menggunakan PCare, Anda harus mengetahui terlebih dahulu fitur-fitur yang terdapat dalam aplikasi ini. Fitur dalam aplikasi PCare akan membantu Anda dalam menggunakan fasilitas kesehatan.

Fitur yang tersedia dalam PCare :

  • PCare log in
  • Prosedur pendaftaran anggota BPJS mandiri/instansi
  • Pendaftaran pasien
  • Penegakan diagnosis
  • Pelayanan laboratorium
  • Terapi pengobatan
  • Informasi iuran anggota
  • Pencarian faskes (rumah sakit, puskesmas, dan klinik)
  • Health Facilities Information System (HFIS)

 

Kembali ke Daftar Isi

 

reimbursement

 

Cara Menggunakan Aplikasi Pcare BPJS Kesehatan

Bagaimana cara menggunakan aplikasi Pcare untuk pertama kali? Simak tata caranya di bawah ini!

  1. Pastikan Anda sudah mengunduh aplikasi PCare BPJS Kesehatan di ponsel Anda.

  2. Buatlah username dan password. Jika Anda sudah memiliki akun, maka hanya perlu memasukan username dan password.

  3. Setelah berhasil log in, Anda langsung ditujukan pada halaman utama ‘Primary Care BPJS Kesehatan’ yang berisi indeks mengenai pasien.

  4. Lalu, klik menu pelayanan.

  5. Setelah masuk menu layanan, peserta sudah bisa memanfaatkan PCare untuk menggunakan fasilitas dari BPJS Kesehatan.

  6. Di menu pelayanan ini, terdapat dua pilihan yaitu pendaftaran dan pelayanan.

  7. Jika Anda pasien berobat, klik pada pilihan pendaftaran dengan memasukan nomor BPJS, setelah itu klik ‘cari’

  8. Jika anggota merupakan pasien faskes di tempat Anda bekerja, maka data dari pasien akan muncul secara otomatis.
  9. Lengkapi bidang yang kosong mulai dari: jenis kunjungan, tekanan darah, keluhan pemeriksaan fisik, dll, Jika sudah terisi, klik ‘Simpan’.

  10. Kembali pada halaman menu pelayanan, lalu pilih ‘pelayanan’.

  11. Pada bagian pelayanan, Anda harus mengisi bagian yang kosong seperti terapi dan diagnosis. Jika sudah terisi, klik simpan.

  12. Jika sudah mengisi data pada pilihan pendaftaran dan pelayanan, maka Anda sudah selesai pada tahap entri data untuk pasien BPJS Kesehatan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP). Anda dapat melihat data pasien berobat di faskes 1 tempat Anda bekerja dari mulai kegiatan, jumlah kunjungan, jenis kunjungan, sampai 10 penyakit terbanyak.

  13. Jika sudah selesai melakukan layanan, Anda bisa mengeluarkan akun dengan cara mengklik logo akun yang berada di sebelah kiri. Setelah itu pilih ‘Log Out’ untuk mengeluarkan akun Anda.

 

Kembali ke Daftar Isi

 

Gunakan Payroll Outsourcing LinovHR untuk Kelola BPJS Kesehatan Karyawan

Setiap karyawan perusahaan memiliki hak untuk mendapatkan program jaminan yang sudah ditetapkan oleh UU Ketenagakerjaan salah satunya adalah BPJS Kesehatan. Untuk mempermudah dalam pengelolaan BPJS Kesehatan, Anda bisa menggunakan jasa payroll outsourcing LinovHR.

Payroll Outsourcing dari LinovHR Akan membantu perusahaan untuk pelaporan setiap bulan BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan, memberikan kode pembayaran BPJS kepada perusahaan, proses administrasi BPJS, dan juga pendaftaran pegawai baru perusahaan pada BPJS.

Keuntungan yang akan Anda dapatkan jika menggunakan Payroll Outsourcing LinovHR antara lain:

  • Meminimalisir Kebocoran Data

Semua data perusahaan yang Anda simpan akan tersimpan secara rapi dan aman tanpa khawatir dengan kebocoran data.

  • Dapat diakses Kapanpun dan di Manapun

Karena aplikasi ini berbasis online, Anda bisa memperbarui data kapan saja dan dimana saja.

  • Akurat 

Anda dapat memantau proses perhitungan gaji. Proses penggajian akan diperiksa oleh konsultan gajian penggajian, jadi perhitungan gaji akan sangat tepat dan akurat.

  • Penyampaian Informasi Secara Detail

Payroll Outsourcing LinovHR ini akan memberikan laporan berupa transfer bank, gaji standar seperti BPJS, perhitungan gaji, slip gaji, jurnal gaji, dan juga formulir pajak tahunan.

 

Kembali ke Daftar Isi

 

Demikianlah penjelasan singkat mengenai Pcare dari BPJS. Peluncuran aplikasi ini merupakan bentuk dari komitmen BPJS untuk mempermudah masyarakat dalam mengakses jaminan kesehatan. Semoga penjelasan di atas dapat membantu!