recruitment agency

7 Kondisi Perusahaan Harus Menggunakan Recruitment Agency

Setiap perusahaan pastinya membutuhkan tenaga kerja yang akan mengisi posisi atau jabatan tertentu. Namun, ada kalanya suatu perusahaan tidak dapat menangani proses rekrutmen dengan baik dalam satu waktu. Sehingga, mereka memutuskan untuk menggunakan jasa recruitment agency agar memudahkannya.

Recruitment agency benar-benar diperlukan apabila HR perusahaan Anda sangat sibuk dengan urusan administrasi internal perusahaan. Sehingga, perusahaan membutuhkan jasa pihak ketiga untuk membantu melakukan proses rekrutmen karyawan.

Namun, Anda perlu mengetahui beberapa kondisi perusahaan yang harus menggunakan jasa recruitment agency seperti yang akan dibahas oleh LinovHR berikut ini.

 

Alasan Perusahaan Menggunakan Jasa Recruitment Agency

Menemukan seseorang yang tepat sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan oleh perusahaan bukanlah perkara mudah. Anda harus memiliki keterampilan khusus dalam menilai seseorang yang tepat bagi perusahaan.

Oleh karena itu, terdapat beberapa alasan perusahaan menggunakan jasa agensi rekrutmen untuk memenuhi kebutuhan SDM perusahaan, seperti berikut ini:

 

  1.  Sulit Menemukan Kandidat yang Tepat

Ketika perusahaan Anda sulit menemukan kandidat yang tepat bagi perusahaan, maka tak ada salahnya untuk menggunakan jasa rekrutmen dari recruitment agency.

Agensi rekrutmen umumnya cenderung memberikan fasilitas kebutuhan pasar tenaga kerja. Sehingga perusahaan Anda dapat menjangkau kandidat jauh lebih luar. Apalagi, kandidat yang ditentukan telah disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda.

Recruitment agency tentunya memiliki database ribuan kandidat yang siap mendukung kebutuhan tenaga kerja yang dibutuhkan oleh kliennya.

 

  1. Tidak Mengerti Pasar Tenaga Kerja

Semakin berkembangnya sektor pasar tenaga kerja memungkinkan sebuah perusahaan sulit untuk memahaminya. Sehingga mereka memutuskan untuk menggunakan jasa perusahaan  pihak ketiga untuk membantu mencarikan kandidat yang cocok.

Sedangkan, agensi rekrutmen memiliki akses terhadap kandidat secara langsung dengan memahami kompleksitas perekrutan yang saat ini berkembang.

 

  1. Efisiensi Waktu yang Diperlukan

Proses rekrutmen karyawan baru tentunya membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Sementara itu, perusahaan membutuhkan karyawan untuk mengisi posisi yang kosong dengan segera.

Hal ini yang menjadi salah satu alasan kuat untuk menggunakan jasa agensi rekrutmen untuk memotong waktu yang dibutuhkan. Agensi rekrutmen akan mengatur segalanya mulai dari wawancara hingga memberikan feedback kepada kandidat.

 

  1. Tidak Mengetahui Tren Perkembangan Upah/Gaji

Bagi perusahaan yang kurang mengetahui tren perkembangan gaji sebaiknya untuk menggunakan jasa recruitment agency. Hal ini agar perusahaan tidak salah dalam memberikan anggaran untuk biaya operasionalnya.

Sebaliknya, agensi rekrutmen memahami dengan baik informasi mengenai perkembangan gaji. Mereka bahkan dapat memberikan saran kepada klien terkait kualifikasi, tunjangan, serta fasilitas yang dibutuhkan oleh kandidat.

 

  1. Hanya Menerima Pelamar, Bukan Kandidat

Banyak perusahaan yang ketika membuka informasi lowongan pekerjaan, dihujani banyak pelamar. Mereka merasa tertarik dan telah mengirimkan CV yang dibutuhkan kepada perusahaan.

Namun, setelah dilakukan pemeriksaan terhadap CV, banyak di antara mereka yang tidak memenuhi kualifikasi yang telah ditentukan. Hal ini tentunya akan menyita banyak waktu perusahaan Anda serta tidak optimal dalam menemukan calon kandidat yang cocok.

 

  1. Mengenalkan Merek Perusahaan

Umumnya, perusahaan-perusahaan yang bergerak dengan layanan business to costumer (B2C) lebih dikenal luas oleh masyarakat. Mereka tentunya lebih mudah untuk mendapatkan perhatian dari masyarakat terhadap kebutuhan pekerja.

Namun, bagaimana bagi perusahaan business to business (B2B) yang tidak memiliki nama sebaik B2C? Oleh karena itu, agensi rekrutmen dapat mengenalkan perusahaan-perusahaan tersebut kepada khalayak umum.

 

  1. Jejaring Bisnis

Perusahaan juga memerlukan jejaring bisnis dengan para pencari kerja. Tidak hanya berjejaring dengan perusahaan lain di bidang yang sama. Oleh sebab itu, perusahaan agensi rekrutmen dapat mengelola dan memahami setiap proses rekrutmen yang rumit.

 

Baca Juga: Apakah yang Dimaksud dengan Talent Pool Itu?

 

Jenis-jenis Recruitment Agency Indonesia

Klien perusahaan yang menggunakan jasa agensi rekrutmen tentunya menginginkan mendapatkan kandidat yang cocok untuk mengisi posisi yang kosong. Namun, sebelum memutuskan untuk menggunakan jasa agensi rekrutmen, Anda perlu memahami jenis-jenis recruitment agency Indonesia yang umum ditemukan saat ini.

 

  1. Traditional Agency

Tipe agensi yang satu ini mempertemukan perusahaan dengan calon kandidat. Mereka hanya membebankan biaya kepada perusahaan saja, namun tidak bagi kandidat.

Mereka memiliki database yang digunakan untuk melayani perusahaan klien menemukan calon kandidat terbaiknya. Ada pula traditional agency yang melayani secara khusus perusahaan sesuai dengan bidang bisnisnya.

 

  1. Executive Agency

Agensi tipe ini hanya akan mencari kandidat untuk jabatan eksekutif atau senior saja. Mereka umumnya menghubungi para kandidat eksekutif yang sedang tidak aktif mencari pekerjaan untuk ditawari bergabung dengan perusahaan baru atau tidak.

Mereka terus memperbarui informasi terkait ketenagakerjaan dan mencari kandidat-kandidat terbaiknya untuk ditawari bergabung dengan perusahaan lain.

 

  1. Temporary Agency

Berbeda dengan yang lainnya, tipe temporary agency hanya mencari kandidat untuk mengisi pekerjaan sementara di sebuah perusahaan. Biasanya terdapat perusahaan-perusahaan yang membutuhkan pekerja sementara seperti penulis laporan akhir tahun.

Sistem temporary agency pada dasarnya mirip dengan perusahaan outsourcing dimana mereka akan menggaji karyawan sementara. Namun, apabila karyawan tersebut telah menjadi permanen, maka hubungan antara agensi dan karyawan tersebut berakhir.

 

  1. Contingency Agency

Contingency agency umumnya mencari kandidat untuk posisi tingkat menengah dan rendah. Dalam artian lain, agensi jenis ini mempunyai data pekerja kontingen dan merekomendasikannya kepada perusahaan yang membutuhkan pekerja sesuai dengan proyek yang ada.

 

  1. Industry-specific Agency

Agensi jenis ini dapat menangani jenis industri yang spesifik. Misalnya, perusahaan manufaktur yang membutuhkan tenaga kerja. Mereka dapat dengan mudah menyediakannya karena telah memiliki kandidat yang spesifik.

 

Proses Recruitment Tak Akan Sulit dengan LinovHR

Mencari dan merekrut karyawan menggunakan jasa recruitment agency bisa jadi jalan keluar Anda untuk mendapatkan karyawan terbaik. Namun, dari sisi perusahaan, Anda juga perlu meringkas proses rekrutmen, salah satunya dengan bantuan aplikasi rekrutmen seperti LinovHR. Hal ini agar proses rekrutmen secara mandiri bisa lebih efektif dan efisien.

 

software hris

LinovHR merupakan aplikasi rekrutmen berbasis Web yang dapat bantu proses rekrutmen Anda jauh lebih mudah. Mulai dari Manpower Planning, kelola job vacancy, review kandidat, hingga tahapan seleksi dapat dilakukan dengan praktis.

Anda dapat mengelola berbagai keperluan rekrutmen seperti jumlah karyawan yang dibutuhkan, membuat informasi lowongan pekerjaan, dan lainnya dengan praktis.

Tertarik menggunakan aplikasi rekrutmen dari LinovHR? Ayo, ajukan demo gratis, sekarang!