rekrutmen pegawai

Menciptakan Sistem Rekrutmen Pegawai yang Menarik Kandidat Unggul

Rekrutmen pegawai merupakan proses untuk menarik dan memilih karyawan baru untuk mengisi lowongan kosong di suatu perusahaan. Pekerjaan ini biasanya dipimpin oleh HRD dan berkolaborasi dengan departemen dan anggota tim terkait untuk mempermudah proses perekrutan. Sistem rekrutmen pegawai harus dilaksanakan dengan semaksimal mungkin agar dapat menarik kandidat dengan keterampilan dan kepribadian terbaik yang sesuai dengan posisi pekerjaan.

 

Mengapa Perusahaan Harus Menarik Kandidat Unggulan?

Sistem rekrutmen pegawai yang tepat akan mengarahkan perusahaan pada kesuksesan. Oleh sebab itu, penting bagi perusahaan untuk mempekerjakan karyawan dengan kualitas terbaik. Berikut beberapa alasannya:

 

  1. Merekrut kandidat yang berkualitas akan membantu perusahaan tumbuh dan berkembang secara cepat
  2. Kandidat unggul biasanya memiliki kemampuan, keterampilan, dan kepribadian yang lebih baik dibandingkan kandidat lainnya sehingga akan memberikan yang terbaik untuk perusahaan
  3. Merekrut kandidat unggul dapat menghemat waktu selama proses perekrutan berlangsung
  4. Meningkatkan aktivitas dan semangat membangun tim
  5. Menarik kandidat unggul dapat meningkatkan produktivitas perusahaan

 

software hris

 

 

Tips Menarik Kandidat Selama Rekrutmen Pegawai

Agar memudahkan perusahaan menarik kandidat unggul selama proses rekrutmen karyawan, dibawah ini terdapat beberapa tips yang bisa perusahaan ikut.

 

Bangun Reputasi Perusahaan yang Bagus

Salah satu tips penting bagi perusahaan untuk menarik kandidat unggul adalah menciptakan reputasi perusahaan yang bagus. Sebab, perusahaan yang memiliki reputasi bagus dan terkenal akan produk dan praktik kerjanya akan lebih bisa menarik kandidat berkualitas.

Maka dari itu, penting bagi perusahaan menginvestasikan waktu dan usaha untuk menciptakan sistem rekrutmen pegawai yang efisien sehingga mampu mencerminkan reputasi perusahaan secara positif.

 

Tunjukkan Budaya Kerja yang Berfokus Pada Pegawai

Petimbangkan apa yang dapat perusahaan berikan kepada pegawai. Usahakan perusahaan Anda menawarkan budaya kerja yang berfokus pada pegawai dan nilai work-life balance. 

Sebab, karyawan menghargai perusahaan yang dapat memberikan keseimbangan antara kehidupan dan pekerjaan, misalnya jadwal kerja yang fleksibel atau pakaian kerja yang kasual. 

Budaya perusahaan yang berfokus pada kebutuhan pegawai dapat menarik kandidat dan meningkatkan semangat kerja kandidat untuk memberikan yang terbaik kepada perusahaan.

 

Adanya Peluang untuk Perkembangan Karir

Mayoritas kandidat unggul ingin mengetahui apakah ada prospek pengembangan karir lebih lanjut untuk posisi yang mereka lamar. Sebab, kandidat yang unggul cenderung lebih memilih perusahaan yang mampu memberikan mereka fasilitas untuk pegembangan diri dan bakat mereka, misalnya pemberian program pelatihan atau workshop. 

Selain itu, perusahaan dapat memberikan penghargaan kepada mereka yang berhasil mengikuti program pelatihan dengan baik.  Dengan begitu, kandidat akan merasa lebih dihargai dan kemungkinan besar akan melamar di perusahaan Anda. 

 

Baca Juga: 7 Manfaat Magang untuk Mahasiswa Bagi Perusahaan 

 

Tunjukkan Value Perusahaan

Kandidat unggul biasanya tertarik pada perusahaan yang berbagi nilai-nilai pribadi mereka. Oleh sebab itu, selama proses rekrutmen pegawai sebaiknya perusahaan berupaya mempromosikan nilai-nilai yang mereka miliki, mulai dari pemberian layanan terbaik kepada pelanggan, memiliki kerja sama tim yang baik, dan sebagainya. Nilai-nilai ini dapat membuat para kandidat tertarik untuk melamar di perusahaan Anda. 

 

Baca Juga: Merancang Employee Value Proposition (EVP) Agar Menarik Kandidat 

 

Memaksimalkan Penggunaan Social Media

Media sosial merupakan salah satu wadah yang baik bagi para profesional bisnis untuk mencari kandidat. HRD dapat menggunakan kata kunci tertentu sesuai dengan posisi yang dibutuhkan di LinkedIn untuk menemukan kandidat dengan pengalaman dan keterampilan yang sesuai kebutuhan perusahaan. Kemudian, HRD dapat menghubungi para kandidat secara langsung untuk mengetahui apakah mereka tertarik untuk bekerja di perusahaan Anda. 

Masih menggunakan media sosial, cara lain yang bisa HRD coba untuk menarik kandidat terbaik adalah dengan memberikan banyak informasi tentang perusahaan secara positif, seperti video perekrutan, acara dari perusahaan, dan testimoni dari karyawan. Tunjukkan kepada kandidat apa yang membedakan perusahaan Anda dengan yang lainnya dan tunjukkan kepada kandidat bahwa perusahaan Anda merupakan tempat yang tepat untuk mengembangan karir mereka.

 

Recruitment Modul By LinovHR: Tingkatkan Efektifitas Rekrutmen di Perusahaan Anda

Setiap perusahaan tentunya ingin terus mengembangkan bisnisnya secara cepat dan efisien. Oleh sebab itu, sangat penting bagi perusahaan merekrut calon karyawan yang unggul dalam segi keterampilan, pengetahuan, atau kemampuan sehingga mampu meningkatkan produktivitas perusahaan. 

Untuk merekrut karyawan yang berkualitas, penting bagi perusahaan untuk menyiapkan proses rekrutmen pegawai yang cepat dan tepat. Sistem rekrutmen karyawan dapat berjalan lebih maksimal dengan menggunakan Software Rekrutmen dari LinovHR

Berikut beberapa kemampuan yang dimiliki Modul Recruitment dari LinovHR dalam membantu proses rekrutmen di perusahaan:

 

  1. Membantu HRD dalam merencanakan proses rekrutmen karyawan.
  2. Memfasilitasi HRD mengajukan request untuk melakukan proses rekrutmen pada unit atau posisi terkait.
  3. Memudahkan pengelolaan proses rekrutmen mulai dari penyerahan lamaran assessment (ujian atau psikotes), hingga proses interview.
  4. Membantu HRD dalam membuat deskripsi lowongan pekerjaan yang dibutuhkan oleh perusahaan.

 

Modul Recruitment dari LinovHR membantu HRD mengelola proses rekrutmen pegawai secara otomatis dan menghindari penggunaan dokumen yang bertumpuk-tumpuk sehingga proses rekrutmen karyawan jadi lebih efektif. Tunggu apa lagi! Langsung saja hubungi layanan service LinovHR dan konsultasikan kebutuhan rekrutmen pegawai perusahaan Anda.