Rekomendasi Parafrase Online Terbaik di Indonesia

.

Newslater

Newsletter

Isi Artikel

Bagikan Artikel Ini :

Aplikasi parafrase online
Isi Artikel

Parafrase menjadi sebuah teknik yang penting dalam dunia penulisan, terutama untuk menghindari plagiarisme dan memberikan variasi pada teks yang sudah ada.

Bahkan saat ini, ada cara termudah dalam melakukan parafrase yakni dengan menggunakan alat parafrase online yang sudah banyak bermunculan.

Jika Anda mencari alat parafrase online yang efektif, berikut kami berikan 5 rekomendasi alat parafrase online Indonesia yang dapat membantu Anda menghasilkan tulisan yang orisinal dan menarik.

Dengan menggunakan alat-alat ini, Anda akan lebih mudah memasukkan teks asli dan mendapatkan versi parafrase dengan sinonim yang relevan. Simak artikel LinovHR berikut ini!

 

Apa Itu Parafrase?

Parafrase adalah metode yang dapat digunakan baik secara lisan maupun tertulis. Parafrase lisan melibatkan mengungkapkan kembali isi dari pembicaraan dengan menggunakan kata-kata sendiri.

Ini adalah teknik yang berguna dalam mengasah keterampilan berbicara dengan menceritakan ulang sesuatu dalam bahasa yang berbeda.

Di sisi lain, parafrase tertulis melibatkan pengekspresian kembali isi suatu tulisan menggunakan kata-kata yang berbeda. Teknik parafrase tertulis digunakan untuk mengasah keterampilan menulis.

Baik penulis freelancer hingga penulis profesional pasti menggunakan metode parafrase dalam melakukan pekerjaannya.

 

Ciri-ciri Parafrase

Setelah mengetahui pengertiannya, kita akan membahas tentang karakteristik dari parafrase, berikut ciri-ciri parafrase:

  • Parafrase memiliki struktur atau tata bahasa yang berbeda dengan teks asli sumber.
  • Teknik pengungkapan bahasa yang digunakan berbeda dengan gagasan aslinya.
  • Isi dan makna teks tetap sama dengan sumber aslinya.
  • Kalimat parafrase disampaikan dengan cara yang lebih komunikatif sehingga lebih mudah dipahami oleh pembaca.

Itulah empat ciri parafrase yang penting untuk Anda ketahui. Bagi mereka yang masih bingung tentang cara melakukan parafrase, jangan khawatir karena di era modern ini, teknologi dapat membantu dalam segala aktivitas kita.

 

Baca Juga: Plagiat: Apa Itu, Cara Menghindari dan Cara Cek Plagiat Gratis

 

Tujuan dari Parafrase

Parafrase
Tujuan dari Parafrase

 

Secara umum, ada dua tujuan utama dalam melakukan parafrase. Pertama, tujuannya adalah untuk menghindari pelanggaran hak cipta dan plagiarisme. 

Parafrase digunakan sebagai metode untuk mengutip ide atau gagasan orang lain dengan cara yang berbeda, sehingga menghindari tuduhan pencurian karya orang lain.

 

1. Menghindari Pelanggaran Hak Cipta dan Plagiarisme

Plagiarisme dianggap sebagai tindakan melanggar hak cipta karena mencuri dan memalsukan karya orang lain.

Namun dengan melakukan parafrase, Anda dapat menyampaikan ide atau gagasan dengan kata-kata dan kalimat yang berbeda namun tetap mengungkapkan makna yang sama.

Penting untuk memastikan bahwa inti dan isi gagasan yang diambil tidak berubah dari sumber aslinya, dan mencantumkan sumber dan referensi yang digunakan dalam daftar pustaka.

 

2. Membuat Sebuah Ide Atau Gagasan Menjadi Lebih Mudah Dimengerti

Tujuan kedua dari parafrase adalah membuat ide atau gagasan menjadi lebih mudah dimengerti.

Dengan menggunakan teknik parafrase, Anda dapat mengkomunikasikan kembali informasi dari sumber dengan menggunakan bahasa yang lebih mudah dipahami oleh banyak orang.

Misalnya, sebuah puisi yang menggunakan banyak kata-kata kiasan dapat diubah menjadi narasi yang menggunakan kata-kata umum yang lebih mudah dimengerti melalui teknik parafrase.

 

Jenis-jenis Parafrase

Parafrase dapat dikelompokkan ke dalam beberapa jenis, di antaranya:

 

1. Parafrase Ekuivalen

Parafrase ekuivalen terjadi saat ada kesamaan makna yang sangat dekat antara satuan lingual. Penerjemah menggunakan teknik ini untuk mencari arti dan makna yang mirip dengan teks asli dalam bahasa sumber.

Dalam melakukan parafrase ini, penerjemah tidak melihat kata per kata atau kalimat, tetapi mempertimbangkan keseluruhan isi dan makna dari teks terjemahan.

 

2. Parafrase Keantoniman Ingkaran

Parafrase keantoniman melibatkan kata-kata dengan makna yang berlawanan. Dalam parafrase ini, tingkat perlawanan dan kontradiksi kata-kata tersebut diperhatikan.

 

3. Parafrase Generik-Spesifik

Parafrase generik-spesifik melibatkan penggantian kata-kata dengan sinonim yang memiliki makna yang sama. Dalam parafrase ini, kata-kata tersebut memiliki beberapa lambang yang berbeda namun masih memiliki makna yang serupa.

 

4. Parafrase Amplifikasi

Parafrase amplifikasi melibatkan pengulangan dan penambahan informasi dalam satuan lingual. Dalam parafrase ini, informasi tambahan diberikan untuk memberikan detail yang lebih dalam pada kalimat yang sedang diparafrasakan.

 

5. Parafrase Kontraksi

Parafrase kontraksi melibatkan pengurangan informasi dalam satuan lingual. Dalam parafrase ini, satuan kata dipersingkat tanpa mengubah makna atau frasa tersebut.

 

6. Parafrase Rangkuman

Parafrase rangkuman melibatkan merangkum informasi dari satu satuan lingual ke satuan lingual lainnya. 

Parafrase berbeda dengan rangkuman karena parafrase melibatkan penyajian ulang gagasan sumber dengan menggunakan kata-kata sendiri, sedangkan rangkuman melibatkan merangkum fokus penulis dengan kalimat yang disusun sesuai dengan ide penulis asli.

 

Teknik Melakukan Parafrase

Dalam menulis dengan cara yang efektif menggunakan parafrase, terdapat enam teknik yang dapat digunakan. Berikut adalah parafrase yang dapat membantu dalam memahami teks asli:

  • Teliti membaca teks sumber hingga benar-benar memahami isinya.
  • Mengungkapkan kembali ide dan gagasan dalam teks menggunakan kata-kata dan tata bahasa yang berbeda.
  • Membuat daftar kata-kata yang menjadi dasar dalam melakukan parafrase untuk membantu pemahaman terhadap teks asli serta tuliskan kata kunci yang mencerminkan tema parafrase.
  • Pastikan gagasan utama dalam parafrase tetap sama dengan artikel asli.
  • Gunakan tanda petik ganda untuk mengidentifikasi istilah khusus, terminologi, atau frase yang diambil secara persis dari teks asli.
  • Cantumkan sumber (termasuk halaman) untuk memudahkan penulisan daftar pustaka atau referensi.

 

Rekomendasi Parafrase Online Indonesia

Tujuan Parafrase
Ilustrasi Melakukan Parafrase

 

Berikut 5 rekomendasi parafrase Indonesia online yang dapat Anda gunakan.

 

1. Paraphrase.io

Paraphrase - Parafrase Online
Sumber: Paraphrase.io

 

Ini merupakan alat online yang dapat membantu Anda melakukan parafrase dengan mudah. Dengan menggunakan Paraphrase.io, Anda dapat memasukkan teks asli yang ingin Anda parafrasekan dengan cepat dan efisien.

Alat ini akan menghasilkan versi parafrase dari teks tersebut dengan menggunakan sinonim yang sesuai. Anda tidak perlu repot mencari sinonim secara manual, karena Paraphrase.io akan melakukan pekerjaan tersebut untuk Anda.

Hal ini sangat membantu dalam menghindari pengulangan kata-kata yang berlebihan dan meningkatkan kualitas tulisan Anda.

 

2. Rephrase

Rephrase - Alat Parafrase Online
Sumber: Rephrase

 

Alat parafrase online yang menyediakan penggantian kata dengan sinonim. Dengan menggunakan Rephrase, Anda dapat memasukkan teks asli dan alat ini akan menghasilkan teks yang diparafrasekan dengan penggantian kata-kata yang relevan.

Alat ini sangat berguna dalam mengubah kalimat atau paragraf menjadi bentuk yang berbeda namun tetap mempertahankan makna yang sama.

Anda juga dapat menggunakan Rephrase untuk mengatasi kesulitan dalam merumuskan kalimat dengan cara yang lebih efektif dan menarik.

 

3. Prepostseo

Prepost SEO - Parafrase Online
Sumber: Prepostseo

 

Alat online yang tidak hanya menyediakan fitur parafrase, tetapi juga pengecekan plagiarisme. Dengan menggunakan Prepostseo, Anda dapat memasukkan teks asli dan alat ini akan memberikan versi parafrase yang lebih mudah dipahami. 

Selain itu, Prepostseo juga memungkinkan Anda untuk memeriksa tingkat kemiripan teks dengan sumber lain untuk menghindari plagiarisme.

Ini adalah alat yang sangat berguna bagi penulis dan siswa yang ingin memastikan karya mereka bersih dari plagiarisme dan mudah dipahami oleh pembaca.

 

4. Check Plagiarism

Check Plagiarism - Parafrase Online
Sumber: Check Plagiarism

 

Alat ini berguna untuk memeriksa plagiarisme, tetapi juga menyediakan fitur parafrase. Dengan menggunakan Check Plagiarism, Anda dapat memasukkan teks asli dan alat ini akan memberikan versi parafrase dengan mengubah beberapa kata menjadi sinonim. 

Alat ini sangat bermanfaat bagi penulis, mahasiswa, dan akademisi yang ingin memastikan karya mereka orisinal dan bebas dari duplikasi konten dari sumber lain.

 

5. DupliChecker

Duplichecker - Parafrase
Sumber: Duplichecker

 

Alat online yang menggabungkan fitur parafrase dan pengecekan plagiarisme. Dengan menggunakan DupliChecker, Anda dapat memasukkan teks asli dan alat ini akan memberikan versi parafrase yang unik serta memeriksa tingkat kemiripan dengan teks lain. 

Selain itu, DupliChecker juga memungkinkan Anda untuk mengidentifikasi bagian dari teks yang mungkin perlu diubah lebih lanjut untuk menghindari plagiarisme. Alat ini sangat membantu dalam menciptakan konten yang orisinal dan unik.

Dalam dunia penulisan, parafrase menjadi sebuah teknik yang sangat berguna untuk menghindari plagiarisme dan memberikan keunikan pada tulisan. Alat yang satu ini cukup populer di kalangan content writer.

 

Dengan adanya 5 rekomendasi alat parafrase online Indonesia yang telah disebutkan di atas, Anda dapat dengan mudah memanfaatkannya untuk menghasilkan tulisan-tulisan orisinal dan menarik.

Alat-alat ini memberikan kemudahan dalam mengganti kata-kata dengan sinonim yang relevan, sehingga tulisan tetap memiliki inti dan makna yang sama.

Selain itu, beberapa alat juga menyediakan fitur pengecekan plagiarisme untuk memastikan keaslian tulisan.

Dengan menggunakan alat-alat ini, penulis dapat meningkatkan kualitas tulisan mereka secara efisien dan efektif.

Oleh karena itu, mari manfaatkan keberadaan alat parafrase online Indonesia untuk mengembangkan keterampilan menulis kita dan menghasilkan tulisan-tulisan yang kreatif dan autentik.

Tentang Penulis

Nadhifa Aulia Arnesya
Nadhifa Aulia Arnesya

Bagikan Artikel Ini :

Related Articles

Newslater

Newsletter

Tentang Penulis

Nadhifa Aulia Arnesya
Nadhifa Aulia Arnesya

Artikel Terbaru

Telusuri informasi dan solusi HR di sini!

Subscribe newsletter LinovHR sekarang, ikuti perkembangan tren HR dan dunia kerja terkini agar jadi yang terdepan di industri

Newsletter