me time

Me Time: Cara Ideal Agar Tidak Burnout Saat Bekerja

Pekerjaan yang tidak ada habisnya dan deadline yang menumpuk sudah menjadi teman sehari-hari para pekerja kantoran. Hal ini sangat menguras tenaga dan pikiran. Namun demikian, memastikan bahwa diri sendiri baik-baik saja merupakan hal yang paling utama. Oleh karena itu Anda memerlukan me time untuk melakukan hal yang Anda inginkan untuk rehat sejenak. 

Apa pentingnya me time bagi para pekerja? Bagaimana cara meluangkan waktu untuk diri sendiri dengan baik dan tepat?  Mari simak jawabannya di bawah ini!

 

Mengapa Pekerja Kantoran Membutuhkan Me Time?

Sebenarnya, apa itu me time

Me time adalah ketika Anda meluangkan waktu sejenak untuk diri sendiri, dimana Anda bisa melakukan segala sesuatu tanpa adanya distraksi. Setiap orang pasti memiliki kegiatan tertentu yang benar-benar membuat mereka bahagia atau yang menurut mereka menyenangkan.

Me time akan membantu Anda “mengisi ulang tenaga dan pikiran” dengan melakukan hal-hal yang Anda inginkan atau sukai. 

Pentingnya me time dalam kehidupan sehari-hari tak boleh disepelekan. Menurut Almuth McDowall dari University of London melalui penelitiannya, me time dapat mendukung keberhasilan keseimbangan kerja dan kehidupan pribadi serta membuat Anda merasa lebih tenang dan produktif.

Anda tidak harus memiliki waktu yang lama untuk melakukan me time, yang terpenting adalah kualitas dari waktu yang anda luangkan tersebut. 

Sejatinya, pikiran dan tubuh kita saling terhubung. Supaya pikiran dan tubuh kita berfungsi secara optimal, mereka perlu terhubung dengan baik. Kurang meluangkan waktu untuk kehidupan pribadi dapat membuat Anda stress, burnout, sakit punggung dan migrain. 

Maka dari itu meluangkan waktu untuk diri sendiri membantu Anda untuk memahami pesan yang disampaikan oleh badan dan pikiran. Sangat penting bagi Anda untuk menyenangkan diri sendiri terlebih dahulu dengan melakukan me time.

Jika Anda merasa senang, Anda dapat membagikan energi positif ke orang-orang sekitar, sehingga hubungan Anda dengan orang-orang di kantor juga akan semakin berkualitas. 

 

Cara Mudah Melakukan Me Time 

Jika Anda saat ini sudah terpikirkan untuk melakukan me time, Anda bisa mencoba beberapa cara me time di bawah ini. 

 

Meditasi 

Melakukan meditasi adalah salah satu cara yang ampuh untuk membangun kembali koneksi antara pikiran dan tubuh Anda. Me time dengan cara ini tidak membutuhkan banyak waktu, yang perlu Anda lakukan hanyalah mengambil napas dalam-dalam dan mengeluarkannya secara perlahan dengan fokus. Ini hanya memakan waktu 10-15 menit saja. 

Dengan meditasi,  tubuh Anda dapat mengeluarkan stress dan segala energi negatif, sehingga Anda dapat kembali semangat dalam menjalani hari. Melakukan meditasi yang konsisten juga akan menghasilkan hasil jangka panjang yang positif seperti peningkatan memori dan kemampuan untuk fokus.

 

Memanjakan Diri dengan Hobi 

Walaupun setiap orang memiliki hobi yang berbeda, tetapi pada intinya kita semua pasti memiliki hal-hal yang menyenangkan versi diri sendiri. Me time dapat dilakukan dengan melibatkan diri Anda dalam hobi yang membuat Anda senang.

Untuk melakukan hobi, Anda bisa memanfaatkan waktu di akhir pekan tanpa perlu memikirkan urusan pekerjaan di hari kerja.  

 

Baca Juga: 8 Tips Menata Ruangan Kerja agar Nyaman Saat Bekerja

 

Pijat Badan

Pergi ke tempat refleksi untuk mendapatkan pijatan adalah salah satu cara terbaik untuk menghabiskan waktu me time Anda. Pijatan dapat membuat Anda rileks dalam jangka pendek dan dapat meringankan pegal-pegal yang Anda rasakan akibat duduk seharian di kantor.

Orang yang depresi dan cemas mengalami penurunan kadar hormon stressnya setelah dipijat selama 30 menit. Anda bisa menjadwalkan kegiatan ini sebagai salah satu ritual me time bulanan Anda.

 

Pergi ke Alam 

Carilah beberapa tempat alam terbuka untuk lari sejenak dari hiruk pikuk perkotaan. Anda bisa menghirup udara segar yang tidak bisa Anda dapatkan di kota. Sebenarnya, untuk bisa menikmati alam terbuka tidak perlu selalu jauh-jauh pergi ke gunung, pantai, atau tempat dengan alam terbuka lainnya yang ada di bayangan Anda. 

Anda juga bisa merasakan kesejukan tersebut dengan sesederhana berjalan di taman dekat rumah atau kantor. Berada di tengah alam akan memberikan energi positif ke dalam pikiran dan tubuh Anda. 

 

Menulis Jurnal

Journaling atau menulis jurnal adalah bentuk refleksi diri dengan cara menuliskan seluruh kekhawatiran Anda di atas kertas. Me time dengan journaling juga dapat memungkinkan Anda untuk mengembangkan ide-ide kreatif.

Dengan menulis jurnal, Anda bisa mengekspresikan perasaan Anda dengan cara yang sehat. Bahkan berbagai inovasi brilian juga bisa dikembankan melalui hal ini, lho! 

 

Tidur Siang

Tidur siang merupakan salah satu hal yang membuat sebagian besar dari kita bahagia.  Ini juga dapat menjadi salah satu cara me time Anda. Tidur siang dapat menyegarkan suasana pikiran Anda. Nikmatilah me time Anda untuk tidur siang selama 30 menit, setelahnya Anda akan merasakan badan Anda lebih berenergi untuk beraktivitas.

 

Baca Juga: Manfaat Support System di Tempat Kerja

 

Tidak ada satu cara yang benar atau salah, setiap orang mempunyai caranya masing-masing untuk memanjakan diri. Kuncinya adalah lakukan apa saja apa yang dapat membantu Anda rileks dan merasa lebih baik. Selama tidak merugikan orang lain, maka hal tersebut tidak masalah! 

Me time artinya meluangkan waktu untuk diri sendiri dan sangat penting bagi para pekerja seperti And. Beberapa cara me time di atas dapat Anda coba terapkan di kehidupan. Dengan begitu Anda tetap sehat lahir batin di tengah padatnya rutinitas kerja dan work life balance Anda tetap terjaga. Selamat mencoba!