e-recruitment

Rekomendasi E-Recruitment Terbaik untuk Perusahaan 2021

Berbagai aspek kehidupan di sekitar Anda terus berkembang ke arah digital. Salah satu proses digitalisasi terjadi pada cara perusahaan dalam memperoleh calon karyawan baru. Hal ini dinamakan e-recruitment. Apakah Anda sudah mengenal apa itu e-recruitment? Jika belum, mari simak penjelasan di bawah ini!

 

software hris

 

Apa itu e-recruitment?

E-recruitment merupakan suatu proses, tindakan, dan kegiatan yang dilakukan oleh suatu perusahaan dengan tujuan memperoleh calon karyawan memanfaatkan sarana internet. Nantinya, karyawan yang hendak melamar suatu pekerjaan di perusahaan terkait perlu mengikuti seluruh proses yang diperlukan agar dapat diterima kerja.

Perusahaan pun perlu mencari pegawai dengan kemampuan yang baik. Hal ini dilakukan agar calon pegawai mampu bekerja memenuhi berbagai target perusahaan.

Di Indonesia sudah ada beberapa perusahaan yang menggunakan sistem E-Recruitment, berikut di antaranya:

 

  •  PT Pertamina

Perusahaan milik Badan Usaha Milik Negara yang bergerak dalam bidang minyak dan gas ini telah memanfaatkan sistem E-recruitment. Melalui web nya terdapat berbagai informasi, mulai dari info lowongan kerja, profil perusahaan, dan kontak perusahaan.

 

  • PT KAI (Kereta Api Indonesia)

Selain Pertamina, perusahaan BUMN lainnya yang menerapkan sistem E-recruitment adalah PT KAI. Dalam web rekrutmen KAI memuat banyak informasi, seperti panduan penggunaan website, lowongan kerja, profil setiap lowongan kerja, dan lainnya. 

 

Baca Juga: Keuntungan Menggunakan Aplikasi Presensi Online untuk Perusahaan

 

Keuntungan Menggunakan Sistem E-recruitment

Berikut berbagai keuntungan yang diperoleh dari penggunaan e-recruitment.

 

Menghemat waktu

Anda yang berperan sebagai Human Resources lebih dapat menghemat waktu dalam proses perekrutan. Hal tersebut karena segala dokumen dan proses perekrutan dilakukan melalui internet. Anda dapat meninggalkan cara tradisional yang manual dan beralih pada sistem online.

 

Meningkatkan Branding Perusahaan

Perusahaan yang membuka lowongan kerja secara online dapat menyajikan informasi berbagai informasi. Hal ini dapat berupa proses kesuksesan perusahaan, lingkungan kerja yang nyaman, dan lainnya. Dengan begitu, para pelamar akan semakin yakin untuk melamar kerja di perusahaan Anda.

 

Meminimalisir biaya perekrutan

Proses perekrutan karyawan tradisional memerlukan biaya yang tinggi. Biaya tersebut dapat berupa hal periklanan, biaya perjalanan, biaya sewa perekrut pihak ketiga, dan lain-lain.

Namun, apabila perusahaan Anda menggunakan sistem e-recruitment, hal ini dapat diatasi. Mengapa demikian? Hal tersebut karena perusahaan cukup memasang informasi lowongan kerja melalui media perusahaan, seperti website atau social media.

 

Efektif

E-recruitment dapat diakses dengan mudah oleh siapapun dengan hanya bermodalkan ponsel dan jaringan internet. Hal ini menjadi metode yang efektif ketika perusahaan Anda memuat informasi lowongan kerja melalui sosial media.

Hanya dalam hitungan menit, informasi tersebut dapat diketahui dengan cepat, mulai dari puluhan, ratusan, bahkan jutaan orang pengguna internet.

 

Fleksibel dan Mudah Dipelajari

Sistem E-recruitment dapat dengan mudah diterapkan oleh perusahaan manapun. Hal terpenting untuk melaksanakan sistem ini adalah tersedianya Sumber Daya yang mampu mengoperasikannya.

Jika sudah memiliki SDM tersebut, maka perusahaan dapat lebih fleksibel dalam melakukan berbagai perubahan akan ketentuan syarat kemampuan untuk para pelamar kerja.

Jadi, dengan penggunaan sistem e-recruitment, perusahaan Anda dapat melakukan efisiensi dalam proses perekrutan karyawan. Selain itu, divisi Human Resources pun tak akan kesulitan dalam mengelola dokumen-dokumen para pelamar kerja.

Selain itu dengan E-recruitment, Anda dapat lebih mudah memilih calon karyawan dengan kemampuan yang benar-benar dibutuhkan oleh perusahaan. Dengan begitu, perusahaan Anda akan mampu meningkatkan produktivitas kerja dan mencapai target yang telah ditentukan.

 

Menggunakan Software Rekrutmen Karyawan dari LinovHR

Menggunakan Sistem Rekrutmen dari Software HRD LinovHR menjadi solusi untuk perusahaan Anda dalam rekrutmen karyawan. Melalui penggunaan sistem LinovHR perusahaan Anda dapat memperoleh berbagai keuntungan, salah satunya, dokumentasi berkas calon karyawan yang lebih efektif. 

Selain itu, dengan menggunakan software LinovHR, Human Resources perusahaan Anda dapat meninggalkan cara rekrutmen tradisional yang memakan waktu dan beralih pada cara modern yang lebih optimal. Dengan begitu, perusahaan Anda tidak membutuhkan waktu yang lama ketika menyeleksi berkas calon karyawan yang potensial.

 

Baca Juga: Mengenal Human Resource Software untuk Manajemen SDM

 

Keunggulan Software Rekrutmen dari LinovHR

Proses menemukan kandidat unggulan itu tidaklah mudah. LinovHR menyadari hal ini dengan menyediakan software rekrutmen untuk meningkatkan efektivitas rekrutmen perusahaan Anda. Adapun keunggulan dari software rekrutmen LinovHR adalah: 

  1. Keamanan dan kerahasiaan data terjamin
  2. Memiliki tampilan dan fitur yang mudah digunakan
  3. Sistem penyimpanan terpusat
  4. Memiliki layanan konsumen yang andal
  5. Mampu mengorganisir data para kandidat jauh lebih rapi dari cara manual

 

Jadi, tunggu apalagi? Segeralah gunakan software rekrutmen dari LinovHR untuk memperoleh kemudahan dalam mencari calon karyawan terbaik untuk perusahaan Anda. Selamat mencoba!