role model

Role Model Leadership: Menjadi Pimpinan dan Panutan Bagi Karyawan

Menjadi pimpinan dalam suatu organisasi atau perusahaan merupakan tanggung jawab yang besar. Seorang pimpinan sudah seharusnya dapat menjadi leader serta menjadi panutan yang baik untuk karyawannya. 

Jika seorang pimpinan atau leader dalam suatu perusahaan ingin mengubah perusahaannya menjadi ke arah yang lebih baik, perubahan tersebut harus dimulai dari dirinya sendiri. Seorang pemimpin harus berubah terlebih dahulu untuk dapat ‘mengubah’ tim atau perusahaannya ke arah yang lebih baik. 

Bagaimana sih seharusnya Anda sebagai pemimpin menjadi role model leadership yang baik untuk karyawan Anda? Berikut kami merangkum informasi dan tips nya untuk Anda!

 

Apa yang Dimaksud Role Model Leader?

Dalam bahasa Indonesia, role model adalah panutan. Menurut KBBI, panutan berarti teladan. Jika dalam suatu perusahaan role model yang biasanya akan dijadikan panutan oleh karyawan adalah leader-nya atau pemimpinnya. Baik itu pimpinan tim, pimpinan divisi, maupun pimpinan secara keseluruhan. 

Leadership yang merupakan kepemimpinan adalah kemampuan seseorang untuk memimpin. Jadi dapat dikatakan jika role model leader adalah atau panutan dalam leadership adalah pimpinan yang dapat dijadikan panutan oleh karyawannya. 

Seorang panutan akan menjadi panutan bukan hanya dari cara kerja, namun termasuk didalamnya pola pikir yang baik, caranya memimpin, bahkan sampai kesehariannya bisa dijadikan panutan. Seorang pemimpin dan panutan biasanya berpengaruh besar bagi organisasi maupun perusahaan yang ia pimpin. 

 

Baca juga Ternyata Berbeda! Ini Perbedaan Bos dan Leader

 

Mengapa Seorang Leader Butuh Menjadi Seorang Role Model?

Setelah mengetahui apa itu role model, Anda juga perlu tahu bahwa menjadi seorang role model leader bukanlah perkara yang mudah. Anda tidak akan secara langsung atau serta merta menjadi panutan dan baik dalam kepemimpinan. Namun, Anda harus dapat menjadi panutan bagi karyawan Anda. 

Saat ini, dalam dunia kerja yang semuanya serba cepat, kemajuan teknologi yang semakin pesat menuntut kerja yang baik. Jika dalam pekerjaan yang Anda lakukan, Anda tidak memiliki leader yang baik dan dapat dijadikan panutan, tentu tim akan kehilangan arah. Leadership dan role model leader bukan hanya tentang kesuksesan namun bagaimana caranya role model leader dapat empowering the team. 

Perilaku seorang leader mau tidak mau akan dijadikan contoh panutan oleh karyawan dan timnya. Jika Anda memberikan contoh yang tidak baik bagi karyawan, maka bukan tidak mungkin pekerjaan akan terhambat dan terjadi konflik di perusahaan. Oleh karena itu, sebisa mungkin jadilah panutan untuk tim dan karyawan Anda. 

Jika Anda dapat menjadi leader yang juga berperan sebagai role model, kesuksesan tim yang Anda pimpin akan lebih besar. Sebagai pemimpin, menjadi panutan bagi karyawan Anda akan membantu tim juga organisasi atau perusahaan Anda berkembang dengan lebih baik.

 

Cara Menjadi Role Model yang Baik

Bagaimana menjadi role model yang baik? Seperti yang sudah dijelaskan, menjadi role model leader bukan sesuatu yang mudah dilakukan. Banyak proses yang harus dilewati sebelum Anda menjadi panutan yang baik. Berikut beberapa cara yang bisa Anda terapkan:

 

Pahami Kondisi Karyawan

Berpikirlah bahwa tim dan karyawan Anda adalah aset yang berharga. Sebagai pemimpin dan role model yang baik, Anda harus mengenal dan memahami bagaimana kondisi karyawan Anda. Sering ajak ngobrol dan tunjukan respek kepada karyawan Anda. 

 

Tawarkan Dukungan dan Dorongan 

Sebagai pemimpin juga role model yang baik, Anda harus peka terhadap keadaan tim juga karyawan Anda. Berikan dukungan juga dorongan terhadap apa yang mereka lakukan. Hal ini juga membantu menciptakan lingkungan kerja yang sehat. 

 

Ciptakan Waktu untuk Karyawan 

Komunikasi yang efektif antara karyawan dan pimpinan akan membantu Anda menjadi role model yang baik. Bukan rahasia lagi jika komunikasi yang tidak baik antara karyawan dan pimpinan dapat menjadi masalah besar. Sehingga sangat penting untuk membina komunikasi yang baik antara pimpinan dan karyawannya. 

 

Bangun Kepercayaan Karyawan 

Sebagai panutan dan pimpinan Anda harus menunjukkan bahwa Anda dapat dipercaya. Kepercayaan dari karyawan Anda bukan perkara yang mudah dilakukan, sehingga perlu Anda pikirkan dengan baik.

 

Baca juga Seberapa Penting Keterlibatan Karyawan dalam Perusahaan?

 

Bertingkah Laku Positif 

Melakukan tindakan dan berperilaku yang positif bukan berarti Anda tidak boleh memiliki bad day atau harus selalu siap sedia. Namun, sebagai pemimpin Anda harus memiliki perilaku dan sikap yang positif agar dapat dijadikan contoh tim serta karyawan perusahaan Anda.

 

Tunjukan Integritas Sebagai Pemimpin

Leader dan role model yang baik akan membuat keputusan untuk kemajuan perusahaan secara keseluruhan dan bukan hanya untuk dirinya sendiri. Karyawan akan menghormati leader yang benar-benar peduli dengan kemajuan perusahaan dan mereka yang bekerja di dalamnya. 

 

Self Aware 

Untuk menjadi role model dan pimpinan, Anda harus menerima ide-ide baru dari tim dan karyawan Anda serta berpikiran terbuka dan tetap memiliki kemampuan untuk belajar. Jangan sampai karena Anda merupakan pimpinan dan panutan, Anda menjadi fixed mindset dan tidak terbuka menerima hal-hal juga ide baru. 

 

Baca Juga: Cara Menyikapi Toxic Leadership

 

Demikian rangkuman tentang pentingnya role model leader dalam kepemimpinan. Penting bagi Anda untuk menjadi pemimpin yang juga bisa menjadi role model bagi karyawannya. Walaupun tidak mudah, namun apa yang didapat dari pemimpin yang baik tentu akan berdampak baik pula bagi keseluruhan kemajuan organisasi atau perusahaan yang dipimpin. Semoga bermanfaat.