Pentingnya Self Reward Bagi Karyawan dan Contohnya

.

Newslater

Newsletter

Isi Artikel

Bagikan Artikel Ini :

Pentingnya Self Reward Bagi Karyawan dan Contohnya
Isi Artikel

Sebagai karyawan, setiap hari kita dihadapkan pada berbagai tanggung jawab dan tekanan kerja yang tak jarang menyita waktu dan energi. Berbagai target dan deadline kerjaan sering kali membuat kita lupa untuk menghargai diri sendiri. Inilah mengapa self reward menjadi begitu penting.

Self reward bukan hanya tentang memanjakan diri, tetapi juga tentang memberi apresiasi atas usaha dan kerja keras yang telah dilakukan. Dengan ini, kita dapat meningkatkan motivasi dan kesejahteraan mental, yang pada akhirnya membantu kita tetap produktif dan semangat dalam bekerja.

Pada artikel LinovHR kali ini, akan membahas lebih lanjut mengapa self reward penting dan contoh serta cara melakukannya dengan benar.

Apa Arti Self Reward?

Self reward adalah praktik di mana seorang individu memberikan penghargaan kepada dirinya sendiri sebagai bentuk apresiasi atas usaha, kerja keras, atau pencapaian tertentu.

Dari sudut pandang karyawan, self reward merupakan salah satu aspek penting yang dapat meningkatkan kualitas hidup dan produktivitas kerja.

Bila dibedah lebih dalam, ini memiliki arti sebagai bentuk penghargaan diri atas kerja keras atau usaha yang sudah kita lakukan.

Mengapa Harus Melakukan Self Reward?

Mungkin banyak orang bertanya, kenapa kita perlu memberikan hadiah kepada diri kita sendiri atas apa yang sudah kita lakukan?

Self reward merupakan bagian penting dari manajemen diri yang membantu karyawan untuk tetap termotivasi, mengurangi stres, dan menjaga keseimbangan antara kerja dan kehidupan pribadi. Ini adalah investasi kecil pada diri sendiri yang dapat menghasilkan manfaat besar dalam jangka panjang, baik dalam hal kesejahteraan pribadi maupun produktivitas kerja.

Dengan memahami dan menerapkan self reward, karyawan dapat lebih menghargai diri sendiri, yang pada gilirannya membuat mereka lebih bahagia dan produktif di tempat kerja.

Karena sejatinya, menjaga fokus dan konsistensi kerja di tengah rutinitas dalam jangka waktu yang lama bukanlah hal mudah.

Oleh karena itu, memberikan penghargaan bagi diri sendiri bisa menjadi salah satu cara untuk tetap menjaga kedisiplinan dan konsistensi dalam bekerja.

Contoh Self Reward

Ada banyak sekali hal-hal yang bisa Anda jadikan sebagai bentuk penghargaan terhadap diri sendiri. Ini dia beberapa contoh self reward yang bisa Anda lakukan kepada diri sendiri!

  • Me Time: Mengambil waktu sejenak untuk diri sendiri tanpa gangguan, bisa dengan membaca buku favorit, menonton film, atau sekadar menikmati waktu tenang.
  • Istirahat Sejenak: Mengambil waktu untuk istirahat sejenak setelah menyelesaikan tugas berat.
  • Belanja untuk Diri Sendiri: Membeli sesuatu yang diinginkan sebagai penghargaan atas usaha kerja keras.
  • Mengikuti Hobi: Mengalokasikan waktu untuk melakukan hobi yang menyenangkan dan menyegarkan.
  • Makan di Restoran Favorit: Merayakan pencapaian dengan makan di tempat yang disukai.
  • Liburan Singkat: Mengambil cuti dan berlibur untuk rehat sejenak dari rutinitas kerja.
  • Mengikuti Kelas atau Workshop: Menambah keterampilan baru dan memberikan waktu untuk hobi atau minat pribadi juga bisa menjadi alternatif self reward lainnya.

Baca Juga: Penjelasan Mengenai Silo Mentality dan Dampaknya

Cara Melakukan Self Reward

Jika Anda tidak mengetahui bagaimana cara melakukan self reward yang baik dan benar, ada baiknya untuk menyimak beberapa poin berikut ini.

1. Menyiapkan Dana

Menyiapkan dana untuk memberikan penghargaan terhadap diri sendiri merupakan hal yang harus diperhatikan.

Dengan mengatur dana yang akan dikeluarkan untuk diri sendiri, Anda bisa tetap berfokus dengan tujuan hidup dan tetap bisa membahagiakan diri secara bersamaan.

Melakukan pengaturan budget ini juga berfungsi untuk mencegah Anda terlalu boros ketika hendak membahagiakan diri sendiri.

Jangan lupa bahwa menabung itu penting, pastikan Anda tetap memperhatikan hal itu juga sebelum memutuskan untuk membeli sesuatu yang diluar budget.

2. Bahagiakan Diri dengan Pengeluaran Minim

Tidak semua self reward membutuhkan biaya yang besar dan banyak. Ternyata ada banyak sekali cara untuk tetap membuat diri Anda sendiri merasa dihargai tanpa harus mengeluarkan uang dengan banyak atau bahkan gratis.

Salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu dengan mencari sumber kebahagiaan yang lain di lingkungan tempat Anda berada, seperti di rumah sendiri.

Contoh yang bisa Anda lakukan yaitu dengan menonton film, membaca buku di perpustakaan, bermain game bersama teman, ataupun hanya sekadar tidur siang dan menghabiskan waktu bersama keluarga di rumah.

Baca juga: Suka Melakukan Prokrastinasi? Atasi dengan 5 Cara Ini!

3. Berikan Sesuatu yang Memotivasi Untuk Diri Anda

Jangan pernah lupakan esensi dari self reward itu sendiri. Tujuan dari memberikan hadiah pada diri sendiri yaitu untuk meningkatkan semangat diri dan konsistensi dalam bekerja ataupun rutinitas.

Memberikan diri dengan sesuatu yang tidak memotivasi hanya akan membuang uang Anda secara percuma.

Pastikan membeli hadiah yang bisa meningkatkan kinerja, semangat, dan juga performa dalam melakukan pekerjaan ataupun rutinitas setiap hari.

Kesimpulan

Memberikan penghargaan terhadap diri sendiri merupakan hal yang penting dilakukan. Ketika Anda merasa bahagia, Anda akan merasa lebih fresh saat kembali bekerja sehingga produktivitas pun meningkat.

Dengan begitu, performa kerja akan menjadi lebih maksimal dan dapat meraih kesuksesan karier di masa mendatang.

Maka dari itu, jangan lupa untuk memberikan self reward pada diri sendiri, ya! Semoga artikel LinovHR ini memberikan wawasan berharga bagi Anda.

Tentang Penulis

Picture of Meirza Anggakara
Meirza Anggakara

Memiliki minat dalam pemasaran digital serta senang memberikan pengetahuan terkait dunia kerja di LinovHR dengan penerapan SEO yang baik dan sesuai kaidah mesin pencari
Follow them on Linkedin

Bagikan Artikel Ini :

Related Articles

Newslater

Newsletter

Tentang Penulis

Picture of Meirza Anggakara
Meirza Anggakara

Memiliki minat dalam pemasaran digital serta senang memberikan pengetahuan terkait dunia kerja di LinovHR dengan penerapan SEO yang baik dan sesuai kaidah mesin pencari
Follow them on Linkedin

Artikel Terbaru

Telusuri informasi dan solusi HR di sini!

Subscribe newsletter LinovHR sekarang, ikuti perkembangan tren HR dan dunia kerja terkini agar jadi yang terdepan di industri

Newsletter